Unik! 5 Bentuk Donat dari Berbagai Negara Ini Tanpa Ada Lubang di Tengahnya Lho

11 October 2019, at 09:00
0
0
Unik! 5 Bentuk Donat dari Berbagai Negara Ini Tanpa Ada Lubang di Tengahnya Lho

Donat adalah salah satu camilan manis yang banyak disukai orang. Lubang pada tengahnya membuat kue ini terlihat unik. Eits, tapi nggak semua donat memiliki lubang di tengahnya lho.

Seperti dilansir CNN dari penuturan penulis Glazed America: A History of the Donut yang mengatakan bahwa nggak ada buku masak yang menyebutkan memasak donat harus dengan lubang di tengahnya.

Nah, buat yang penasaran, ini dia lima jenis donat dari berbagai negara yang ternyata emang nggak memiliki lubang di tengahnya. Simak yuk!

1. Bomboloni

resep bomboloni
instagram.com/rumahkuey

Jenis donat yang pertama ini berasal dari Italia. Biasanya disajikan sebagai menu penutup atau pun makanan ringan.

Penamaan bomboloni didapatkan dari istilah bom kalori. Itu karena kepadatan kalori dan gula yang cukup tinggi di dalam jenis donat ini.

2. Beignet

beignet donat dari perancis
instagram.com/bestfoodneworleans

Berasal dari Perancis, donat ini sekilas seperti roti goreng kalau di Indonesia. Hanya saja, beignet memiliki taburan gula putih yang membuat rasanya makin manis.

Donat ini memiliki bentuk bujur sangkar dan biasanya dinikmati dengan secangkir kopi susu hangat yang nikmat.

3. Tulumba

tulumba donat dari turki
instagram.com/imahaa19

Ada yang pernah mencicipi camilan manis satu ini? Tulumba berasal dari Turki. Donat berbentuk persegi panjang ini ukurannya cuma 3 sentimeter saja.

Lapisannya mengkilap, karena kue ini direndam dalam sirup manis selama beberapa saat. Legit dan renyah banget deh!

Baca juga: 5 Roti Bakar Enak dan Murah di Sederet Jalanan Surabaya

4. Chapssal

jenis donat dari berbagai negara
bearnakedfood.com

Berasal dari Negeri Ginseng, jenis donat ini sering kali wara-wiri di drama Korea lho. Bahan pembuatnya dari tepung beras ketan yang kemudian diisi selai kacang merah manis.

Sedangkan di bagian luarnya, ada taburan gula bubuk dan kayu manis bubuk yang menambah rasa manis. Teksturnya yang kenyal bisa bikin kamu kalap makan.

5. Koeksister

koeksister dari afrika selatan
instagram.com/thesweetrebellion

Memiliki bentuk seperti plintir, camilan manis satu ini berasal dari Afrika Selatan. Koeksister nggak hanya menjadi makanan manis, tapi juga bisa menjadi sajian dengan cita rasa pedas.

Untuk membuat kue ini, biasanya direndam lebih dulu dalam sirup dingin dan diberi taburan parutan kelapa yang menambah manis rasanya.

Nah, itulah lima jenis donat dari berbagai negara yang ternyata nggak memiliki lubang di tengahnya. Kalau kamu sudah pernah mencoba yang mana?

0 Comment