Uang Maharmu Dilipat-Lipat hingga Berbentuk seperti ini? Bersiaplah Masuk Penjara

27 November 2018, at 09:24
3
50
Uang Maharmu Dilipat-Lipat hingga Berbentuk seperti ini? Bersiaplah Masuk Penjara

Di sebuah pernikahan, selalu adanya sebuah mahar untuk meminang sang wanita pujaan hati. Sejak dulu, mahar yang diberikan oleh sang calon suami bisa berupa uang lembaran atau bahkan emas batangan.

Semakin berkembangnya waktu, kini banyak sekali model atau bahkan bentuk mahar yang diberikan. Salah satunya saja, bentuk-bentuk cantik dari lipatan uang yang kemudian bisa diunggah di media sosial. Siapa yang tidak mau memiliki seserahan berupa uang dengan indah di dalam pigora?

uang mahar
tribunglobal.blogspot.com

Namun tahu kah kamu dengan melipat, menempelkan dengan staples, dan mencorat-coret Rupiah justru bisa membuatmu terkena pasal pidana. Hal tersebut tentu menyalahi aturan perundang-undangan.

Sudah ada aturan tentang penggunaan uang dengan benar, seperti yang tertulis dalam Undang-Undang no.7 tahun 2011, pasal 35.

Baca juga : Pesta Pernikahan Paling Greget, Jangan Ditiru ya!

“Setiap orang yang dengan mengaja merusak, memotong, menghancurkan, dan atau mengubah Rupiah dengan maksud merendahkan kehormatan Rupiah sebagai simbol negara sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 25 Ayat (1) akan dipidana penjara peling lama lima tahun dan denda maksimal sebanyak Rp 1 miliar”.

Nah sekarang jadi semakin tahu, kalau memberikan mahar dengan uang asli dalam keadaan uang sudah terlipat itu adalah sebuah kejahatan. Lebih baik hindari deh, kamu bisa menyiasati dengan cara menggantinya dengan uang mainan.

dilarang melipat uang
tribunglobal.blogspot.com

Bisa juga menyerahkan mahar berupa sketsa wajah dengan uang kertas tanpa dilipat. Jadi, uang masih terlihat bagus tanpa rusak karena lipatan. Tentu butuh skill kerapaian dalam menatanya yang tinggi. Hanya saja, kamu tidak merusak keindahan Rupiah itu sendiri.

Dan juga, susun rapi Rupiah dalam jumlah yang sebagian saja. Untuk selebihnya berikan dalam sebuah amplop. Hal itu karena uang yang disusun dalam sebuah pigora hanyalah sebuah simbolis semata.

Kamu dan calon istrimu pun tetap bisa memiliki seserahan uang kertas yang instagenik di momen bahagia tanpa terkena pasal pidana. Jadi gimana? masih berkeinginan membuat seserahan dalam bentuk uang asli?

Ayo bijak menggunakan uang!

50 Comment
Rizki Anggara
03/09 - 18:59
“Setiap orang yang dengan mengaja merusak, memotong, menghancurkan, dan atau mengubah Rupiah DENGAN MAKSUD MERENDAHKAN KEHORMATAN RUPIAH SEBAGAI SIMBOL NEGARA sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 25 Ayat (1) akan dipidana penjara peling lama lima tahun dan denda maksimal sebanyak Rp 1 miliar”. Jadi selama tidak bermaksud MERENDAHKAN KEHORMATAN RUPIAH, fine-fine saja bukan?
Much
03/09 - 07:53
Selama ini belum ada kasus penangkapan orang yg melipat uang untuk dijadikan mahar.. Sepertinya lebih ke hoax berita ini
Vincent
02/09 - 17:50
Trus klao duit nya di taro.di dempet di masukin di.saku kan otomatis kelipet 2 tuh dompet sama uang nahh itu gimana🤔😂😂😂😂😂
ashka ziiyull
02/09 - 10:49
Haha kayaknya masih mending dilipat"gitu masih keliatan bagus,,,sedangkan yang udah dibejek²yang udah dilipat² spe kusut trus dimasukin kantong itu mlh lebih merendahkan kehormatan RUPIAH kok gak di tangkap😂😂
khent arock
02/09 - 04:46
hahahahaa... tangkepin aja udah yang di anggap salah... liat nanti di akhirat nya seperti apa... di dunia mana ada keadilan yang hak... keadilan hanya milik tuhan semata...
Lili
29/08 - 11:25
Makanya kelen belajar tentang arti MAHAR yg betol. MAHAR itu digunakan untuk keperluan wanitanya ngga boleh diganggu gugat bukan untuk dipajang macam Poto .
Dedonx
28/08 - 08:50
Dipasal berbunyi "dengan maksud merendahkan kehormatan Rupiah sebagai simbol negara" Kalau dibuat mas kawin/maharkan tidak ada maksud merendahkan... Malah menjadi sebuah kehormatan bagi wanita yang dipinang.....
Dustin pratama
27/08 - 16:04
Hukum negara macam apa ini orang kecil di besar2kan orang besar dikecil2 kan Hebatnya negeriku koruptor aja nggak ada hukumnya bangsat kalian orang kecil seperti kami kalian buat permainan bajingan kalau perlu bantai aja kami nggak ada bedanya ama penjajahan
Dede Iskandar
25/08 - 00:33
Apanya yang dipermasalahkan si ,duit yaa duit dia ..ngumpulin bertahun" biar bikin seneng sang calon ,biar ga bikin dosa lagi ,knapa ditangkep ???ini cuma hal sepele ,gimana kabarnya yang korupsi sampe milyaran ,ngerugiin banyak orang ??HEBAT NEGERIKU ,YANG KECIL DIBESAR"KAN ,DAN YANG BESAR DIKECILKAN !!!
Ijum Busuak
20/07 - 07:28
Peraturan yg keras di negri ku ini,tpi korupsi masi aja sering lolos dri jerat 😂 Eh giliran ginia,dia lipat duit dia sendiri,cuma di lipat,gak di sobek..dan tujuan nya juga gak untuk ngerusak uang, mungkin karna dia gak mampu ngasih mahar yg mewah,walaupun dgn duit seadanya. Tpi diaa berfikir gmna tu mahar yg sederhana bisa d lihat lebih indah