Uji Adrenalin di Goa Haji Mangku, Si Cantik yang Misterius di Pulau Maratua

18 August 2019, at 18:00
0
0
Uji Adrenalin di Goa Haji Mangku, Si Cantik yang Misterius di Pulau Maratua

Kalimantan Timur kini sedang ramai diperbincangkan. Pasalnya ibukota Indonesia akan dipindah ke sana. Bicara soal Kalimantan Timur, ada satu wisata yang menarik. Destinasi tersebut adalah Kepulauan Derawan.

Di kawasan Derawan terdapat satu pulau bernama Pulau Maratua. Nah, di dalam pulau ini terdapat satu daya tarik yang nggak akan kamu temui di tempat lain.

Namanya Goa Haji Mangku. Sebuah goa dengan kolam air yang indah. Kolam tersebut memiliki karakteristik air berwarna biru kehijauan nan jernih.

Mau tahu info lengkap dari Goa Haji Mangku? Kuy lanjut baca!

1. Surga tersembunyi di Maratua

goa haji mangku
instagram.com/caesadhanisa

Bisa dibilang kalau Goa Haji Mangku atau sekarang disebut Goa Halo Tabung ini adalah surga tersembunyi di Pulau Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Apalagi letaknya jauh dari kota.

Untuk mencapai wisata di Kalimantan ini pun kamu perlu melewati hutan. Soalnya memang lokasi goa ada sejauh 50 meter dari tempat penjualan tiket masuk.

Meski begitu, nggak perlu khawatir saat lewat sini. Apalagi hutannya cukup terawat. Jadi perjalanan tetap terasa menyenangkan. Dan pastinya nggak kepanasan karena banyak pepohonan.

2. Kenapa namanya Goa Haji Mangku?

goa halo tabung maratua
instagram.com/julian_roxburry

Sekarang namanya Goa Halo Tabung. Tapi destinasi di Kalimantan ini dulunya populer dengan sebutan Goa Haji Mangku. Kenapa ya?

Ternyata ini semua karena founder goa bernama Haji Mangku. Jadi mungkin untuk mengenang dan menghormati beliau, dipilihlah nama sementara 'Goa Haji Mangku'. Unik ya?

Baca juga: Di Kalimantan Timur, Kamu Bisa Renang Bareng Ubur-ubur Tanpa Harus Takut Disengat Lho!

3. Si misterius yang eksotis di Pulau Maratua

goa halo tabung
instagram.com/rizasalahudin

Wisata yang terletak sekitar 20 menitan dari Maratua Paradise Resort ini terkesan misterius. Kedalamannya sekitar meter. Di sini ada celah sempit dan konon belum pernah ada yang berani sampai menyelaminya.

Saking dalamnya, wilayah perairan ini terasa sangat misterius, seolah ada hal yang tersembunyi di dalamnya. Karena itu, buat yang nggak terlalu mahir berenang, jangan lupa pakai semua peralatan snorkeling dan pelampung yang sudah disiapkan ya!

Satu lagi yang menarik dari Goa Haji Mangku ini, yaitu rasa airnya asin. Ternyata hal tersebut karena air laut masuk ke danau ini lewat celah-celah goa.

4. Lokasi dan biaya liburan ke Goa Haji Mangku

goa haji mangku maratua
instagram.com/anthoanbu

Secara administratif, lokasi Goa Haji Mangku ini ada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Untuk bisa ke wisata danau ini, kamu bisa menggunakan kapal cepat dari Pulau Derawan dengan estimasi waktu sejam.

Tiket masuk ke wisata goa ini sekitar Rp20 ribu per orang. Selain itu, ada biaya tambahan kalau pengen foto prewedding di sini, yaitu sekitar Rp250 ribu. Beda lagi kalau syuting film atau iklan. Tarifnya bisa sampai Rp500 ribu, lho.

Gimana, tertarik liburan ke Goa Haji Mangku alias Goa Halo Tabung? Ingat, tetap jaga lingkungan dan patuhi aturan saat liburan ke destinasi wisata di Kalimantan Timur itu ya!

0 Comment