Qupas Family

Tips Lebaran Tetap Asyik Meski Harus #dirumahaja dan Nggak Bisa Mudik

19 May 2020, at 05:58
Tips Lebaran Tetap Asyik Meski Harus #dirumahaja dan Nggak Bisa Mudik

Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri merupakan salah satu waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Pasalnya, perayaan tersebut biasanya menjadi momen untuk berkumpul bersama keluarga besar.

Akan tetapi, tahun ini tradisi tersebut harus ditunda terlebih dahulu untuk menghindari penyebaran pandemi corona. Nggak bisa mudik atau pulang ke kampung halaman tentu saja membuat sebagian besar orang merasa sedih dan kecewa.

Meskipun demikian, Qupas punya beberapa tips agar lebaran tetap asyik meski #dirumahaja dan nggak bisa mudik. Penasaran kan, yuk langsung simak ulasan berikut ini!

1. Membuat Makanan Khas Lebaran di Rumah

Lebaran di Rumah (Foto: pinterest.com)
pinterest.com

Tanpa ketupat, perayaan Hari Raya Idul Fitri menjadi kurang lengkap. Bagaimana nggak, makanan tersebut memang sudah identik dengan perayaan yang satu ini.

Biasanya, keluarga besar akan berkumpul di rumah saudara yang dituakan kemudian saling bermaaf-maafan dan setelah itu makan bersama.

Hmm, walau kamu nggak bisa mudik tahun ini, nggak ada salahnya untuk menghadirkan suasana kampung halaman dengan membuat makanan khas lebaran tersebut lho!

2. Bangun Pagi

Lebaran 2020 (Foto: marilyn.ca)
marilyn.ca

Pemerintah telah mengumumkan bahwa sholat Ied tahun ini akan ditiadakan. Meskipun demikian, bukan berarti kamu dan keluarga boleh bermalas-malasan dan bangun siang.

Agar tetap semangat, kamu dan keluarga harus tetap bangun pagi dan melakukan aktivitas seperti lebaran di tahun-tahun sebelumnya. Mandilah yang bersih, kenakan baju yang pantas dan berdandanlah yang rapi untuk menyambut hari kemenangan.

3. Silaturahmi Lewat Video Call Bersama Keluarga Besar

Larangan Mudik 2020 (Foto: popsugar.com)
popsugar.com

Nggak bisa mudik bukan berarti silaturahmi dengan keluarga besar harus terputus. Teknologi yang sudah sangat maju dan berkembang memungkinkan siapa saja untuk berkomunikasi jarak jauh kok.

Maka dari itu, kamu bisa menyambung silaturahmi dan maaf-maafan dengan keluarga besar melalui video call. Cukup seru kan?

Baca juga: 4 Makna Idul Fitri yang Perlu Diajarkan Pada Buah Hati, Apa Saja Ya?

4. Kirim Hadiah Lebaran ke Kampung Halaman

Lebaran Bersama Keluarga (Foto: theknot.com)
theknot.com

Siapapun pasti sedih karena nggak bisa mudik dan berkumpul bersama keluarga besar di momen lebaran.

Untuk mengurangi perasaan tersebut, kamu bisa mengirimkan hadiah ke orang tua atau saudara di kampung halaman. Paling nggak, mereka bisa merasakan kehadiranmu di sana.

5. Rencanakan Berbagai Kegiatan Seru di Rumah

Tips Lebaran di Rumah Aja (Foto: todaysparent.com)
todaysparent.com

Selain itu, kamu juga bisa merencanakan beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama-sama saat lebaran #dirumahaja.

Misalnya, bermain board game, nonton film kesukaan keluarga, maraton serial, dan lain sebagainya.

Nggak bisa mudik dan nggak ada sholat Ied di masjid seharusnya nggak mengurangi makna Hari Raya Idul Fitri. Maka dari itu, tetap semangat ya!