Tips Meredakan Migrain Yang Mengganggu Tanpa Obat-obatan

02 July 2018, at 02:00
1
0
Tips Meredakan Migrain Yang Mengganggu Tanpa Obat-obatan

Selain menimbulkan rasa nyeri berdenyut di salah satu sisi kepala, sakit kepala sebelah yang sering disebut dengan migrain ini kerapkali mengganggu aktivitas, karena dapat berlangsung terus-menerus selama 4 jam hingga 72 jam. Bahkan, menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, migrain termasuk salah satu dari 20 kondisi medis yang paling melumpuhkan di seluruh dunia.   Kondisi kompleks yang dapat melemahkan penderitanya ini biasanya disertai dengan munculnya gejala atau tanda peringatan yang terjadi beberapa saat sebelumnya. Gejala tersebut umumnya berupa pandangan mata sedikit buta, adanya kilatan cahaya, peningkatan kepekaan terhadap cahaya dan suara, munculnya rasa kesemutan di lengan dan kaki, bahkan ada juga yang mengalami mual hingga muntah.   Penyakit kepala sebelah yang diduga disebabkan karena adanya perubahan kimia dalam otak umumnya dipicu oleh beberapa faktor potensial seperti stres, rokok, alkohol, pancaran cahaya yang terlalu terang, postur tubuh yang buruk, gula darah rendah, dan fluktuasi hormon. Bahkan menurut sebuah penelitian, 75% penderita migrain tersebut memiliki kecenderungan riwayat penyakit yang sama dalam keluarga.   Buat kamu yang sering mengalami migrain, jangan keburu mengambil obat pereda rasa sakit dahulu, cobalah beberapa pengobatan rumahan alami berikut ini yang dipercaya dapat mengurangi nyeri pada sakit kepala sebelah.

 

pxhere.com

 

Minum kopi

Kopi atau minuman yang mengandung kafein dipercaya dapat meredam rasa nyeri akibat sakit kepala sebelah. Meski demikian, jangan sampai dosis minum kopi saat migrain menyebabkan ketergantungan sehingga melewati dosis yang dianjurkan.

 

Kompres es

Pengobatan alami yang satu ini cukup populer digunakan untuk meredakan rasa sakit. Kompres pelipis, dahi, dan bagian belakang leher dengan beberapa buah es batu yang dibungkus handuk bersih selama kurang lebih 10 sampai 15 menit. Ulangi hingga sakit mereda.

 

Pijat pelipis

Gunakan minyak pijat atau minyak oles untuk memijat pelipis dan sekitar leher yang kaku untuk membuat tubuh terasa lebih nyaman dan rasa nyeri migrain dapat berkurang.

 

Mengunyah jahe

Selama ini jahe terbukti efektif untuk mengatasi sakit kepala sebelah. Kunyah sepotong jahe mentah untuk meringankan gejala sakit kepala sebelah atau minum teh jahe saat migrain mulai menyerang.

 

Istirahat di ruangan gelap

Beberapa penderita migrain menjadi sangat sensitif dengan cahaya saat serangan sakit kepala terjadi. Jika itu terjadi segeralah beristirahat di ruangan yang gelap untuk mengurangi sinar silau pada mata agar dapat mengurangi rasa sakit yang terjadi.

 

Nah, itulah beberapa tips yang dapat dicoba untuk meredakan sakit kepala sebelah atau migrain. Selain itu cobalah untuk melakukan relaksasi otot seperti yoga dan meditasi serta mengatur gaya hidup sehat seperti cukup tidur, minum air sesuai dosis yang disarankan, serta mengonsumsi makanan rendah karbohidrat dan tinggi protein untuk menghindari terjadinya serangan migrain.
0 Comment