Qupas Healthy

Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan dan Banjir Melanda

02 January 2020, at 08:00
Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan dan Banjir Melanda

Awal tahun 2020 menghadiahkan kado yang nggak terduga bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Bukan sesuatu yang menyenangkan, tahun baru yang seharusnya dirayakan dengan suka-cita justru diwarnai dengan kemuraman karena banjir yang melanda.

Hujan deras mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya sepanjang malam pergantian tahun. Kondisi tersebut menyebabkan air meluap dengan tinggi yang bermacam-macam di berbagai wilayah.

Berbicara tentang banjir dan musim hujan, berikut ini hal-hal yang perlu kamu perhatikan untuk menjaga kesehatan dalam kondisi tersebut.

1. Perhatikan Perlindungan Diri

tips menghadapi banjir
instagram.com/yunishara36

Salah satu cara untuk menjaga kesehataan saat banjir melanda adalah dengan memperhatikan perlindungan diri. Apabila memang harus melewati genangan air, jangan lupa menggunakan sepatu bot atau paling nggak alas kaki dan sarung tangan untuk menghindari risiko infeksi.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan area yang dilewati. Hindari menyentuh kabeh dan benda-benda yang berpotensi memiliki aliran listrik.

2. Tetap Jaga Kebersihan Tubuh

ilustrasi banjir
holtfloodinsurance.com

Banjir berpotensi menyebabkan penyebaran kuman dan bekateri penyebab penyakit menjadi lebih cepat. Maka dari itu, kamu sebaiknya tetap menjaga kebersihan tubuh ya!

Setelah melewati genangan air, pastikan untuk mencuci tangan dan kaki pakai sabun. Lakukan hal yang sama sebelum dan setelah makan. Jangan lupa untuk rutin ganti baju karena pakaian yang sudah terkena banjir menyimpan banyak kuman dan bakteri.

3. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

makanan sehat
baomoi.com

Selain itu, memperhatikan makanan yang dikonsumsi juga penting untuk dilakukan. Apabila makanan sudah terkontaminasi dengan banjir, sebaiknya jangan dimakan ya!

Meskipun kondisinya cukup sulit, namun kamu harus memperhatikan kandungan gizi makanan yang dikonsumsi agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga sehingga nggak mudah terserang penyakit.

Baca juga: Waspadai 5 Penyakit yang Siap Menyerangmu di Musim Hujan

4. Waspadai Luka Terbuka dan Gigitan Nyamuk

nyamuk
mzhengsheng.com

Saat banjir, kamu juga perlu mewaspadai luka terbuka dan gigitan nyamuk. Usahakan membersihkan luka dengan antiseptik dan biarkan dalam keadaan tertutup agar nggak mudah terkena air banjir.

Nggak hanya itu, kamu juga sebaiknya menggunakan pelindung nyamuk karena serangga yang satu ini berpotensi menyebabkan demam berdarah.

5. Pola Tidur

pola tidur
medicalnewstoday.com

Meskipun mungkin akan sulit untuk tidur dalam keadaan banjir, namun begadang merupakan pilihan yang kurang tepat karena akan membuat tubuh nggak fit.

Tidurlah yang cukup untuk memulihkan kembali stamina dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh agar dapat menghadapi banjir tanpa khawatir terserang penyakit.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa tips menjaga kesehatan saat banjir melanda. Semoga airnya cepat surut ya!