Tujuh Air Terjun di Cianjur yang Akan Membuatmu Kembali Segar dan Rileks

17 July 2018, at 05:06
3
0
Tujuh Air Terjun di Cianjur yang Akan Membuatmu Kembali Segar dan Rileks
 

Cianjur memiliki wilayah yang sangat luas. Mulai dari daerah Puncak di Sekitar Bogor hingga ke Pantai Selatan. Itulah mengapa, ada banyak pilihan wisata di kabupaten ini termasuk Curug atau Air Terjun. Kamu bisa mengunjungi air terjun yang bentuknya melebar seperti Niagara atau berenang sambil melihat aliran penuh kesegaran. Berikut ini adalah tujuh air terjun di Cianjur.

 

1. Curug Cikondang

 

Instagram  @handy_nw

Curug Cikondang berada di sekitar sawah milik warga sehingga ada perpaduan serasi antara jernihnya air dengan hijaunya padi. Ketinggiannya mencapai 50 meter dengan debit air yang cukup deras. Fasilitas yang tersedia memang belum memadai, tapi keindahannya bisa memikat mata dan hati. Langung saja datang ke Desa Wangunjaya, Kecamatan Cempaka untuk menikmati Curug Cikondang. Dari lokasi parkir yang berada di desa terdekat, kamu harus berjalan kaki melewati jalan setapak terlebih dahulu. Tiketnya dihargai sekitar Rp5.000 sewaktu tulisan ini diterbitkan. Pulang dari sini, kamu bisa berkunjung juga ke Situs Gunung Padang karena jaraknya lumayan dekat.

 

2. Curug Ngebul

 

Instagram @abee_aries

Karena memiliki kolam untuk bermain air dan menikmati kesejukan, air terjun di Cianjur ini buka selama 24 jam.  Lokasinya ada di Desa Bunijaya, Pagelaran. Dinamakan ngebul karena air yang jatuh di objek wisata ini seperti mengeluarkan asap yang mengepul. Sebelum melihat kecantikan Curug di perbatasan Cianjur dan Bandung ini, kamu harus menaklukan akses jalan yang tidak mudah. Letaknya memang masih tersembunyi dan dikelilingi oleh panorama mengagumkan. Ada pepohonan rindang hingga taman bunga menakjubkan. Jika kamu tidak ingin berjalan terlalu jauh, bisa menggunakan kendaraan roda dua. Bisa juga memakai mobil, tapi dilanjutkan dengan jalan kaki atau naik ojek.

 

3. Curug Citambur

 

Instagram @ _kopites_man

Curug Citambur inilah yang jadi idam-idaman para pemburu air terjun dari berbagai tempat. Keindahannya dianggap menyerupai negeri dongeng. Tebing batu yang menghijau diselimuti lumut semakin menambah daya tariknya. Selain itu, Curug Citambur juga sangat tinggi dengan debit air yang besar, sehingga menciptakan sebuah atraksi alam yang memanjakan mata. Ingat untuk selalu berhati-hati dan tidak terlalu dekat dengan titik jatuhnya air karena sangat berbahaya. Udara di sini cenderung dingin dan basah. Jangan buang-buang waktu lagi, segera datang ke Curug Citambur di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pasir Kuda.

 

4. Curug Dadali

 

Instagram @reffaerlita

Curug Dadali lah yang memiliki julukan sebagai Niagara Mini. Bentuknya memang melebar dan cukup tinggi dengan debit air deras menyerupai tirai-tirai benang berwarna putih. Di sekitar Curug Dadali ada pepohonan rindang yang menyumbang kesejukan. Begitu alami dan membuat hati berseri-seri serta pikiran jadi lebih segar. Lokasi Curug Dadali berada di Kampung Lebaksaat, Wargaasih, Kadupandak.

 

5. Curug Ciastana

 

Instagram @abee_aries 

Curug Ciastana masih belum banyak terjamah dan letaknya juga tersembunyi. Pemandangan indah yang ditawarkan akan membuat kamu melupakan segala lelah saat menuju ke sini. Memang jalurnya cukup jauh kalau ditempuh dengan jalan kaki dan penuh degan tantangan. Jadi kamu harus selalu berhati-hati. Pengunjung bisa bermain air jika cuacanya sedang baik. Curug Ciastana berada di Desa Bojongkasih, Kecamatan Kedupandak

 

6. Curug Dengdeng

 

Instagram @ibnuhaitsam

Yang paling menarik dari Curug Dengdeng adalah tebing batu yang berwarna cerah dan nampak mengkilat karena tersapu dengan aliran air. Saat musim kemarau, debit airnya kecil, tapi tetap terlihat indah dan mengagumkan. Ada kolam alami di bagian bawah yang warnanya kebiruan.  Air terjun yang berada di Kampung Gunung Putri Kecamatan Cianjur ini cukup aman digunakan untuk berenang jika cuacanya mendukung.

 

7. Curug Cibereum

 

Instagram @akbaragustio

Curug Cibereum dianggap sabagai salah satu air terjun paling cantik di Cianjur. Lokasinya sendiri berada di area Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Tepatnya berada di Desa Sindang Laya, Kecamatan Pacet. Butuh usaha dan nyali untuk sampai di Curug Cibereum karena masih alami dan tersembunyi.  Sesekali saat melewati belantara, kamu akan bertemu dengan hewan hinga bunga-bunga liar.  

Itulah tujuh air terjun di Cianjur untuk nyebur bermain air dan menyegarkan pikiran. Kamu ingin mulai bertualang dengan berkunjung ke mana dulu nih?

 

Sumber : Instagram @ _kopites_man

0 Comment