Tips Menjaga Kesehatan Paru-paru di Tengah Polusi DKI Jakarta yang Semakin Menjadi-jadi

30 July 2019, at 02:00
0
0
Tips Menjaga Kesehatan Paru-paru di Tengah Polusi DKI Jakarta yang Semakin Menjadi-jadi

Beberapa hari ini, kondisi udara DKI Jakarta ramai diperbincangkan. Pasalnya, melalui pantauan beberapa aplikasi, status udara di ibu kota tersebut mencapai titik sangat nggak sehat atau terkena polusi yang parah.

Bahkan pagi ini, aplikasi AirVisual menyebutkan bahwa Jakarta menempati urutan pertama kota dengan polusi paling buruk dan berisiko mengancam kesehatan.

Oleh sebab itu, ada baiknya jika kamu yang berdomisili di ibu kota Jakarta melakukan beberapa tips di bawah ini untuk menjaga paru-paru tetap sehat ditengah kondisi udara yang penuh polusi.

Baca Juga: 6 Dampak Serius Ketika Kamu Sering Terkena Polusi Udara

1. Selalu Periksa Kualitas Udara

periksa kualitas udara
yasminroohi.com

Memeriksa kualitas udara secara berkala merupakan salah satu hal yang perlu kamu lakukan untuk menyiasati polusi udara Jakarta yang semakin menjadi-jadi ini.

Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk memantau kualitas udara. Hal tersebut akan mempermudahmu untuk mengatur kegiatan luar ruangan, meskipun nggak mungkin untuk benar-benar menghindarinya.

Pilihlah waktu saat polusi udara nggak terlalu tinggi untuk melakukan aktivitas luar ruangan, seperti olahraga dan lain sebagainya.

2. Gunakan Masker yang Sesuai

masker n95
straitstimes.com

Cara lain yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan paru-paru di tengah buruknya kualitas udara adalah dengan menggunakan masker yang sesuai.

Kebanyakan masker nggak bisa menangkal polusi dengan maksimal. Sebagain contoh, masker bedah berwarna hijau yang sering digunakan banyak orang ternyata memiliki saringan udara yang masih relatif besar sehingga partikel debu dapat lolos.

Oleh sebab itu, para ahli menyarankan untuk menggunakan masker N95 yang lebih efektif dan sesuai. Meskipun harganya sedikit lebih mahal, akan tetapi kualitasnya nggak perlu dipertanyakan.

3. Hindari Kepadatan Lalu Lintas

hindari kepadatan lalu lintas
medium.com

Sebisa mungkin, hindari kepadatan lalu lintas. Bagaimana pun kendaraan bermotor merupakan salah satu penyumbang utama polusi udara. Oleh sebab itu, semakin padat lalu lintas maka dapat disimpulkan bahwa tingkat pencemaran udara di tempat tersebut semakin tinggi.

Jadi, lebih baik hindari jalan-jalan yang dipadati oleh kendaraan sehingga dapat menurunkan risiko menghidrup polusi lebih banyak.

Baca Juga: Demi Kesehatan, Gunakan Masker N95 yang Berkualitas Ini

4. Memelihara Tanaman

memelihara tanaman
honestdocs.id

Tahukah kamu, beberapa jenis tanaman seperti lidah mertua, sirih belanda, dan pakis boston dapat mengurangi paparan racun di udara lho.

Oleh sebab itu, nggak ada salahnya jika kamu mencoba untuk memelihata tanaman penghilang polusi tersebut di dalam rumah.

5. Menerapkan Pola Makan Sehat

pola makan sehat
baltimoresun.com

Polusi udara merupakan salah satu penyumbang radikal bebas penyebab masalah kesehatan. Oleh sebab itu, kamu harus menyiasatinya dari luar dan dalam.

Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang merupakan sumber antioksidan dan makanan sehat lainnya akan meningkatkan kekebalan tubuh dan menurunkan risiko masalah kesehatan.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa tips menjaga kesehatan paru-paru di tengah polusi udara Jakarta yang bisa kamu terapkan. Yuk Coba juga!

0 Comment