Tidak Terduga, Ukuran Bagian Tubuh Ini Bisa Menunjukkan Kondisi Kesehatan

19 January 2019, at 09:00
0
0
Tidak Terduga, Ukuran Bagian Tubuh Ini Bisa Menunjukkan Kondisi Kesehatan

Berbicara tentang ukuran tubuh pasti selalu mengarah pada berat badan. Sebagian besar orang memang hanya fokus pada seberapa kurus atau gendut tubuh mereka. Selanjutnya, akan ada usaha untuk menormalkan kembali ukuran badan tersebut.

Lepas dari perhatian, ternyata ada beberapa bagian tubuh yang dapat menunjukkan kondisi kesehatan melalui ukrannya. Berbeda dengan berat badan, bagian-bagian tubuh ini tidak dapat diubah menjadi lebih ideal secara alami.

Ini dia 5 ukuran bagian tubuh yang bisa menunjukkan kondisi kesehatan seseorang.

1. Telinga Kecil

telinga kecil
pexels.com/@pixabay

Telinga kecil ternyata merupakan tanda yang kurang baik bagi kesehatan. Hal tersebut diungkapkan oleh George Murty, seorang konsultasn THT di University Hospitals Leicester di Inggris.

Menurutnya, telinga yang berukuran kecil memiliki liang telinga yang kecil pula. Kondisi tersebut memungkinkan peningkatan risiko eksim telinga.

Liang telinga yang kecil akan membuat kulit dalam yang terkelupas sulit terbuang. Hasilnya, kulit tersebut akan tertimbun dan menghasilkan rasa gatal yang parah yang disebut dengan otitis eksterna.

telinga kecil berpengaruh pada kondisi kesehatan
qunki.com

Selain masalah dengan kulit dalam telinga yang terkelupas, telinga kecil juga berhubungan dengan ginjal.

Jika daun telinga kecil dan posisinya terlalu rendah, maka kemungkinan besar orang tersebut memiliki gangguan pada ginjal. Apabila tidak, risiko masalah kesehatan tersebut terbilang cukup tinggi.

2. Pinggul Besar

pinggul besar
gettyimages.com

Pinggul yang besar dapat mempengaruhi konsentrasi dan menjadikan seorang wanita menopouse mudah terdistraksi. Hal tersebut dibuktikan dalam sebuah penelitian di University Northwestern di Amerika Serikat.

Penelitain tersebut melibatkan lebih dari 8 ribu perempuan yang sudah menopouse. Hasilnya, mereka yang memiliki pinggul besar memiliki skor lebih rendah pada tes konsentrasi.

pinggul besar tunjukkan kondisi kesehatan
dindun45.blogspot.com

Hal ini disebabkan oleh lemak yang dapat berkonstribusi pada masalah kognitif. Lemak dapat membatasi aliran darah ke otak dan membuat seseorang sulit berkonsentrasi.

Meskipun demikian, perlu ada penelitian lebih mendalam terkait hal ini. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa perempuan dengan pinggul besar memiliki risiko diabetes dan penyakit jantung lebih tinggi dari pada yang berpinggul kecil.

3. Paha Kecil

paha kecil
shopback.co.id

Paha kecil merupakan idaman banyak wanita. Namun sebuah penelitian di Denmark menemukan baha orang dengan paha yang kecil memiliki risiko lebih besar terserang penyakit jantung dan kematian dini.

Masa otot yang rendah di paha berpengaruh pada sensitivitas insulin.

paha kecil pada kesehatan
healthylivingmadesimple.com

Sedangkan penelitian lain di Oxford University menemukan bahwa lemak pada paha, pinggul, dan bokong dapat membuat asam lemak dari makanan terperangkap. Lama-lama hal ini bisa menjadi berbahaya karena asam lemak menumpuk di organ.

Baca Juga: 5 Cara Mengecilkan Paha dengan Gerakan Sederhana Ini, Bisa Dicoba di Rumah

4. Lidah Besar

lidah besar
howbigbws.com

Lidah besar berarti orang tersebut rentan terhadap gangguan pernapasan saat tidur. Masalah kesehatan tersebut disebut dengan sleep apnea obstruktif.

Pada sebuah penelitian di Inggris, sekitar 4 persen pria paruh baya dan 2 persen wanita paruh baya dipengaruhi oleh hal tersebut.

lidah besar menyebabkan mendengkur dan susah bernapas saat tidur
pikhospital.co.id

Kondisi ini terjadi karena lidah yang besar dapat menghalangi saluran pernapasan ketika tidur. Dalam tahap ringan, orang yang mengalami masalah ini biasanya akan mendengkur. Sedangkan jika parah akan terjadi perhentian napas sampai 30 detik.

Bukan hanya lidah besar, rahang yang terlalu kecil atau posisinya yang terlalu kebawah juga bisa mempengaruhi pernapasan. Masalah kesehatan ini juga sekaligus dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah.

5. Mata Besar

mata besar
shutterstock.com

Mata besar biasanya merupakan tanda bahwa orang tersebut harus menggunakan kacamata atau lensa kontak. Apabila ukuran mata lebih besar daripada ukuran pada umumnya, bisa jadi orang tersebut mengalami rabun jauh.

mata besat menunjukkan kondisi kesehatan
erabaru.net

Ukuran rata-rata mata adalah 24 mm. Bertambah 1 mm saja akan menambah risiko gangguan mata. Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter apabila merasakan hal yang aneh pada mata. Meminta saran untuk penggunaan alat bantu fokus penglihatan juga akan lebih baik.

Meskipun belum ada penelitian lebih lanjut terhadap masalah kesehatan di atas, tidak ada salahnya jika berhati-hati dan waspada. Peka terhadap tanda yang diberikan oleh tubuh merupakan hal yang baik.

Segera periksakan diri ke dokter apabila ada keluhan yang tidak biasa. Ingin mendapatkan artikel kesehatan lainnya? Unduh aplikasi Qupas di Google Play Store atau Apple App Store sekarang. Gratis, lho!

0 Comment