Qupas Family

Tips Agar Anak Tetap Semangat Belajar Meski Sedang Puasa dan Harus di Rumah Aja

29 April 2020, at 05:00
Tips Agar Anak Tetap Semangat Belajar Meski Sedang Puasa dan Harus di Rumah Aja

Nggak dapat dipungkiri, “terpenjara” di rumah selama beberapa minggu karena virus corona membuat banyak orang bosan dan stres. Nggak cuma orang dewasa, anak-anak pun demikian.

Meskipun sekolah diliburkan, tetapi anak-anak tetap harus belajar di rumah. Hal ini awalnya mungkin membuat si kecil senang, namun nggak bertemu dengan teman-teman dalam waktu yang lama bisa jadi membuatnya jadi malas belajar.

Belum lagi, bulan Ramadhan sudah tiba dan umat muslim harus menjalankan ibadah puasa. Buah hati pasti semakin malas untuk belajar di rumah nih. Hmm, untuk mengatasi hal tersebut, orang tua bisa melakukan beberapa hal di bawah ini.

1. Buat Jadwal Teratur

Mendampingi Anak Belajar (Foto: 123rf.com)
123rf.com

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk membuat anak tetap semangat belajar meskipun puasa dan harus di rumah aja karena virus corona adalah dengan membuat jadwal rutin.

Jelaskan pada anak bahwa meskipun sekolah diliburkan, kegiatan belajar tetap harus dilakukan. Orang tua bisa mengikuti jadwal anak di sekolah atau membuat jadwal baru yang lebih fleksibel.

2. Menjadi Guru di Rumah

Menumbuhkan Semangat Belajar Anak (Foto: 123rf.com)
123rf.com

Walaupun mungkin anak-anak masih tetap mengikuti pembelajaran sekolah secara online, namun bukan berarti orang tua bisa lepas tangan begitu saja.

Pembelajaran melalui virtual pasti memiliki banyak kekurangan dan nggak maksimal, sehingga ibu atau ayah sebaiknya berperan sebagai guru di rumah. Bantu anak memahami materi yang diberikan oleh gurunya secara online agar buah hati tetap semangat untuk mengikuti pelajaran selanjutnya.

3. Hindari Memarahi Anak

Tips Anak Belajar di Rumah (Foto: shutterstock.com)
shutterstock.com

Ayah dan Bunda, mendapingin anak belajar memang butuh kesabaran dan ketelatenan yang cukup besar. Sehingga, usahakan untuk nggak marah kepada buah hati apabila ia sulit memahami materi yang diberikan ya!

Hal tersebut justru akan membuat si kecil tertekan dan menjadi malas untuk belajar. Bukannya jadi bisa, anak mungkin malah akan membenci pelajaran tersebut lho!

Baca juga: Kenali Macam-macam Gaya Belajar Anak Agar Bisa Diarahkan dengan Tepat

4. Manfaatkan Media Belajar Online

Belajar di Rumah (Foto: ulearning.com)
ulearning.com

Selain mengikuti kelas online dari sekolah buah hati, nggak ada salahnya apabila orang tua ingin memperdalam pengetahuan anak dengan mamanfaatkan media belajar online lainnya.

Walau begitu, jangan lupa untuk mempertimbangkan waktu bermain dan istirahat buah hati ya! Jika durasi belajar online dari sekolah sudah terlampau lama, sebaiknya nggak perlu ditambah yang lainnya.

5. Makan Sehat dan Istirahat yang Cukup

Membuat Anak Semangat Belajar (Foto: istockphoto.com)
istockphoto.com

Memberikan makanan yang sehat serta memberikan waktu istirahat yang cukup untuk buah hati juga merupakan salah satu cara untuk membuatnya tetap semangat belajar meskipun sedang puasa dan karantina.

Kedua hal tersebut akan menyehatkan si kecil sehingga tingkat konsentrasi, daya ingat, dan lain sebagainya yang mendukung kegiatan belajar jadi meningkat.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa tips agar anak tetap semangat belajar meskipun sedang puasa dan karantina.