Tips Membuat Visa Korea Selatan biar Nggak Ditolak

01 October 2018, pada 08:18
0
0
Tips Membuat Visa Korea Selatan biar Nggak Ditolak

Visa Korea Selatan adalah hal yang perlu kamu miliki saat liburan ke Negeri Ginseng. Liburanmu pun akan lebih lancar saat memilikinya.

Sayangnya, kamu harus berjuang untuk mendapatkan visa Korea Selatan. Bukannya dipersulit, hal ini memang sudah ketentuan negara maju tersebut.

Tapi jangan khawatir kalau kamu masih belum pernah membuat visa ataupun liburan ke luar negeri. Sebab, ada tips dari Qupas yang bisa membantumu.

Jadi, apa saja sih hal yang harus diperhatikan untuk membuat visa sang Negeri Ginseng? Yuk, simak ulasan berikut ini! 

1. Waktu Pengajuan

Tips Membuat Visa Korea Selatan biar Nggak Ditolak
willflyforfood.net

Waktu pengajuan visa menjadi hal penting. Permohonan pun bisa kamu lakukan 3 bulan atau 90 hari sebelum keberangkatan.

Selanjutnya, perjuanganmu pun akan dimulai. Semua persyaratan yang akan Qupas bahas berikut ini pun perlu kamu perhatikan.

2. Masa Berlaku Paspor

Tips Membuat Visa Korea Selatan biar Nggak Ditolak
jendelakeluarga.com

Agar pengajuan visa menjadi lancar, pastikan kamu punya minimal 8 bulan sisa masa berlaku paspor. Kurang dari ini, sebaiknya lakukan perpanjangan dulu, ya!

Tunjukkan kalau kamu sering traveling dan selalu bepergian dengan rapih untuk meninggalkan kesan baik. Jangan lupa, ikut sertakan juga paspor lama.

3. Surat Sponsor Perusahaan Tempatmu Bekerja

Tips Membuat Visa Korea Selatan biar Nggak Ditolak
lonelytraveler.blog

Surat sponsor merupakan jaminan yang isinya tentang pernyataan bahwa kamu akan kembali ke negara asal. Jadi, kamu nggak akan menetap untuk mencari pekerjaan. Kamu bisa meminta pada HRD tempatmu bekerja. Jangan lupa, isi surat ini dalam Bahasa Inggris.

Baca juga: Tianducheng, Kota 'Replika' Paris dengan Sudut Kota Hingga Menara Eiffel Sama Persis

4. Fotokopi SIUP/TDP/HO/NPWP (Khusus Wirausaha)

Tips Membuat Visa Korea Selatan biar Nggak Ditolak
kutek99.blogspot.com

Pastikan kirim dokumen asli kalau kamu adalah pemilik toko maupun perusahaan. Kalau palsu, kemungkinan visamu akan ditolak. Lebih mengerikan, kamu juga akan dibanned seumur hidup. Pasti nggak mau, kan?

Untuk itu, kamu perlu mencantumkan salah satu dari SIUP/TDP/HO/NPWP. Bahkan, lebih baik lagi kalau kamu memasukkan semuanya dalam dokumen.

5. Bukti Keuangan Pribadi 3 Bulan Terakhir dan Surat Referensi Bank

Tips Membuat Visa Korea Selatan biar Nggak Ditolak
riftom.info

Setiap kedutaan ingin memastikan kamu memiliki cukup dana untuk membiayai seluruh kebutuhan saat berada di negara mereka. Sebaiknya pakai rekening milik sendiri kalau danamu cukup. Kalau masih belum punya penghasilan, kamu bisa juga menggunakan milik wali.

Selain itu, rekenin milik orang tua, suami maupun saudara bisa juga kamu gunakan. Tapi, hal ini lebih beresiko visa akan di tolak.

6. Jumlah Uang Minimal

Tips Membuat Visa Korea Selatan biar Nggak Ditolak
pixabay.com/okaybuild

Jumlah uang mungkin adalah pertanyaan mendasar saat membuat visa Korea Selatan. Jadi, berapa sih dana minimal yang harus kamu miliki?

Paling nggak, kamu perlu memiliki dana minimal delapan puluh ribu won atau sekitar 1 juta rupiah per hari. Sebaiknya, kamu memiliki dua kali lebih banyak dari uang tersebut.

Jadi, kalau kamu pergi selama 12 hari, uang yang harus kamu miliki di rekening adalah 24 juta rupiah. Tujuannya untuk meyakinkan pihak kedutaan kalau kamu bisa memenuhi kebutuhan di negara mereka.

