Uang Maharmu Dilipat-Lipat hingga Berbentuk seperti ini? Bersiaplah Masuk Penjara

27 November 2018, at 02:24
3
40
Uang Maharmu Dilipat-Lipat hingga Berbentuk seperti ini? Bersiaplah Masuk Penjara

Di sebuah pernikahan, selalu adanya sebuah mahar untuk meminang sang wanita pujaan hati. Sejak dulu, mahar yang diberikan oleh sang calon suami bisa berupa uang lembaran atau bahkan emas batangan.

Semakin berkembangnya waktu, kini banyak sekali model atau bahkan bentuk mahar yang diberikan. Salah satunya saja, bentuk-bentuk cantik dari lipatan uang yang kemudian bisa diunggah di media sosial. Siapa yang tidak mau memiliki seserahan berupa uang dengan indah di dalam pigora?

uang mahar
tribunglobal.blogspot.com

Namun tahu kah kamu dengan melipat, menempelkan dengan staples, dan mencorat-coret Rupiah justru bisa membuatmu terkena pasal pidana. Hal tersebut tentu menyalahi aturan perundang-undangan.

Sudah ada aturan tentang penggunaan uang dengan benar, seperti yang tertulis dalam Undang-Undang no.7 tahun 2011, pasal 35.

Baca juga : Pesta Pernikahan Paling Greget, Jangan Ditiru ya!

“Setiap orang yang dengan mengaja merusak, memotong, menghancurkan, dan atau mengubah Rupiah dengan maksud merendahkan kehormatan Rupiah sebagai simbol negara sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 25 Ayat (1) akan dipidana penjara peling lama lima tahun dan denda maksimal sebanyak Rp 1 miliar”.

Nah sekarang jadi semakin tahu, kalau memberikan mahar dengan uang asli dalam keadaan uang sudah terlipat itu adalah sebuah kejahatan. Lebih baik hindari deh, kamu bisa menyiasati dengan cara menggantinya dengan uang mainan.

dilarang melipat uang
tribunglobal.blogspot.com

Bisa juga menyerahkan mahar berupa sketsa wajah dengan uang kertas tanpa dilipat. Jadi, uang masih terlihat bagus tanpa rusak karena lipatan. Tentu butuh skill kerapaian dalam menatanya yang tinggi. Hanya saja, kamu tidak merusak keindahan Rupiah itu sendiri.

Dan juga, susun rapi Rupiah dalam jumlah yang sebagian saja. Untuk selebihnya berikan dalam sebuah amplop. Hal itu karena uang yang disusun dalam sebuah pigora hanyalah sebuah simbolis semata.

Kamu dan calon istrimu pun tetap bisa memiliki seserahan uang kertas yang instagenik di momen bahagia tanpa terkena pasal pidana. Jadi gimana? masih berkeinginan membuat seserahan dalam bentuk uang asli?

Ayo bijak menggunakan uang!

40 Comment
Indah Talib
19/06 - 08:53
Berita hoax m percya :V
Hairun Noor
18/06 - 23:51
Yang namanya MAHAR itu sebetulnya dalam bentuk uang kontan agar bisa lebih mudah digunakan oleh mempelai perempuan........... Karena yng namanya MAHAR itu adalah HARGA DIRI dari seorang perempuan yang ingin dinikahi..... Dan ingat......!!! Mahar dari pihak laki-laki untuk perempuan yang mau dinikahinya itu pun kalau orang tua dari pihak perempuan kalau mau menggunakannya harus seijin atau persetujuan dari calon pengantin (perempuan yang diberi mahar) Begitu pula bagi calon pengantin laki-laki kalau sebagian mahar yang sdh mendapat persetujuan dari calon pengantin perempuan itu digunakan untuk membeli perangkat makanan dan calon penganten laki-laki dilarang ikut menikmati atau memakannya..... Begitulah dalam aturan Islam sebenarnya.......
Arawan
18/06 - 08:10
Klo seni merangkai uang mahar dikatakan melanggar UU,,,apa kabar nya dgn seni nyelipin duit di BH bagi ibu
Arawan
18/06 - 08:08
Klo disuruh pake duit maenan berarti nikah nya juga maenan
Chandra Zantman
18/06 - 04:00
lah duit duit dia kenapa di penjara dah... mau dibakar juga kan hak yang punya
Iwansyach
17/06 - 16:40
Dear admin, kata "rusak" yg tertuang di undang2 itu gmn maksudnya? Krn menurut saya dengan melipat itu tidak merusak uang, juga tidak membuat uang tidak laku, jgn sama kan dong uang Indonesia dg USD, kalau dg melipat bisa kena pidana emak2 dipasar banyak kena pidana dong, trus tukang parkir juga, uang 2 ribu perak kembalian belanjaan ga bakal di rapihin, uang mahar juga ga dirubah bentuk bentuknya tetep lembaran persegi panjang, bukan jd burung atau mesjid, coba deh lepas trus buka gulungan atau lipatannya, tetap ga berubah, atau merendahkan kehormatannya apa lagi merenggut kehormatannya, sumpahhh ngga min, bahkan dia dihormati dg dikasih figura, disusun biar cantik
Thimy Opi
17/06 - 07:23
Klo uang mainan sih tidak apa2
Aries Asoy
17/06 - 05:01
Uud yang terlalu lebay.... Itu kah krearifitas....bukan mersak
Suryanto
16/06 - 23:59
Betul, bgaimna indonesia maju,kalau msyarakatnya tidak bisa mrnghormati uang,lambang negara,dan pemerintah. Fungsi uang sbagai alat tukar/ transaksi bukan untuk hiasan bego kok dipelihara.
Anjing Jak
16/06 - 23:07
Merusak kehormatan uang masuk penjara,,,,padahal cuma melipat menjadi bentuk2 yg indah bukannya merobek atau memotong dan uang juga masih bisa di pakai serta di rapikan,,,,terus apa kabar dengan orang2 yg suka merusak kehormatan orang lain serta mental orang lain ????? Itu bisa seseorang menjadi tidak percaya diri hingga sampai bunuh diri loh....