Uang Maharmu Dilipat-Lipat hingga Berbentuk seperti ini? Bersiaplah Masuk Penjara

27 November 2018, pada 02:24
2
0
Uang Maharmu Dilipat-Lipat hingga Berbentuk seperti ini? Bersiaplah Masuk Penjara

Di sebuah pernikahan, selalu adanya sebuah mahar untuk meminang sang wanita pujaan hati. Sejak dulu, mahar yang diberikan oleh sang calon suami bisa berupa uang lembaran atau bahkan emas batangan.

Semakin berkembangnya waktu, kini banyak sekali model atau bahkan bentuk mahar yang diberikan. Salah satunya saja, bentuk-bentuk cantik dari lipatan uang yang kemudian bisa diunggah di media sosial. Siapa yang tidak mau memiliki seserahan berupa uang dengan indah di dalam pigora?

uang mahar
tribunglobal.blogspot.com

Namun tahu kah kamu dengan melipat, menempelkan dengan staples, dan mencorat-coret Rupiah justru bisa membuatmu terkena pasal pidana. Hal tersebut tentu menyalahi aturan perundang-undangan.

Sudah ada aturan tentang penggunaan uang dengan benar, seperti yang tertulis dalam Undang-Undang no.7 tahun 2011, pasal 35.

Baca juga : Pesta Pernikahan Paling Greget, Jangan Ditiru ya!

“Setiap orang yang dengan mengaja merusak, memotong, menghancurkan, dan atau mengubah Rupiah dengan maksud merendahkan kehormatan Rupiah sebagai simbol negara sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 25 Ayat (1) akan dipidana penjara peling lama lima tahun dan denda maksimal sebanyak Rp 1 miliar”.

Nah sekarang jadi semakin tahu, kalau memberikan mahar dengan uang asli dalam keadaan uang sudah terlipat itu adalah sebuah kejahatan. Lebih baik hindari deh, kamu bisa menyiasati dengan cara menggantinya dengan uang mainan.

dilarang melipat uang
tribunglobal.blogspot.com

Bisa juga menyerahkan mahar berupa sketsa wajah dengan uang kertas tanpa dilipat. Jadi, uang masih terlihat bagus tanpa rusak karena lipatan. Tentu butuh skill kerapaian dalam menatanya yang tinggi. Hanya saja, kamu tidak merusak keindahan Rupiah itu sendiri.

Dan juga, susun rapi Rupiah dalam jumlah yang sebagian saja. Untuk selebihnya berikan dalam sebuah amplop. Hal itu karena uang yang disusun dalam sebuah pigora hanyalah sebuah simbolis semata.

Kamu dan calon istrimu pun tetap bisa memiliki seserahan uang kertas yang instagenik di momen bahagia tanpa terkena pasal pidana. Jadi gimana? masih berkeinginan membuat seserahan dalam bentuk uang asli?

Ayo bijak menggunakan uang!

0 Komentar