7. Fotokopi Identitas Lengkap

Tips Membuat Visa Korea Selatan biar Nggak Ditolak
swaragamafm.com

Persiapkan semua fotokopi identitas lengkap. Mulai dari KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran dan Surat Nikah (kalau sudah berumahtangga) wajib ada.

Khusus pelajar, bisa juga melampirkan scan Kartu Pelajar atau surat keterangan sekolah maupun kampus. Isinya mulai dari nama, nomor induk mahasiswa, jurusan serta program yang diambil jika kamu menempuh pendidikan S1 atau Diploma.

8. Bukti Pembayaran Pajak (SPT21)

Tips Membuat Visa Korea Selatan biar Nggak Ditolak
handoyosoehandaja.blogspot.com

Pembuatan visa bisa berjalan lancar kalau kamu memberikan bukti sebanyak mungkin. Misalnya seperti SPT tahunan maupun tagihan kartu kredir bulanan.

Adanya dokumen ini pun akan memperkuat kepercayaan kedutaan. Asal relevan, overdeliver termasuk hal baik untuk membuat visa ke luar negeri, lho.

Baca juga: 6 Tempat Wisata di Korea Selatan yang Murah Hingga Gratis

9. Pas Foto Warna

Tips Membuat Visa Korea Selatan biar Nggak Ditolak
blueismyfate.wordpress.com

Pastikan pas foto berwarna dengan latar belakang putih dan ukuran 4 x 6 nggak ketinggalan. Sebaiknya, pakailah potret terbaru atau paling nggak potret setahun lalu.

Jangan lupa, bentuk wajah, jidat, alis serta telinga terlihat jelas. Hindari pula pakai softlens maupun kacamata.  Selain itu, foto nggak boleh diedit, apalagi pakai beauty filter. Selain itu, ada zoom standar visa sebanyak 70 persen.

10. Konfirmasi Bookingan Hotel, Print out Tiket, Itinerary Jadwal Perjalanan

Tips Membuat Visa Korea Selatan biar Nggak Ditolak
jarimanistravel.blogspot.com

Memang nggak wajib, tapi lebih baik lampirkan saja. Hal ini untuk menjamin bahwa kamu akan tinggal dengan nyaman di Korea Selatan. Nah, kalau kamu nggak tinggal di hotel, melainkan menginap di rumah teman ataupun keluarga, ada hal lain yang perlu diperhatikan.

Persiapkan fotokopi kartu identitas, alamat tempat tinggal hingga bukti hubungan mereka denganmu. Sementara untuk print out reservasi tiket penerbangan, hal ini adalah bukti kalau kamu nggak overstay di Korea Selatan.

Berikan juga itinerari rencana perjalananmu ke seluruh tempat yang ingin kamu kunjungi saat di Negeri Ginseng nanti.

11. Biaya Pembuatan Visa Turis

Tips Membuat Visa Korea Selatan biar Nggak Ditolak
androidauthority.com

Kalau hanya ingin satu kali berkunjung ke Korea selatan, biayanya adalah 560 ribu rupiah. Masa berlakunya pun di bawah 90 hari. Sementara untuk kunjungan di atas 90 hari, kamu perlu menyediakan budget sebesar 840 ribu rupiah.

Nah, kalau kamu ingin berkali-kali liburan ke Korea Selatan, siapkan saja dana senilai 1 juta 260 ribu rupiah. Masa berlakunya 5 tahun, lho. Sedangkan untuk 2 kali kunjungan, kamu perlu menyediakan biaya sebanyak 980 ribu rupiah. Masa berlakunya pun selama 6 bulan.

12. Formulir Aplikasi Permohonan Visa

Tips Membuat Visa Korea Selatan biar Nggak Ditolak
asridaa.blogspot.com

Kamu bisa mengunduh formulir permohonan visa di sini. Pastikan juga kamu mencetaknya dalam kertas A4. Tulislah juga dengan jelas dan rapi serta tanpa coretan. Jangan lupa, isilah dengan datamu yang sesungguhnya.

Nah, itu dia beberapa tips membuat visa Korea Selatan dari Qupas agar liburanmu lancar. Jangan sampai meremehkan hal sekecil apapun. Pasalnya, hal ini bisa menjadi boomerang buatmu sendiri. Selain visa ditolak, liburan ke Korea Selatan pun bisa gagal.

0 Komentar