Qupas Travel

Tradisi Unik di Indonesia yang Ekstrem dan Nggak Akan Kamu Temukan di Negara Lain

22 April 2020, at 06:36
1
Tradisi Unik di Indonesia yang Ekstrem dan Nggak Akan Kamu Temukan di Negara Lain

Kekayaan Indonesia memang beragam, termasuk suku, adat, dan budayanya. Suku-suku yang ada di Indonesia pun memiliki tradisi. Inilah yang membuat Nusantara semakin menarik.

Terlebih lagi di antara tradisi-tradisi tersebut, beberapa bisa dibilang ekstrem dan sangat unik. Sampai sekarang, sebagian besar masih eksis, lho.

Simak deh ulasan singkat di bawah ini supaya kamu nggak makin penasaran!

1. Tradisi Potong Jari, Papua

Tradisi Potong Jari Papua (Foto: travel.detik.com)
travel.detik.com

Suku Dani yang terletak di Lembah Baliem, Papua memiliki cara tersendiri untuk mengutarakan kesediahannya. Ikipalin namanya.

Tradisi ini dilakukan dengan cara memotong jari saat ada anggota keluarganya atau kerabat yang meninggal. Konon, hal ini dilakukan guna mencegah malapetaka yang membuat nyawa anggota keluarga lainnya ikut hilang.

Tapi, seiring dengan semakin terbukanya Suku Dani, tradisi di Indonesia yang satu ini sudah mulai ditinggalkan.

2. Ma'nene di Tana Toraja

Manene Tana Toraja (Foto: instagram.com/posts_from_the_edge)
instagram.com/posts_from_the_edge

Ma'nene dilakukan sebagai bentuk penghormatan masyarakat Toraja pada roh leluhur. Tradisi yang berbau mistis ini dilakukan dengan cara 'membangkitkan' mayat keluarga atau kerabat.

Setiap 3 tahun sekali, makam leluhur penduduk sengaja digali. Jasad dikeluarkan dari peti untuk ditandani, baik dengan mengganti pakaian formal seperti akan menghadiri pesta. Kemudian jasad tersebut diarak keliling kampung oleh anggota keluarga yang masih hidup.

Biasanya, Ma'nene dilakukan pasca panen besar di bulan Agustus. Tapi ada juga yang menyelenggarakannya pada September.

3. Debus, Banten

Debus Banten (Foto: pesona.travel)
pesona.travel

Tradisi unik Indonesia yang ekstrem selanjutnya dari Banten. Debus namanya. Atraksi ini menampilkan kekebalan dari tubuh manusia terhadap berbagai macam benda tajam, benda keras, bara api, maupun barang yang nggak lazim lainnya.

Konon, pemain debus yang melakukan aksi kekebalan tersebut mengaku tubuhnya nggak terasa sakit sama sekali. Menariknya lagi, meski tampak mengerikan, atraksi ini juga dinilai memiliki sisi religius.

Selain menyiapkan fisik dari pemain hingga alat musik untuk mengiringi pertunjukan, di balik atraksi Debus juga ada orang yang ditugaskan untuk berdzikir. Tujuannya agar aksi tersebut bisa berjalan dengan lancar.

Baca juga: Berkenalan dengan Suku Polahi yang Punya Tiga Tuhan dan Tradisi Perkawinan Sedarah

4. Tatung, Singkawang

Tatung Singkawang (Foto: instagram.com/travelpixelz)
instagram.com/travelpixelz

Seperti debus di Banten, Tatung akan membuatmu ngeri saat menyaksikannya. Ada ratusan orang yang berpartisipasi dalam tradisi untuk meramaikan Cap Go Meh di Singkawang ini.

Dalam Bahasa Hakka, Tatung bermakna 'roh dewa'. Untuk tetap menjaga kesaktiannya, partisipan haus melakukan beberapa ritual. Seperti puasa makan daging setiap tanggal 1 dan 15 setiap bulan berdasarkan penanggalan Tiongkok.

5. Kebo-keboan, Banyuwangi

Kebo Keboan Banyuwangi (Foto: instagram.com/ayubardiyono)
instagram.com/ayubardiyono

Kabupaten di ujung timur Pulau Jawa ini punya tradisi unik bernama 'Kebo-keboan'. Khususnya bagi Suku Osing, kegiatan ini digelar guna memohon kesuburan sawah dan hasil panen yang melimpah.

Biasanya, tradisi ini dilakukan di Desa Alasmalang dan Alian pada 10 Muharram atau Suro. Awalnya, acara dilakukan dengan mengarak orang yang kerasukan roh gaib untuk dibawa ke Rumah Kebudayaan Kebo-keboan. Selanjutnya diakhiri dengan adanya Dewi Kesuburan dan Dewi Sri yang menaburkan padi pada para petani dan 'kebo'.

Yang unik dari tradisi ini adalah ketika para petani akan 'menjelma' jadi kerbau dan berjalan mengelilingi kampung. Konon, mereka juga akan kehilangan kesadaran dan berperilaku seperti kerbau asli karena dirasuki roh.

6. Ritual Tiwah, Kalimantan Tengah

Ritual Tiwah (Foto: instagram.com/marzayadie)
instagram.com/marzayadie

Nggak kalah unik dan ekstrem, di Kalimantan Tengah ada tradisi khusus yang dilakukan untuk orang yang sudah lama meninggal. Biasanya dilakukan oleh Suku Dayak, acara ini dilakukan dengan cara mengantarkan tulang orang yang sudah tiada ke rumah bernama Sandung.

Konon, ritual ini bertujuan untuk meluruskan perjalanan para arwah menuju Lewu Tatau atau surga serta melepaskan kesialan bagi keluarga yang sudah ditinggalkan.

Wah, tradisi unik di Indonesia ternyata banyak juga ya? Beberapa diantaranya bahkan ada yang cukup ekstrem.