Uji Adrenalin di Kedung Sipingit, Black Canyonnya Pekalongan yang Penuh Pesona

05 October 2019, at 11:00
0
0
Uji Adrenalin di Kedung Sipingit, Black Canyonnya Pekalongan yang Penuh Pesona

Pariwisata Pekalongan makin menggeliat. Sejumlah tempat-tempat wisata menarik mulai bermunculan. Contohnya seperti Kedung Sipingit.

Memang sih, tempat wisata di Pekalongan ini bukan yang terbaru. Namun seiring berjalannya waktu, Kedung Sipingit jadi perburuan para wisatawan. Terutama para millennials.

Sebenarnya apa sih keistimewaan dari destinasi di Pekalongan, Jawa Tengah ini? Simak yuk ulasan di bawah ini biar pertanyaan di benakmu terjawab!

1. Lebih dikenal dengan nama Black Canyon

black canyon
instagram.com/asmichael7034

Tahu nggak sih, destinasi ini melalui pintu masuk lainnya dikenal dengan nama Kedung Sipingit. Tapi sebutan tersebut semakin memudar dan kini lebih dikenal dengan nama Black Canyon oleh kaum milenial.

Destinasi wisata di Jawa Tengah ini merupakan kedung atau kubangan yang diapit oleh tebing-tebing berwarna hitam menjulang tinggi. Mungkin hal inilah yang membuat Kedung Sipingit dijuluki Black Canyon.

Panorama alam di sekitar Kedung Sipingit Pekalongan sangat menawan. Selain tebing, destinasi ini juga dipenuhi dengan aliran air jernih dan segar. Saat musim kemarau, kedalamannya bisa mencapai 3,5 meter. Sebaliknya saat musim penghujan, kedalamannya bisa mencapai 5 sampai 7 meter.

2. Tempat wisata yang cocok buat si petualang

black canyon petungkriyono
instagram.com/bujang_lupabahagi

Kedung Sipingit alias Black Canyon cocok buat si petualang. Soalnya wisata air ini menyediakan aktivitas seru seperti river tubing dan body rafting dengan jalur Sungai Welo. Di sungai ini, arusnya deras dan airnya jernih.

Untuk bisa menikmati wahana ini, kamu perlu menyediakan budget sekira Rp75 ribu per orang. Tarif ini merupakan paket wisata dan sudah termasuk beberapa fasilitas yang meliputi:

  • Kendaraan ke start point pergi-pulang
  • Welcome drink di basecamp "Weloriver"
  • Makan siang
  • Dokumentasi
  • Safety tools (helm dan jaket pelampung)
  • Sertifikat
  • Guide

black canyon pekalongan
instagram.com/blackcanyon.petungkriyono

Selain kedua wahana air tersebut, kamu juga bisa menikmati wisata trib tubing di Black Canyon dengan rombongan minimal 5 sampai 20 orang.

Selama sekira 4 jam, kamu bakal berkeliling dan menikmati keindahan Sungai Welo. Selain itu, area hutan yang rindang di sepanjang tepi sungai juga bisa kamu nikmati.

Baca juga: Mengintip Pesona Rumah Atsiri, Wisata Tawangmangu yang Bikin Kamu Tambah Pintar

3. Wisata Pekalongan yang murah meriah

kedung sipingit
instagram.com/raikhanrfld

Tempat ini jadi favoritnya para milenial. Nggak heran sih, selain nyaman untuk dijadikan sebagai destinasi liburan, tiket masuk Black Canyon juga murah meriah.

Bayangkan saja, kamu cuma perlu menyediakan budget sekira Rp5 ribu untuk bisa masuk ke wisata yang masuk wilayah hutan lindung Petungkriyono ini. Terjangkau, kan?

4. Cara ke Black Canyon

kedung sipingit petungkriyono
instagram.com/falahkhaqul

Lokasi Black Canyon berada di Desa Kayupuring, Kecamatan Petungkriyono. Dari ibukota Kabupaten Pekalongan, jaraknya sekira 30 kilometer.

Selama kurang lebih 1,5 jam dari pusat kota ke arah selatan, kamu bakal menemukan gapura selamat datang ke ekowisata Petungkriyono. Selanjutnya kamu masih harus menempuh perjalanan sekira 5 kilometer menuju Desa Kayu Puring. Dari sini, letak wisata sudah dekat.

Well, Black Canyon atau juga dikenal dengan nama Kedung Sipingit memang menawan. Bukan cuma buat si petualang, tempat wisata ini juga jadi favorit kaum milenial. Panoramanya yang cantik dipadukan dengan tiket masuk yang murah meriah menjadikannya semakin jadi primadona. Yuk liburan!

0 Comment