Tradisi Unik Sambut Ramadhan dari Berbagai Daerah di Indonesia, Sudah Tahu?

05 May 2019, at 17:00
0
0
Tradisi Unik Sambut Ramadhan dari Berbagai Daerah di Indonesia, Sudah Tahu?

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Kamu bisa mulai dengan hal-hal kecil seperti membersihkan rumah, menata ulang lemari pakaian, dan lain sebagainya.

Nggak cuma dilakukan oleh personal atau pribadi, penyambutan bulan puasa juga dilakukan bersama-sama dalam bentuk tradisi.

Berikut ini 7 tradisi unik untuk menyambut bulan puasa sebagai bentuk ucapan rasa syukur yang harus kamu ketahui.

Baca Juga: Selain Niat, Ini Hal-Hal yang Harus Kamu Lakukan Menjelang Puasa

1. Munggahan

mungguhan
erlanggaprnet.blogspot.com

Munggahan merupakan tradisi menyambut puasa yang dilakukan oleh orang Sunda. Kegiatan tersebut meliputi berkumpul dengan anggota keluarga, sahabat, dan teman-teman sambil menikmati makanan.

Hal ini dilakukan oleh hampir seluruh golongan masyarakat untuk saling bermaaf-maafan demi mempersiapkan diri dan menyambut kedatangan bulan Ramdhan.

2. Jalur Pacu

jalur pacu
traveltodayindonesia.com

Mirip dengan lomba dayung, jalur pacu merupakan tradisi masyarakat di Kabupaten Kuantan Singingi, Riau untuk menyambut bulan puasa.

Tradisi tersebut digerlar di sungai-sungai di Riau dengan menggunakan perahu tradisional dan dimeriahkan oleh seluruh masyarakat. Kegiatan ini akan ditutup dengan “balimau kasai” atau bersuci menjelang matahari terbenam hingga malam.

3. Nyorog

nyorog
rumahkreasi.id

Nyorog merupakan kebiasaan atau tradisi yang dilakukan oleh orang Betawi untuk menyambut Ramdhan.

Ini merupakan kegiatam membagikan bingkisan makanan kepada anggota keluarga yang lebih tua, seperti bapak, ibu, nenek, paman, dan lain sebagainya.

Tradisi ini sudah berjalan lama, meskipun sudah mulai ditinggalkan namun masih banyak juga yang melakukan. Hal ini bertujuan untuk saling mengingatkan bahwa bulan puasa sudah hampir tiba.

Baca Juga: Iklan-Iklan Khas Ini Menjadi Tanda Kedatangan Bulan Puasa Lho!

4. Padusan

padusan
soloraya.solopos.com

Padusan merupakan tradisi yang ada di beberapa daerah, termasuk Klaten, Boyolali, Salatiga, dan Yogyakarta.

Upacara pembersihan diri dengan berendam atau mandi di sumber mata air tempat-tempat yang diangaap keramat ini dimaksudkan untuk membuat seseorang melakukan ibadah puasa secara lahir dan batin.

5. Meugang

meugang
acehpressphoto.com

Unik, masyarakat di Aceh menyambut bulan suci Ramdhan dengan menyembelih kambing atau kerbau. Tradisi ini disebut dengan istilah “meugang”.

Menurut masyarakat Serambi Mekah ini, tradisi tersbeut sudah dilakukan sejak zaman kerajaan. Bahkan apabila ada warga yang nggak mampu membeli daging, maka yang lainnya akan membantu agar semua dapat menikmati makanan tersebut sebelum menjalankan puasa.

6. Balimau

balimau
jurnalasia.com

Tradisi balimau memiliki makna dan cara pelaksanaan yang sama dengan trasisi padusan, yaitu membersihkan diri dengan mandi bersama-sama di tempat pemandian.

Kegiatan tersebut dilakukan oleh masyarakat Padang, Sumatera Barat, untuk membersihkan jiwa dan raga sebelum berpuasa.

7. Dugderan

dugduran
liputan6.com

Tradisi dugeran berasal dari kota Semarang dan sudah berumur ratusan tahun lamanya. Kegiatan ini biasanya dilakukan satu atau dua minggu sebelum Ramadhan.

Saking besarnya, tradisi ini sudah menjadi sesuatu yang dinantikan seperti sebuah pesta rakyat. Meskipun begitu, proses ritual atau pengumuman awal puasa selalu menjadi puncak acaranya.

Nah, itu dia Sobat Qupas 7 tradisi unik di beberapa daerah Indonesia untuk menyambut bulan puasa. Kamu pernah ikut yang mana?

0 Comment