Tidur Sambil Nyalakan Kipas Angin Semalaman Bisa Sebabkan Kematian? Begini Faktanya

03 June 2019, at 07:00
1
0
Tidur Sambil Nyalakan Kipas Angin Semalaman Bisa Sebabkan Kematian? Begini Faktanya

Banyak orang yang percaya bahwa menggunakan kipas angin saat tidur di malam hari dapat menyebabkan kematian. Bahkan, dunia mencatat bahwa 2 tahun terakhir sudah ditemukan 20 kasus kematian karena benda tersebut.

Namun, apakah benar bahwa kipas angin berbahaya bagi semua orang? Berikut ini fakta-fakta dan penjelasan terhadap hal tersebut.

Beberapa orang mengatakan bahwa penggunaan kipas angin pada malam hari dapat menyebabkan hipotermia yang mana merupakan kondisi suhu tubuh di bawah 35 derajat celsius.

Baca Juga: Efek Mengerikan Kipas Angin, Masalah Kesehatan Ini Bisa Menyerangmu

Hal tersebut bisa saja terjadi di daerah dengan suhu yang rendah, akan tetapi iklim Indonesia yang hangat membuat risiko terjadinya hipotermia sangat kecil.

kipas angin
pesanlab.com

Selain itu, penggunaan kipas angin juga dikaitkan dengan masalah kesehatan hipertermia. Kebalikan dari hipotermia, masalah kesehatan tersebut merupakan kondisi suhu tubuh di atas 40 derajat celsius.

Faktanya, menyalakan kipas angin saat cuaca panas justru akan mempermudah tubuh agar nggak menjadi terlalu panas.

Nggak hanya itu, asma dan alergi juga menjadi salah satu masalah kesehatan yang dikaitkan dengan kipas angin. Kedua gangguan tersebut memang bisa kambuh apabila kamu nggak membersihkannya dari debu.

tidur
persiincorea.com

Melihat penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kipas angin cukup aman untuk digunakan. Untuk menghindari hal-hal yang nggak diinginkan, sebaiknya gunakan tips ini untuk memakai kipas angin dengan aman.

Baca Juga: 6 Bahaya yang Disebabkan Kurang Tidur, Awas Mati Muda!

  • Jangan menggunakan kipas angin di tempat tertutup yang nggak memiliki sirkulasi udara sama sekali
  • Jangan pernah mengarahkan kipas angin ke wajah karena hal tersebut bisa memengaruhi jumlah oksigen dan karbondioksida dan menyebabkan kelumpuhan
  • Usahakan untuk nggak mengarahkan angin langsung ke badan, lebih baik arahkan ke dinding agar angin memantul ke seluruh ruangan

Demikian Sobat Qupas tips menggunakan kipas angin yang perlu kamu ketahui. Sebaiknya pastikan kipas angin dalam keadaan bersih agar nggak mengganggu kesehatan.

0 Comment