Qupas Family

Tips Memandikan Bayi yang Perlu Diketahui oleh Orang Tua Baru, Coba Yuk!

05 December 2019, at 08:00
Tips Memandikan Bayi yang Perlu Diketahui oleh Orang Tua Baru, Coba Yuk!

Menjadi orang tua baru memang merupakan sebuah tantangan yang nggak mudah. Masih banyak hal yang perlu dipelajari, bahkan untuk hal-hal yang sederhana seperti memandikan bayi.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa tips memandikan bayi yang bisa orang tua baru terapkan. Nggak perlu bingung lagi deh!

1. Periksa Tinggi dan Suhu Air Terlebih Dahulu

bagaimana cara memandikan bayi
gettyimages.com

Sebelum memadikan bayi, kamu perlu memastikan bahwa tinggi air sudah pas yaitu maksimal 5 cm saja atau nggak sampai menyentuh kuping si kecil saat posisinya terlentang di bak.

Nggak cuma itu, suhu air juga harus diperiksa terlebih dahulu karena bayi memiliki kulit yang sensitif. Dilansir dari Nationwide Children’s, air yang digunakan untuk memandikan si kecil harus hangat dengan suhu sekitar 37 derajat celsius.

2. Nggak Perlu Gunakan Sabun Setiap Hari

bayi mandi
femina.hu

Tahu nggak sih, bayi yang baru lahir sebenarnya nggak perlu menggunakan sabun saat mandi lho. Pasalnya, kulit si kecil masih terlalu sensitif pada benda atau paparan bahan kimia.

Maka dari itu, pilihlah produk sabun khusus bayi yang tepat dan nggak perlu menggunakannya setiap hari agar kulit buah hati nggak kering.

3. Hindari Menggunakan Pelembab Sampai Bayi Berusia 1 Bulan

pelembab untuk bayi
parenting.firstcry.com

Nggak cuma sabun yang hanya boleh dilakukan sesekali. Penggunaan pelembab pun harus dhindari sampai bayi berusia satu bulan.

Kulit si kecil yang masih sangat sensitif membuat hal tersebut harus dilakukan. Nggak mau kan buah hati mengalami iritasi atau hal-hal lainnya?

Baca Juga: Memandikan Bayi, Cara Sederhana Ciptakan Bonding Antara Ibu dan Buah Hati

4. Kain Lap untuk Memandikan

cara memandikan bayi
mammydaddy.com

Tips memandikan bayi untuk orang tua baru lainnya adalah menggunakan kain lap halus untuk membersihkan bagian tubuh si kecil.

Pertama-tama, bersihkan kelopak mata dari dalam keluar dengan kain lap yang sudah dicelupkan ke air hangat. Gunakan kain yang berbeda untuk mata yang satunya kemudian lanjutkan membersihkan bagian wajah dan tubuh lainnya.

5. Mainan, Nyanyian, dan Percakapan Wajib Dilakukan

tips memandikan bayi
djecjaposla.com

Sembari memandikan si kecil, ada baiknya apabila kamu menyiapkan mainan lunak seperti bebek-bebekan yang mengapung di air. Hal ini akan membuat buah hati tertarik dan mengurangi rewelnya saat mandi.

Selain itu, bernyanyi atau mengajaknya berbicara merupakan hal yang harus dilakukan. Selain agar si kecil nggak rewel, hal tersebut berguna untuk menciptakan bonding lho!

6. Jangan Pernah Tinggalkan Bayi Sendirian Saat Mandi

memandikan bayi
loveofmom.vn

Hal penting yang harus orang tua baru ketahui selanjutnya adalah jangan pernah meninggalkan bayi sendirian saat mandi meskipun hanya 1 menit. Pasalnya, si kecil mungkin akan ketakutan, berontak, dan terpeleset dari posisinya.

Maka dari itu, sangat penting untuk menyiapkan segala keperluan mandi bayi sebelum mulai memandikannya ya!

Nah, itu dia beberapa tips memandikan bayi untukmu. Sebagai orang tua baru, Sobat Qupas harus tahu!