Qupas Beauty

Tips Memilih Pelembab Wajah untuk Kulit Kombinasi, Jangan Sampai Salah!

06 September 2020, at 06:00
Tips Memilih Pelembab Wajah untuk Kulit Kombinasi, Jangan Sampai Salah!

Mempunyai tipe kulit kombinasi memang merepotkan. Karena dalam waktu bersamaan, kamu harus merawat kulit kering sekaligus berminyak.

Umumnya, kulit kombinasi ditandai dengan kondisi yang berminyak di area T-zone (dahi, hidung, dagu) sementara bagian pipi cenderung kering. Akibatnya, masalah yang biasanya muncul adalah pori-pori lebar, kulit tampak mengkilap, hingga jerawat.

Maka dari itu, memilih moisturizer untuk kulit kombinasi juga nggak boleh sembarangan. Karena kamu harus bisa mengatasi dua masalah tersebut bersamaan.

Tapi jangan khawatir, karena Qupas punya tips memilih pelembab wajah untuk kulit kombinasi khusus buat kamu. Simak yuk!

1. Tekstur

Cara Memilih Pelembab Wajah untuk Kulit Kombinasi (Foto: instagram.com/cosrx_paper)
instagram.com/cosrx_paper

Pelembab wajah dengan tekstur krim pekat akan menyumbat pori-pori dan mendorong produksi minyak berlebih di bagian T-zone. Di sisi lain, moisturizer yang terlalu ringan nggak akan cukup membatu merawat area pipi yang cenderung kering.

Sebaiknya, cari pelembab wajah terbaik yang teksturnya gel atau menyerupai air. Keduanya bisa menjaga kulit supaya tetap terhidrasi dengan baik tanpa menyumbat pori-pori.

Bagian kulit yang super kering dan cenderung bersisik juga bisa diatasi dengan mudah.

2. Formula

Pelembab Wajah untuk Kulit Kombinasi (Foto: instagram.com/cosrx_paper)
instagram.com/cosrx_paper

Tips memilih pelembab wajah untuk kulit kombinasi selanjutnya adalah, carilah produk dengan formula multitasking yang secara efisien bisa melembapkan tanpa meninggalkan sensasi berminyak.

Selain itu, moisturizer untuk kulit kombinasi harus memiliki bahan tambahan yang menargetkan masalah jerawat. Seperti contohnya snail mucin, yang mampu menghidrasi dengan baik, menenangkan kulit, sekaligus cocok untuk pemilik acne-prone skin.

Kemudian, bahan-bahan seperti avocado oil dan hyaluronic acid juga bisa jadi pilihan untuk kulit kombinasi.

Baca juga: 7 Skincare untuk Kulit Kombinasi yang Bikin Wajah Jadi Sehat dan Bebas Kilap

3. Ganti secara berkala

Moisturizer untuk Kulit Kombinasi (Foto: pexels.com/@shiny-diamond)
pexels.com/@shiny-diamond

Menemukan produk yang cocok memang nggak mudah. Tapi, memakai pelembab yang sama sepanjang tahun juga bukan pilihan tepat, karena perbedaan kondisi wajahmu.

Di musim panas misalnya, kamu bisa fokus mengatasi produksi minyak yang umumnya akan lebih banyak. Memakai serum terbaik untuk melengkapi moisturizermu juga bisa jadi solusi tepat.

4. Atur jumlah pemakaian

Moisturizer untuk Kulit Kombinasi (Foto: pexels.com/@shiny-diamond)
pexels.com/@shiny-diamond

Karena perbedaan kondisi wajah, kamu juga harus merawatnya dengan cara berbeda. Sebagai contoh, aplikasikan moisturizer di area T-zone seperti biasanya.

Sedangkan pada bagian pipi yang cenderung lebih kering, kamu bisa memoleskan pelembab wajah dua kali lebih banyak dari area T-zone.

Nah, itulah beberapa cara memilih pelembab wajah untuk kulit kombinasi yang bisa kamu coba. Jangan sampai salah ya!