Tidak Hanya Nikmat, Tidur Siang Juga Punya Banyak Manfaat

01 January 2019, at 07:00
1
0
Tidak Hanya Nikmat, Tidur Siang Juga Punya Banyak Manfaat

Banyak orang yang merasa bahwa tidur siang merupakan hal yang sangat penting. Akan tetapi banyak juga yang menganggap bahwa mereka tidak membutuhkannya dan baik-baik saja terhadap hal tersebut.

Kamu pasti sering melihat anak-anak kecil yang berlarian dan menangis saat disuruh oleh ibunya untuk tidur siang. Kebanyakan orang dewasa, terutama pekerja, iri dengan hal tersebut karena mereka sudah tidak memiliki waktu luang untuk melakukannya.

Padahal tidur siang baik lho untuk para pekerja kantor. Selain nikmat karena bisa beristirahat, tidak banyak yang tahu bahwa kegiatan ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Apa saja?

1. Meningkatkan Kesabaran

meningkatkan kesabaran
pexels.com

Sebuah studi oleh peneliti dari Universitas Michigan, Amerika Serikat, yang dilakukan pada beberapa orang, tidur siang secara mengejutkan dapat meningkatkan kesabaran.

Penelitian tersebut dilakukan dengan beberapa orang yang sebagian sudah tidur siang, sisanya lagi tidak. Orang-orang tersebut diminta untuk mengerjakan tugas yang rumit dan menyebalkan, yaitu menggambar desain geometris pada komputer.

Hasilnya, orang-orang yang sudah tidur siang bisa bertahan lebih lama dengan waktu 90 detik. Sedangkan orang-orang yang tidak melakukannya hanya mampu bertahan selama 45 detik.

2. Meningkatkan Kewaspadaan

meningkatkan kewaspadaan
pexels.com

NASA melakukan penelitian yang menyatakan bahwa tidur siang selama 40 menit mampu meningkatkan kewaspadaan sampai 100%. Selain itu, istirahat di siang hari selama 20 menit lebih efektif daripada 200 mg kafein atau olahraga.

Orang yang melakukan tidur siang bisa lebih waspada atau teliti sehingga minim kesalahan. Wah, luar biasa, ya!

3. Meningkatkan Daya Ingat

meningkatkan daya ingat
pexels.com

Manfaat lainnya dari tidur siang adalah meningkatkan daya ingat. Makanya tidur siang sangat disarankan bagi anak-anak kecil karena diusia tersebut mereka sedang ada di masa perkembangan dan pembelajaran awal.

Bukan hanya anak kecil, tidur siang juga baik untuk meningkatkan daya ingat orang dewasa supaya pekerjaannya lebih tertata. Juga untuk lansia yang terkadang sudah agak sulit mengingat.

4. Berpikir Tentang Tidur Siang Dapat Menurunkan Tekanan Darah

menurunkan tekanan darah
pexels.com

Hanya berpikir untuk tidur siang saja sudah memberi manfaat bagi kesehatan, lho. Hal ini bukan sekedar mitos belaka tetapi sudah dibuktikan dengan penelitian kok.

Sebuah studi di Inggris menyatakan bahwa peserta yang akan tidur siang mengalami penurunan pada tekanan darahnya.

Baca Juga: 6 Bahaya yang Disebabkan Oleh Kurang Tidur, Awas Mati Muda

5. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

mencegah penyakit
pexels.com

Kamu pernah merasa sangat mengantuk akan tetapi tidak bisa atau tidak mau mengistirahatkan tubuhmu dengan tidur? Jika iya pasti kamu merasakan jantungmu berdetak lebih kencang dan cepat daripada biasanya.

Jika kamu memaksakan dengan mengonsumsi kopi atau minuman berenergi, itu tidak akan baik bagi tubuhmu. Lakukan tidur siang singkat selama 20-40 menit untuk mengistirahatkan tubuhmu dan mencegah penyakit jantung serta stroke.

6. Meningkatkan Kreativitas

meningkatkan kreativitas
pexels.com

Menurut Sara Mednick, ahli psikologi dari Universitas California, tidur siang juga bisa meningkatkan kreativitas seseorang. Tidur siang dapat meningkatkan persepsi sensorik sama efektifnya dengan tidur malam.

Orang yang tidur siang dengan gerakan mata yang cepat atau tidur nyenyak hingga bermimpi memiliki daya kreativitas yang lebih tinggi daripada yang lain.

7. Mengurangi Stres dan Meningkatkan Kesehatan Tubuh

mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan tubuh
pexels.com

Kurang tidur dapat meningkatkan hormon kortisol pada tubuh yang merupakan hormon stres. Hormon ini membantu dalam respon anggota tubuh.

Akan tetapi jika kelebihan dapat meningkatkan intoleransi glukosa dan lemak perut serta melemahkan sistem otot dan kekebalan tubuh.

Tidur siang dapat mengurangi hormon kortisol sehingga dapat mengurangi stres dan mencegah penyakit-penyakit yang tidak diinginkan yang muncul karena kelebihan hormon tersebut.

8. Memperbaiki Suasana Hati

Kurang tidur akan membuat kamu menjadi stres dan meningkatkan penggunaan serotonin sementara produksinya berhenti. Hal ini tidak akan baik karena serotonin merupakan hormon yang mengatur suasana hati, tidur, dan lain sebagainya termasuk perasaan bahagia.

Tidur siang dapat meningkatkan produksi serotonin sehingga dapat memperbaiki mood atau suasana hati.

Nah, itu dia 8 manfaat tidur siang yang harus kamu tahu. Jadi bagaimana, sudah tidak ragu lagi kan untuk melakukannya?

Luangkan waktumu sekitar 20-40 menit saja, tidak perlu terlalu lama. Selamat mencoba!

0 Comment