Tingkatkan Jiwa Nasionalisme dengan Berkunjung ke Museum Gajah yang Penuh Sejarah

17 August 2019, at 00:00
0
0
Tingkatkan Jiwa Nasionalisme dengan Berkunjung ke Museum Gajah yang Penuh Sejarah

Momen Kemerdekaan biasanya dijadikan momen liburan bagi sebagian orang. Berhubung hanya libur satu hari, nggak perlu liburan jauh-jauh.

Kamu bisa coba sesekali wisata dalam kota. Setiap kota sudah pasti punya destinasi yang menarik. Misalnya seperti di Jakarta. Jangan salah, Ibukota juga punya berbagai destinasi menarik.

Salah satunya adalah Museum Gajah atau Museum Nasional Republik Indonesia. Mungkin bagi sebagian besar masyarakat Indonesia masih asing. Lalu, apa sih yang ada di dalam Museum Gajah?

Berikut ini beberapa hal menarik yang perlu kamu ketahui tentang objek wisata bersejarah tersebut sebelum mengunjunginya.

1. Bukan Museum Tentang Gajah

museum gajah
instagram.com/mafifzfjr

Meskipun sering disebut Museum Gajah, akan tetapi bangunan yang pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 1868 ini nggak berisi tentang binatang besar tersebut lho.

Memiliki nama resmi Museum Nasional Republik Indonesia, bangunan tua ini lebih sering disebut demikian karena terdapat tugu dengan patung gajah kecil pemberian Raja Chulalongkorn dari Thailand pada tahun 1871 yang terlihat sangat mencolok dari jalan raya.

2. Museum Terbesar dan Tertua di Asia Tenggara

museum terbesar dan tertua di asia tenggara
instagram.com/padusi34

Cikal bakal objek wisata sejarah ini sendiri terjadi saat pembentukan Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen yang merupakan lembaga kebudayaan Batavia.

Ketua perkumpulan yang bernama J. C. M. Radermacher menyumbangkan sebuah gedung yang berada di Jalan Kalibesar beserta koleksi buku dan benda-benda budaya yang akhirnya menjadi dasar untuk pendirian Museum Gajah.

Didirikan pertama kali pada tanggal 24 April 1778, Museum Gajah menjadi yang tertua dan terbesar di Asia Tenggara lho.

3. Nggak Hanya Belajar Sejarah

nggak hanya belajar sejarah
instagram.com/shellaala

Saat mengunjungi bangunan bersejarah ini, kamu nggak hanya akan disuguhi dengan pengetahuan dan benda-benda yang berkaitan dengan masa lalu Indonesia.

Pasalnya, Museum Gajah memiliki 141.899 benda peninggalan yang terdiri dari 7 jenis koleksi yaitu prasejarah, arkeologi, keramik, sejarah, numismtik-heraldik, etnografi, bahkan geografi.

Jadi, wisatawan nggak sekadar mempelajari tentang perjuangan pahlawan dalam merebut kemerdekaan Indonesia saja.

Baca Juga: 5 Museum di Jakarta Barat untuk Para Pecinta Sejarah

4. Arsitektur Yunani yang Instagenik

museum instagenik
instagram.com/bitjnocontenthere

Selain isinya yang memberikan banyak ilmu bermanfaat, arsitektur instagenik ala Yunani yang kental pada Museum Gajah juga menjadi daya tarik tersendiri.

Pasalnya, kebanyakan orang menganggap bahwa jalan-jalan ke museum akan sangat membosankan dan nggak menyenangkan. Akan tetapi, objek wisata bersejarah yang satu ini memberikan banyak spot cantik yang membuat feed instagrammu lebih menarik.

5. Cara ke Museum Gajah

cara ke museum gajah
instagram.com/firdiano

Lokasi Museum Gajah terletak di Jalan Medan Merdeka Barat No.12, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

Dikelilingi oleh Monumen Nasional, Bank Indonesia, Perpusatakaan Nasional, dan beberapa kantor kemeterian, yang terletak di tengah kota membuatmu nggak akan kesulitan untuk mengunjunginya.

Meskipun demikian, belum banyak orang yang tertarik untuk mengunjungi objek wisata bersejarah ini. Yuk Sobat Qupas manfaatkan momen kemerdekaan pergi ke sana!

0 Comment