Tips Perawatan Wajah Praktis untuk Kamu yang Sering Traveling dengan Pesawat

31 December 2018, pada 02:30
1
0
Tips Perawatan Wajah Praktis untuk Kamu yang Sering Traveling dengan Pesawat

Di musim liburan seperti sekarang ini, pesawat jadi salah satu alat transportasi utama bagi sebagian orang untuk menghemat waktu. Apalagi bila jarang yang ditempuh memang terlampau jauh.

Tapi tahukah kamu, kalau kondisi di dalam pesawat ternyata punya dampak yang buruk bagi kulit? Rendahnya kelembaban dalam kabin bisa membuat wajah kekurangan cairan dan menjadi sangat kering.

Kamu pasti tak mau kan liburanmu kacau karena kesehatan wajah terganggu akibat lamanya penerbangan? Nah, supaya terhindar dari masalah ini, yuk simak tips perawatan wajah praktis untuk kamu yang sering travelling menggunakan pesawat berikut ini.

1. Gunakan Masker di Malam Sebelum Penerbangan

menggunakan masker di malam hari
thenypost.wordpress.com

Perawatan wajah ekstra, harus mulai dilakukan sebelum hari penerbangan tiba. Tujuan utamanya adalah untuk menghidrasi kulit.

Maka dari itu, kamu bisa melembabkan wajah di malam sebelum penerbangan menggunakan masker. Sebaiknya, pilih masker yang berbahan dasar aloe vera, jojoba oil, olive oil, atau madu.

Sebab, bahan-bahan ini efektif untuk memberi kelembaban ekstra untuk wajahmu.

2. Bersihkan Wajah dari Makeup

wanita di bandara
cloudfront.net

Seperti perempuan kebanyakan, kamu mungkin ingin tampil dengan makeup saat menuju bandara. Ini tak masalah, tapi pastikan untuk menghapus riasan ketika mau boarding.

Hal ini untuk mengindari penyumbatan minyak dan sel kulit mati selama perjalanan yang bisa memicu timbulnya jerawat. Supaya lebih praktis, kamu bisa bersihkan makeup menggunakan cleansing wipes yang sesuai dengan tipe kulit.

3. Aplikasikan Pelembab Sebelum Take Off

wanita memakai pelembab
lorealparisusa.com

Dikutip dari harpersbazaar.co.id, seorang ahli dermatologi bernama dr. Howard Sobel mengatakan bahwa kondisi di dalam pesawat sama dengan berada di gurun dengan suhu 35 derajat.

Hal ini tentunya bisa membuat kulit kering, mengelupas, produksi minyak jadi tak terkontrol, bahkan menimbulkan jerawat. Untuk mengantisipasinya, aplikasikan pelembab sebelum pesawat take off.

4. Lanjutkan dengan Penggunaan Sunscreen

sunscreen
nourishedlife.com.au

Selain penggunaan pelembab, kamu juga tak boleh melewatkan sunscreen. Menurut Joshua Zeichner, seorang asisten profesor di Mount Sinai Medical Center, ketinggian pesawat membuat kita berada lebih dekat dengan matahari.

Akibatnya, risiko kulit 'terbakar' jadi lebih tinggi. Dikatakan juga kalau pilot dan pramugari adalah orang yang paling rentan terkena kanker kulit.

Nah untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV, penggunaan sunscreen tentu tak boleh dilewatkan. Disarankan pula untuk mengaplikasikan ulang produk ini bila penerbanganmu berlangsung lebih dari dua jam.

Baca juga: Tips Packing Makeup dan Skincare Selama Liburan, Praktis dan Aman

5. Hindari Penggunaan Face Mist Selama Penerbangan

face mist
allure.com

Face mist yang sangat praktis memang bisa menghidrasi kulit secara instan. Tapi penggunaannya ketika di dalam pesawat justru tidak disarankan.

Dalam kondisi kabin yang kering, udara akan berusaha menghisap cairan yang berada di sekitarnya. Bila kamu menyemprotkan face mist, kandungannya malah lebih banyak diserap oleh udara.

Cairan yang mengenai kulit pun akan cepat menguap dan berpotensi membuat wajahmu jadi lebih kering.

6. Banyak Konsumsi Air Putih

perempuan minum air putih di pesawat
independent.co.uk

Selain menjaga kulit dengan skincare, jangan lupa untuk terus menghidrasi tubuh dengan banyak minum air  putih. Hal ini bisa kamu lakukan sebelum, saat, dan setelah penerbangan.

Sebagai tips, hindari untuk minum kopi, teh, soda, atau alkohol. Karena minuman ini bisa membuat tubuh lebih cepat dehidrasi.

Apabila ingin mengonsumsi selain air putih, kamu bisa memilih minuman yang mengandung vitamin C. Karena antioksidan di dalamnya akan membantu menangkal radikal bebas.

7. Jaga Kelembaban dengan Sheet Mask

menggunakan sheet mask di pesawat
ctfassets.net

Bila penerbanganmu berlangsung lama, kamu bisa menjaga kelembaban dengan sheet mask. Terlebih bila perjalananmu menempuh jarak yang lebih dari lima jam.

Sheet mask yang sangat praktis bisa menutrisi dan melembabkan kulit secara maksimal karena essence di dalamnya yang sangat melimpah. Kamu bisa tepuk tepuk lembut pada wajah setelah mengaplikasikannya agar kandungannya terserap sempurna.

8. Gunakan Face Mist

menggunakan face mist
onlymyhealth.com

Kamu memang tidak dianjurkan untuk mengaplikasikan face mist selama penerbangan berlangsung. Tapi kamu bisa menyemprotkannya ke wajah ketika pesawat sudah mulai menyentuh bandara tujuan.

Skincare yang satu ini akan membantumu tampil lebih segar saat keluar dari pesawat.

Nah, itulah beberapa tips perawatan wajah untuk kamu yang sering liburan atau bepergian dengan menggunakan pesawat. Gimana, praktis dan gampang dilakukan bukan?

0 Komentar