Tidak Ada Alasan Untuk Menolak Berhenti Merokok, 8 Makanan ini Bisa Membantumu!

28 December 2018, at 00:00
1
0
Tidak Ada Alasan Untuk Menolak Berhenti Merokok, 8 Makanan ini Bisa Membantumu!

Merokok merupakan salah satu kebiasaan tidak sehat yang masih banyak digemari oleh banyak orang. Kebanyakan perokok mengaku bahwa berhenti melakukan kegiatan ini adalah hal yang sangat sulit untuk dilkakukan.

Padahal ada beberapa makanan yang bisa mengurangi efek kecanduan rokok sehingga bisa membantu mengurangi kebiasaan buruk tersebut sedikit demi sedikit.

Lalu apa saja jenis makanan-makanan tersebut? Yuk simak penjelasan Qupas di bawah ini!

1. Susu

susu
pexels.com

Menurut pengakuan perokok, setelah minum susu mereka tidak dapat mendapatkan sensasi menyenangkan saat merokok. Minuman menyehatkan ini membuat seseorang tidak dapat menikmati rokok dengan baik.

Kebanyakan perokok mengatakan bahwa susu membuat rokok menjadi terasa pahit dan hal tersebut dapat membuat perokok menjadi malas merokok untuk sementara.

2. Popcorn

popcorn
pexels.com

Popcorn tidak hanya bisa dinikmati untuk menonton film. Akan tetapi bisa juga sebagai makanan pembantu untuk mengurangi rokok. Dengan makan popcorn, tangan akan dibuat sibuk dan perut akan dibuat kenyang.

Popcorn tidak mengandung banyak kalori sehingga kamu tidak perlu takut akan menjadi gemuk, asalkan kamu tidak menambahkan gula, mentega atau garam pada popcorn.

3. Oat

oat
pexels.com

Oat merupakan makanan yang ampuh membantu para perokok untuk berhenti. Sebuah study di Jepang menyebutkan bahwa perokok yang mengonsumsi oat dapat menurunkan konsumsi rokoknya hingga 50%.

Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakan ground oat yang dicampur dengan dua mangkuk air rebus.

4. Wortel

wortel
pexels.com

Wortel tidak hanya baik untuk kesehatan mata. Mengonsumsi makanan ini dalam bentuk jus dapat membantu para perokok untuk berhenti merokok. Efek yang ditimbulkan hampir sama dengan susu. Jadi rokok tidak akan terasa nikmat lagi.

Selain itu, mengonsumsi jus wortel secara rutin akan menyehatkan jantung.

Baca Juga: 4 hal yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Menikahi Pria Perokok

5. Seledri

seledri
pexels.com

Seledri, seperti mentimun, kacang-kacangan, wortel, dan susu juga bisa mempengaruhi rasa rokok. Penelitian menyatakan bahwa rajin mengonsumsi seledri dan yang lainnya bisa menghilangkan kecanduan nikotin asalkan tidak mengonsumsi alkohol.

Hal ini juga menjawab pertanyaan mengapa mengudap batang seledri bisa menurunkan hasrat untuk ngemil.

6. Jeruk

jeruk
pexels.com

Sama dengan oat, kamu harus mengonsumsi jeruk secara rutin agar hasil yang didapatkan maksimal. Penelitian di Inggris menyebutkan bahwa hal ini tergolong efektif.

Pada kenyataannya, setelah 21 hari sekitar 79% perokok sukses mengurangi konsumsi rokok dan sebagian bahkan sudah berhenti total.

7. Makanan yang Mengandung Alkali

brokoli
pexels.com

Contoh makanan dengan kandungan alkali yaitu brokoli, bayam, alpukat, mentimun dan paprika.

Menurut para ahli, makanan tersebut dapat membantu menahan nikotin agar tetap berskiluasi dalam darah. Sehingga kamu bisa mengurangi konsumsi rokok dan tidak menjadi perokok aktif lagi.

8. Air Mineral

air
pexels.com

Air mineral merupakan kebutuhan sehari-hari yang ajaib. Kamu bisa mengurangi efek kecanduan rokok dengan meminum banyak air mineral.

Hal ini karena air mineral dapat menenangkan, menyegarkan, menyembuhkan, dan mendetoksifikasi tubuh. Kamu pun bisa membawa minuman ini, khususnya di tempat-tempat atau area merokok.

Nah, itu dia 8 makanan yang bisa membantumu berhenti merokok. Jangan banyak alasan ya, sudah dibuktikan secara ilmiah dalam penelitian, kok. Cukup konsumsi makanan yang enak dan sehat di atas untuk mengubah pola hidupmu menjadi lebih baik.

0 Comment