Qupas Travel

Tips Liburan di Tengah Wabah Corona yang Makin Meluas, Jangan Panik Dulu!

17 March 2020, at 04:00
Tips Liburan di Tengah Wabah Corona yang Makin Meluas, Jangan Panik Dulu!

Wabah corona atau Covid-19 sudah menyebar ke berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Meski beberapa tempat kerja maupun sekolah di sejumlah wilayah tanah air telah diliburkan untuk menghindari penyebaran virus tersebut, pada kenyataannya masih banyak yang memanfaatkannya untuk berlibur.

Kamu salah satu dari mereka? Nggak masalah kalau memang mau liburan. Tapi ikuti tips-tips liburan di bawah ini, siapa tahu bermanfaat dan terhindar dari infeksi.

1. Hindari tempat wisata yang ramai

Ilustrasi Pantai Ramai (Foto: pexels.com/@elina-sazonova-912559)
pexels.com/@elina-sazonova-912559

Di tengah wabah corona, memang sebaiknya nggak terlalu cari 'feeling good'. Tapi bukan berarti kamu harus rebahan sepanjang waktu dan nggak melakukan kegiatan sama sekali. Yang ada, hal ini bisa jadi akan menurunkan kekebalan tubuhmu.

Kamu bisa kok tetap liburan yang nggak jauh dari tempa tinggalmu. Selain itu, hindari juga kawasan yang super ramai dan bikin kamu harus berdesak-desakan dengan wisatawan lainnya.

Jangan lupa juga ketika sudah memutuskan untuk liburan di tengah meluasnya corona, pastikan rencana perjalananmu fleksibel dan bisa diubah sewaktu-waktu ya!

2. Hindari peternakan, hewan mati, dan hewan liar

Ilustrasi Hindari Peternakan (Foto: pexels.com/@flickr)
pexels.com/@flickr

Asal virus corona disebut-sebut dari hewan dan berpindah ke manusia. Nah, buat kamu yang memang cinta dan suka gemas melihat hewan, sebaiknya 'puasa' dulu deh.

Selama masa genting ini, sebaiknya hindari dulu peternakan, hewan mati, hingga pasar yang menjual hewan liar. Kamu juga perlu menjauhi tempat yang ada banyak binatang demi kesehatanmu.

3. Bawa hand sanitizer

Ilustrasi Menggunakan Hand Sanitizer (Foto: rd.com)
rd.com

Tips liburan di tengah merebaknya virus corona adalah dengan selalu membawa hand sanitizer. Terutama yang memiliki kandungan alkohol supaya kuman maupun virus mati.

Seperti diketahui, tangan bisa menjadi media yang pas dan bisa menularkannya pada siapa saja. Jadi nggak ada salahnya untuk mencegah penularan tersebut dengan menggunakan sanitizer.

Selain membawanya sendiri, kamu juga bisa menggunakan hand sanitizer umum (kalau ada) supaya milikmu tetap awet.

Baca juga: Seperti Apa Hotel Milik Cristiano Ronaldo yang Disebut Akan Diubah Jadi RS Khusus Corona?

4. Rajin cuci tangan

Ilustrasi Cuci Tangan (Foto: pexels.com/@burst)
pexels.com/@burst

Saat mengunjungi suatu tempat, kita nggak pernah tahu apakah di sana steril atau justru sebaliknya. Jadi selain membawa sanitizer, nggak ada salahnya untuk rajin cuci tangan menggunakan sabun.

Entah setelah selesai dari toilet, sebelum makan, atau sesudah pulang dari liburan. Dengan cara ini, berarti kamu sudah memutus rantai virus tersebut untuk menularkannya padamu atau orang lain.

5. Siapkan masker

Ilustrasi Hindari Corona dengan Masker (Foto: pexels.com/@shvetsa)
pexels.com/@shvetsa

Menyiapkan masker juga penting dilakukan guna mencegah terjadinya penularan virus. Terutama kalau memang kamu terpaksa berada di keramaian, seperti bandara, stasiun, dan tempat umum lain.

Selain corona, ketika sedang sakit flu maupun batuk juga disarankan untuk memakai masker supaya orang lain nggak tertular. Kamu bisa menyiapkan masker bedah maupun N95 dengan filter.

6. Bawa bekal makanan bergizi

Ilustrasi Konsumsi Makanan Bergizi (Foto: pexels.com/@daria)
pexels.com/@daria

Sudah jadi rahasia umum kalau corona bisa menyerang ketika sistem imun tubuh sedang melemah.

Untuk mengatasinya, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memakan makanan bergizi. Nggak harus beli, kamu juga bisa menyiapkannya sendiri agar juga lebih terjamin kebersihannya. Konsumsi vitamin dan mengatur pola tidur juga pantang kamu lewatkan.

Nah, itulah sederet tips liburan untuk kamu yang memang memilih untuk liburan di tengah wabah corona saat ini. Kalau memang ragu untuk pergi traveling, sebaiknya memang tetap di rumah saja dengan tetap melakukan aktivitas yang menyehatkan. Semangat ya!