Tol Pandaan-Malang Dibuka Gratis Mulai Hari Ini, Cek Jadwal Satu Arahnya!

21 December 2018, at 04:49
2
0
Tol Pandaan-Malang Dibuka Gratis Mulai Hari Ini, Cek Jadwal Satu Arahnya!

Tol Pandaan-Malang atau Malang-Pandaan sudah resmi dibuka secara gratis mulai hari ini, Jumat (21/12/2018) sampai hari Kamis (3/01/2019). Hal tersebut dilakukan demi mengatasi kemacetan yang diperkirakan akan terjadi ketika libur panjang Hari Raya Natal dan tahun baru 2019.

Seperti yang telah diketahui, setiap momen liburan tiba kota Malang akan menjadi alternatif kota wisata yang menarik bagi sebagian masyarakat Indonesia, khusunya warga Surabaya dan sekitarnya. Alhasil jalur reguler Surabaya-Malang dan sebaliknya akan menjadi sangat padat saat liburan datang.

tol pandaan malang
instagram.com/tolpandaanmalang

Dibuka secara gratis, terdapat beberapa peraturan terkait jadwal satu arah dan jam operasional dari tol Pandaan-Malang. Para pengguna tol harus memperhatikan pola pengaturan arus lalu lintas yang diberlakukan tersebut.

Sesuai kesepakatan hasil Rakor lintas sektoral di kantor PT Jasa Marga Pandaan dan hasil konsolidasi Kasat Lantas Pasuruan, Malang Kota, dan Malang, ditetapkan pengaturan arus jalan tol Pandaan-Malang sebagai berikut:

  • Pada tanggal 21-25 Desember 2018, tol difungsikan satu arah menuju Malang atau jalur Surabaya-Malang.
  • Pada tanggal 26-27 Desember 2018, tol digungsikan satu arah menuju Surabaya atau jalur Malang-Surabaya.
  • Pada tanggal 28-31 Desember 2018, tol difungsikan satu arah menuju Malang atau jalur Surabaya-Malang.
  • Pada tangga; 1-3 Januari 2019, tol difungsikan satu arah menuju Surabaya atau jalur Malang-Surabaya.

Baca juga: 10 Potret Kota Surabaya yang Dipenuhi Bunga Tabebuya, Mirip Negeri Sakura Jepang

jadwal tol pandaan-malang
instagram.com/malangpostonline

Jam operasional jalan tol Pandaan-Malang adalah mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB, atau seletif prioritas melihat situasi di lapangan, sama seperti saat dibuka pada Hari Raya Idulfitri 2018 lalu.

Apabila jalur fungsional tersebut mengalami kenaikan volume secara signifikan atau terlalu padat, maka akan dialihkan ke jalur arteri.

Hal ini dilakukan karena penerangan jalan umum belum terpasang sepenuhnya. Kendaraan yang dapat melalui jalur fungsional ini hanya kendaraan golongan 1 non bus.

pemandangan tol pandaan malang
photomalang.com

Sebagai catatan, jalan tol ini merupakan jalan fungsional atau darurat ketika arus mudik Hari Raya Natal dan tahun baru terlalu padat. Jalur ini diamankan oleh 152 personil yang disebar dibeberapa titik.

Dengan beroperasinya jalur fungsional ini, diharapkan dapat mengurangi kemacetan dan memangkas waktu tempuh dari Surabaya menuju Malang atau sebaliknya. Pengendara juga akan disuguhkan dengan pemandangan indah selama perjalanan.

Kabar ini tentu seperti angin segar bagi kamu yang ingin liburan kan? Perhatikan jadwalnya dan tetap hati-hati di perjalanan. Selamat berlibur!

0 Comment