Tips Begadang Sehat Buat Kamu yang Terpaksa Melek Semalaman, Nggak Boleh Sembarangan!

27 November 2019, at 15:00
0
0
Tips Begadang Sehat Buat Kamu yang Terpaksa Melek Semalaman, Nggak Boleh Sembarangan!

Mengerjakan skripsi, tugas sekolah, atau pekerjaan yang menumpuk seringkali memaksa seseorang untuk memangkas waktu tidur alias begadang.

Tetap terjaga semalaman sebenarnya merupakan hal yang nggak baik untuk dilakukan karena dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan lho. Mulai dari suasana hati yang buruk, fungsi kognitif yang melemah, hingga obesitas sampai diabetes.

Lantas apa solusinya? Jangan begadang! Namun apabila kamu terpaksa harus melek semalaman, beberapa tips begadang sehat yang dilansir dari laman everydayhealth.com ini bisa kamu lakukan.

1. Menabung Tidur Sebelum Begadang

begadang
healthline.com

Menurut Drake yang merupakan profesor Psychiatry & Behavioral Neurosciences di Sekolah Kedokteran, Universitas Wayne State, seseorang sebaiknya tidur sedikit lebih lama di hari-hari sebelum begadang.

Meskipun begadang terkadang nggak bisa diprediksi, namun jika sudah tahu akan melakukannya kamu sebaiknya mempersiapkan diri. Tidur 9 jam setiap malam selama satu minggu sebelumnya atau mencuri waktu 15 sampai 20 menit saat istirahat siang sangat dianjurkan.

2. Nyalakan Lampu

tips begadang
theolivepress.es

Selain “menabung waktu tidur”, kamu juga perlu menyalakan lampu saat begadang. Pasalnya, suasana yang gelap akan membuat tubuh memproduksi hormon melatonin yang membuatmu mengantuk.

Maka dari itu, lingkungan yang terang memiliki dampak yang besar pada jam internal tubuh. Sinar tersebut dapat memanipulasi sistem tubuh sehingga membuatmu nggak mengantuk.

3. Takaran Kafein Secukupnya

begadang sehat
thelocal.de

Banyak orang yang mengonsumsi kopi atau minuman berkafein saat harus begadang. Memang benar sih, tapi kamu harus tahu takaran yang tepat lho.

Mengonsumsi lebih dari dua gelas kopi saat begadang justru akan membuatmu kehilangan fokus dan gelisah. Maka dari itu, cukup minum dengan dosis yang sedikit dan waktu yang berselang agar lebih efektif.

Baca Juga: Meskipun Waktu Tidur Kurang, Lakukan Ini Agar Tetap Bangun dalam Keadaan Segar

4. Mengonsumsi Camilan Tinggi Protein

cara begadang sehat
platingsandpairings.com

Saat begadang, tubuh membutuhkan asupan untuk dibakar sepanjang malam. Mak dari itu, ngemil merupakan ide yang baik dan tepat.

Meskipun demikian, kamu nggak boleh asal ngemil lho. Saat terpaksa begadang, usahakan untuk mengonsumsi camilan yang tinggi protein seperti greek yogurt dengan buah-buahan, protein shake, dan lain sebagainya.

Cobalah untuk menghindari makanan tinggi karbohidrat karena membuatmu lebih cepat mengantuk dan cepat lelah.

5. Aktif Bergerak

cara begadang yang sehat
bcheadpaininstitute.com

Tips begadang sehat lainnya adalah aktif bergerak. Meskipun kamu harus mengerjakan sesuatu di meja, sebaiknya jangan duduk terus ya! Kamu bisa melakukan peregangan atau berjalan-jalan sejenak setiap dua jam sekali.

Dilansir dari WebMD, jalan-jalan selama 10 menit dapat meningkatkan energi yang dibutuhkan untuk dua jam selanjutnya lho.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa tips yang bisa kamu terapkan apabila terpaksa harus begadang atau melek semalaman. Jangan sering-sering ya!

0 Comment