Qupas Travel

Uji Adrenalin di Curug Bibijilan, Wisata Sukabumi yang Tawarkan Sensasi Climbing Shower

01 February 2020, at 04:00
Uji Adrenalin di Curug Bibijilan, Wisata Sukabumi yang Tawarkan Sensasi Climbing Shower

Air terjun di Sukabumi memang nggak sedikit. Bahkan semuanya memiliki ciri khas dan pesonanya sendiri.

Curug Bibijilan salah satunya. Berada di wisata Sukabumi ini, kamu bukan sekadar bisa melihat aliran air yang mengalir dari ketinggian tertentu.

Berbagai aktivitas seru sampai yang menantang juga siap menantimu. Gimana, penasaran dengan Curug Bibijilan? Lanjutin baca yuk!

1. Asal-usul nama 'bibijilan'

Curug Bibijilan (Foto: instagram.com/mulyani_mr)
instagram.com/mulyani_mr

Nama tempat wisata di Sukabumi ini bisa dibilang 'Sunda' banget. Dimana kata curug berarti air terjun dan bibijilan artinya bermunculan.

Sesuai penampakannya, air di destinasi ini memang seolah terus memancar keluar dari dalam perut bumi. Diketahui pula kalau air dari curug ini berasal dari dalam Goa Buniayu yang mengalir.

2. Berada di kawasan gua 'purba'

Curug Bibijilan Sukabumi (Foto: instagram.com/mienis_amin)
instagram.com/mienis_amin

Air terjun di Sukabumi ini berada di kawasan Goa Buniayu. Airnya pun berasal dari perut bumi yang mengalir di antara bebatuan yang mengandung kapur.

Kenapa mengandung kapur? Ternyata hal ini karena Curug Bibijilan berada di kawasan gua kars yang usianya sudah ratusan juta tahun lalu.

3. Wisata Sukabumi buat para petualang

Air Terjun Bibijilan (Foto: instagram.com/aditia.putra.21)
instagram.com/aditia.putra.21

Curug Bibijilan bagai surga tersembunyi bagi para petualang. Kontur bebatuan serta air terjun di wisata ini sangat menantang dan cantik.

Nggak heran kalau beberapa tahun belakangan, wisata alam di Sukabumi ini sedang jadi primadona. Bahkan selain wisatawan lokal, Curug Bibijilan juga diburu oleh traveler dari luar negeri, lho.

Baca juga: Liburan ke 'Situ Gunung Suspension Bridge' Sukabumi, Bukan Cuma Sekadar Lewat Jembatan!

4. Uji adrenalin di Curug Bibijilan

Climbing Shower Curug Bibijilan (Foto: instagram.com/juli_boeloe)
instagram.com/juli_boeloe

Dilengkapi dengan wahana yang cukup menguji adrenalin, membuat Curug Bibijilan semakin menarik untuk dikunjungi.

Bukan cuma climbing shower seperti yang bisa ditemui Nanayama Takigawa, air terjun Kanon di Jepang. Tempat wisata Sukabumi ini juga menyediakan area petualangan sungai. Seperti body rafting dan susur sungai.

Nggak cukup nyali untuk melakukan semua aktivitas tersebut? Kamu masih bisa bermain air atau berenang di kolam alaminya kok.

5. Cara menuju Curug Bibijilan Sukabumi

Curug Bibijilan Jawa Barat (Foto: instagram.com/hilmanwinanjar17)
instagram.com/hilmanwinanjar17

Curug Bibijilan berada di Kampung Lebak Nangka, Desa Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung. Untuk menuju wisata ini, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau naik angkutan kota menuju Ngalindung Japang. Kemudian lanjutkan perjalanan ke Buniayu.

Perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki sejauh kurang lebih 2 kilometer dan melewati jalan setapak di tengah hutan pinus. Karena cukup licin saat hujan, jadi tetap hati-hati selama menuju ke lokasi wisata ya!

Nah, itu dia ulasan singkat tentang Curug Bibijilan yang memungkinkanmu untuk melakukan climbing shower seperti saat berada di Nanayama Takigawa Jepang. Buat para petualang, yuk liburan ke wisata Sukabumi ini. Apalagi tiket masuknya cuma sekitar Rp5 ribu.