Tips Liburan ke Jepang Saat Panas Membara, Biar Nggak Kena Heat Stroke!

26 July 2018, at 09:46
3
0
Tips Liburan ke Jepang Saat Panas Membara, Biar Nggak Kena Heat Stroke!

Liburan musim panas jadi salah satu pilihan tepat, selain cuaca cerah juga bisa lebih bebas eksplor di objek-objek wisata. Salah satu destinasi favorit adalah Jepang, selain indah juga negaranya tertib dan rapi. Namun, akhir-akhir ini daerah di negeri sakura ini  sedang dilanda gelombang panas.

Bahkan suhu di salah satu kota di Jepang mencapai 41,1 derajat celsius. Suhu udara sepanas itu sudah menyebabkan 30.000 warga Jepang dilarikan ke rumah sakit dan 77 di antaranya meninggal dunia. Gelombang panas ini memang sudah melanda sejak berminggu-minggu yang lalu. Bahkan anomali fenomena alam ini sudah mulai melanda daerah Semenanjung Korea.

Untuk kamu yang hendak liburan ke Jepang dalam waktu dekat ini, sebaiknya mengikuti beberapa tips berikut. Sekian tips ini untuk menghindarkan kamu cepat kelelahan atau terserang heat stroke secara mendadak selama liburan di Jepang. Mengingat bahayanya luar biasa, mulai dari kerusakan fungsi organ hati hingga kematian:

 

1. Hindari berjalan langsung di bawah sinar matahari dari jam 10 pagi hingga 4 sore, jangan lupa juga selalu sediakan kacamata hitam dan payung lipat

 

japantimes.com

Saat sedang panas seperti ini banyak warga di Jepang yang masih menjalankan aktivitasnya seperti biasa, seperti bekerja dan sekolah. Begitu juga dengan wisatawan, pasti masih ingin jalan-jalan dengan maksimal. Padahal pada pukul 10 pagi hingga 4 sore adalah jam-jam yang sangat berbahaya untuk melakukan aktivitas di ruangan yang terbuka. Hal itu diperkuat juga oleh Sun Safety Alliance di Amerika yang menyatakan bahwa sinar matahari di jam antara jam segitu akan membuat kerusakan kulit hingga menyebabkan kanker.

Namun bagaimana jika tetap ingin ‘eksis’ di jam-jam tersebut? Kamu bisa mengenakan kacamata hitam seperti anjuran dari dokter mata untuk melindungi indera penglihatanmu terkena sinar ultraviolet matahari secara langsung. Selain agar nggak silau juga menghindari terkena katarak. Sementara itu untuk penggunaan payung kemanapun kamu pergi fungsinya adalah mencegah kulit rambut terkena sinar matahari yang akan membuatmu lebih mudah pusing. Rambut yang terkena sinar matahari terlalu lama pun akan membuat warna rambut menjadi berkurang dan gampang rusak.

 

2. Gunakan sunblock dengan spf tidak lebih dari 30 dan harus diulang sekitar 2 jam sekali. Selain menggunakan sunblock, selalu bawa juga kipas di tasmu

 

medina-gazette.com

Berlibur di Jepang saat sedang musim panas, jangan coba-coba untuk menggunakan baju dan celana dengan bahan tebal ya. Bisa-bisa kamu nanti akan menjadi bahan omongan dan dipandangi oleh orang banyak. Pakailah yang bahannya mudah menyerap keringat dan jangan lupa untuk mengoleskan sunblock dengan spf yang tidak lebih dari 30.

Pasalnya, menurut para Dermatologists di Amerika berpendapat bahwa spf diatas 30 tidak memberikan efek melindungi malah membuat kulit terasa lebih berminyak. Mereka juga menganjurkan untuk mengulang pengaplikasian sunblock setiap dua jam sekali di kulit tubuhmu yang terpapar sinar matahari langsung. Selain itu, bawa juga kipas angin portable agar keringat dalam tubuh nggak mengucur deras. Hal ini juga untuk membantu sunblock agar mudah meresap di dalam kulit.

 

3. Selalu Bawa Air Mineral ke Manapun kamu Pergi 

 

Japantimes.com

Pada saat musim panas seperti ini, kamu sebaiknya mengkonsumsi air mineral murni yang kaya akan hidrogen dan oksigen.  Jika di hari dan suhu biasa, anjurannya adalah 2 liter perhari maka di kondisi seperti ini, naikkan menjadi 3 liter perhari. Hal ini dikarenakan saat berkeringat, seseorang sudah kehilangan 1% air dari dalam tubuhnya. Jika itu terus dibiarkan, tubuh akan mengalami dehidrasi.

 

4. Pilih Makanan dan Minuman dengan Bijak

 

wikimedia.org

Saat cuaca panas hingga membara seperti ini, harus bijak memilih makanan. di Jepang ada cold soba atau cold udon alias menu mie soba dan mie udon dengan kuah dingin. Bisa dicoba, tapi nggak disarankan untuk langsung kena makanan atau minuman dingin ya. Pastikan suhu tubuh turun dulu baru mengonsumsinya.

Selain itu, kamu bisa minum susu dan makan ikan serta aneka sayur-sayuran yang gampang didapatkan di negeri sakura ini. Jangan melulu minum yang dingin-dingin ya karena bisa jadi malah terkena flu nantinya. Pilihlah menu yang akan dikonsumsi dengan bijak agar stamina tetap kuat.

 

5. Meski jepang terkenal dengan orang-orangnya yang berjalan cepat, usahakan kamu tetap berjalan santai ya

 

Japantimes.com

Berjalan dengan cepat termasuk salah satu karakteristik dari Orang-Orang di Jepang. Menurut mereka, berjalan lambat tentu akan membuang waktu banyak yang bisa digunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat. Maka, hal ini justru tidak dianjurkan saat Jepang sedang dilanda gelombang panas seperti saat ini. Pasalnya, hal itu justru akan membuat kamu lebih banyak berkeringan dan kehilangan banyak air dalam tubuh. Tentu akan membuat dirimu lebih cepat lelah.

 

Nah, sekian tips yang bisa Qupas berikan buat kamu yang ingin berlibur di Jepang dalam waktu ini. Selamat menjelajah negeri sakura!

0 Comment