Tips Mempersiapkan Dekorasi Pelaminan, Agar Pernikahanmu Makin Berkesan

03 October 2018, at 09:25
0
0
Tips Mempersiapkan Dekorasi Pelaminan, Agar Pernikahanmu Makin Berkesan

Pernikahan adalah salah satu momen besar yang terjadi dalam hidup seseorang. Karenanya banyak pasangan yang membutuhkan waktu cukup lama untuk merencanakannya secara matang.

Persiapan pernikahan umumnya diisi dengan diskusi yang membahas mengenai pakaian, makanan, tamu, dan pelaminan. Bagi sebagian orang, memilih dekorasi pelaminan bisa jadi salah satu hal yang menantang.

Nah untuk itu, berikut ini akan dibahas mengenai tips mempersiapkan dekorasi pelaminan, agar pernikahanmu jadi momen tak terlupakan.

1. Tentukan Tempat Pernikahan

pernikahan indoor
rosemerrypictures.com

Untuk merancang dekorasi pelaminan, hal pertama yang perlu diputuskan adalah pemilihan tempat. Pasangan harus sepakat untuk menggelar pernikahan di luar gedung (out door) atau di dalam gedung.

Dalam pemilihan tempat ini ada baiknya untuk mempertimbangkan dua hal. Yaitu tamu undangan dan cuaca.

pernikahan outdoor
wattersbrothers.com

Bila sedang musim hujan, sebaiknya hindari untuk menggelar penikahan di luar ruangan. Hal ini berkaitan dengan kenyamanan tamu dan pengantinnya sendiri.

Bila cuaca sedang cerah, konsep pernikahan out door bisa dipilih untuk memberi kesan yang unik dan berbeda.

Baca juga: Biaya Pernikahan di Gedung Mahal? Manfaatkan 5 Tempat Ini

2. Tentukan Tema

pernikahan adat jawa
shopback.com

Setelah menentukan tempat, selanjutnya adalah memilih tema yang diinginkan. Memilih tema pernikahan sebenarnya bisa disesuaikan dengan berbagai situasi. Misalnya seperti musim, tempat pernikahan, hobi, dan tentunya budaya.

Apalagi orang Indonesia, tema pernikahan tradisional sesuai adat biasanya jadi pilihan utama. Sebab, pernikahan akan menjadi lebih bermakna karena ritual unik yang ada di dalamnya.

tema pernikahan ala game of thrones
thehypedgeek.com

Tema pernikahan juga bisa terinspirasi dari hobi. Misal ada yang hobi menonton film, tema pernikahan movie theme akan membuat pernikahan tak terlupakan.

Yang biasanya dipilih adalah pernikahan dengan cosplay karakter film dongeng disney atau film fiksi populer lainnya.

3. Tentukan Dekorator

dekorator pernikahan profesional
weddingguideandtips.com

Setelah menentukan tempat dan tema yang sesuai, selanjutnya adalah memilih dekorator. Apabila percaya diri, mendekorasi pernikahan sendiri akan menghemat budget.

Tapi, untuk sebuah pernikahan yang cukup unik dan megah, sangat disarankan menggunakan jasa dekorator profesional untuk mengeksekusi masalah yang berhubungan dengan pelaminan. Mungkin akan memerlukan budget berlebih, namun hasilnya akan lebih terjamin dan tentu saja tidak ribet.

wedding planner
alejandrapoupel.com

Dekorator profesional bisa dipercaya untuk mendesain pelaminan, bahkan di tempat yang sulit sekalipun. Dengan pengetahuan, pengalaman, dan tenaga kerja yang mereka miliki, pesta pernikahan yang tak terlupakan pun pasti mudah diwujudkan.

4. Memilih Properti

bunga untuk properti pernikahan
ezzylynn.com

Dekorator profesional adalah tim yang bisa diajak bekerjasama untuk memilih properti pernikahan. Bicarakan anggaran yang akan dikeluarkan untuk kepentingan pernak-pernik seperti bunga dan dekorasi lainnya.

Dekorator akan akan memberikan banyak pilihan dan alternatif yang sesuai dengan budget. Bila budget cukup, bunga segar dengan kualitas baik ataupun properti lainnya yang bahkan harus diimpor pun bisa didapat.

ilustrasi merencanakan pernikahan
islands.com

Meski telah mempercayakan pada dekorator, jangan serta merta menyerahkan semuanya dan berdiskusi dengan pikiran kosong. Pasangan harus tetap aktif menggali informasi sendiri dan memastikan properti yang didapatkan sesuai dengan keinginan dan anggaran yang ditetapkan.

Baca juga: Nikah dengan Biaya 10 Juta? Ternyata Bisa Jika Pakai Cara ini

5. Sketsa Dekorasi

sketsa dekorasi pernikahan
amauiweddingday.com

Untuk memastikan dekorasi pelaminan sesuai dengan yang diinginkan, jangan lupa untuk meminta sketsa dekorasi pernikahan kepada decorator. Dengan begitu, pasangan bisa memastikan permintannya telah diaplikasikan dengan sempurna.

pernikahan di luar ruangan
wedgewoodweddings.com

Selain itu, dengan melihat sketsa dekorasi, pasangan bisa memiliki bayangan dan bisa mengetahui apa yang kurang di pelaminannya. Sehingga bisa diperbaiki sebelum hari H tiba dan pernikahan impian pun dapat terwujud.   

Nah itulah 5 tips mempersiapkan dekorasi pelaminan, agar pernikahanmu jadi momen tak terlupakan. Bagi kalian yang sedang mempersiapkan pernikahan, jangan lupa dicatat ya!

0 Comment