Uji Nyali di Jembatan Gantung Terpanjang Se-Asia Tenggara, Ada di Indonesia!

14 March 2019, at 06:30
0
0
Uji Nyali di Jembatan Gantung Terpanjang Se-Asia Tenggara, Ada di Indonesia!

Pernah terbayang untuk melewati jembatan gantung terpanjang se-Asia Tenggara? Memang bikin ngeri, tapi patut dicoba. Apalagi ada di Indonesia.

Yap! Sebut saja Jembatan Gantung Situ Gunung Sukabumi. Selain bikin dag dig dug ser, ternyata ada fakta menarik di balik penghubung dua wilayah ini. Biar nggak penasaran, langsung saja deh simak ulasan berikut.

1. Baru Diresmikan Tahun 2019

jembatan gantung sukabumi
instagram.com/kakadedi

Jembatan Gantung Situ Gunung (Situ Gunung Suspension Bridge) baru diresmikan pada Sabtu, 9 Maret 2019 lalu oleh Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan.

Jembatan yang terbuat dari susunan kayu ulin dan merbau seberat 80 ton ini terletak di Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Resor Situgunung, Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat.

2. Dibangun Selama 2 Tahunan

jembatan gantung terpanjang se asia tenggara
instagram.com/_aaaallll

 

Jembatan Situ Gunung memang baru saja diresmikan beberapa hari lalu. Tapi siapa sangka kalau ternyata wisata di Jawa Barat ini sudah dikerjakan sejak Mei 2017 silam.

Bahkan sekitar Maret 2018 lalu penghubung dua area wisata ini sudah terlihat selesai. Namun belum diresmikan. Ternyata ada alasan tersendiri di balik itu semua.

Baca juga: Yuk Mampir ke Wisata di Sekitar Situ Gunung yang Nggak Kalah Menyejukkan Ini!

Dilansir dari BangkaPos, Kepala Bidang TNGGP Wilayah Sukabumi, Syahrial Anuar mengatakan bahwa jembatan tersebut harus memenuhi standar terlebih dahulu.

3. Sudah Memenuhi Standar

jembatan situ gunung sukabumi
instagram.com/shakuy_khadafi2

Jembatan yang menggantung di ketinggian sekitar 107 meter ini tetap aman untuk dilewati hingga puluhan orang atau kurang lebih sebanyak 40 wisatawan dewasa.

Apalagi jembatan ini menggunakan 5 sling di bawah, dimana standarnya hanya 3 sling saja.

Setelah melewati pintu masuk jembatan, petugas pun akan memasang sabuk pengaman di pinggangmu. Hal tersebut untuk menjamin keselamatanmu kalau tiba-tiba terjadi guncangan.

4. Penghubung dengan Curug Sawer

curug sawer sukabumi
instagram.com/chitraachiet

Kalau dulu, kamu perlu waktu sekitar 1,5 jam jalan kaki untuk menuju Curug Sawer. Bahkan medannya cukup sulit. Tapi semua berbeda saat Jembatan Gantung Situ Gunung hadir.

Soalnya sekarang kamu hanya perlu waktu sekitar 15 menit jalan kaki melewati jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara itu untuk bisa sampai ke Curug Sawer. Wah, waktu liburan semakin efisien nih.

5. Diklaim Terpanjang Se-Asia Tenggara

jembatan gantung situ gunung
instagram.com/zoddy11

Patut bangga juga nih karena Indonesia punya jembatan gantung terpanjang se-Asia Tenggara. Bukan hal yang mengherankan memang.

Baca juga: Amazing! Indonesia Punya Jembatan Kaca yang Siap Uji Adrenalinmu

Apalagi ternyata panjang dari Jembatan Gantung Situ Gunung ini mencapai 243 meter dan lebar 1,2 meter. Sedangkan ketinggiannya adalah 107 meter dari dasar. Wow!

6. Uji Nyali di Tengah Jembatan Gantung Situ Gunung

jembatan gantung situ gunung sukabumi
instagram.com/novirav_

Awal perjalanan memang terasa biasa saja dan jembatan tampak stabil. Inilah momen yang tepat untuk mengabadikan potretmu.

Sekitar 20 meter berjalan, guncangan akan terasa dan mungkin kamu akan ikut berpegangan pada ram jembatan seperti pengunjung lain. Di sini, ada petugas yang membantu wisatawan untuk membantu menyeberang.

Perjalanan makin mencapai ujungnya, maka guncangan berangsur hilang. Rasa lega pun siap menyergapmu begitu sampai di ujung jembatan.

7. Tiket Masuk Jembatan Gantung Situ Gunung

jembatan situ gunung
instagram.com/ridwan_taufik

Standar keamanan terpenuhi, bisa juga untuk spot foto yang instagramable. Maka nggak heran kalau kamu perlu menyediakan budget yang lumayan, yakni sekitar Rp50.000,00 per orang.

Tapi biaya itu nggak sia-sia kok. Terlebih lagi kamu bisa menyaksikan keindahan alam sekitar sambil mencari angle yang pas untuk setiap jepretanmu. Yakin nih nggak pengen mampir ke salah satu ikon wisata Sukabumi ini?

8. Rute Menuju Jembatan Gantung Situ Gunung

jembatan gantung di sukabumi
instagram.com/rizwan_sptr

Lokasi Jembatan Gantung Situ Gunung ini ada di Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Resor Situgunung, Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat.

Untuk menuju ke sini, biasanya pengunjung akan lewat jalur Jalan Raya Bogor-Sukabumi. Sampai di wilayah Cisaat, kamu bisa menemukan petunjuk ke lokasi wisata. Jadi nggak perlu takut tersesat ya!

Baca juga: Ini Nih Wisata Sukabumi Biar Kamu Nggak Cuma Tahu Pelabuhan Ratu Aja

Setelah tahu info soal Jembatan Gantung Situ Gunung ini, yakin nggak pengen mencoba untuk menyeberanginya? Tapi ingat ya, wisata di Sukabumi ini buka dari pukul 07.30-17.30 WIB. Catat waktunya!

0 Comment