Unik! Kampus Ini Bebaskan Mahasiswanya untuk Pakai Kostum Apapun Saat Wisuda

21 April 2019, at 17:00
0
0
Unik! Kampus Ini Bebaskan Mahasiswanya untuk Pakai Kostum Apapun Saat Wisuda

Umunya, wisuda merupakan acara sakral yang harus dilaksanakan dengan tenang dan hikmat. Kalau di Indonesia, masing-masing peserta wisuda diwajibkan untuk berdandan menggunakan pakaian adat sebelum pada akhirnya ditutupi dengan toga.

Kebanyakan Universitas di dunia juga mewajibkan mahasiswanya untuk menggunakan pakaian yang rapi berupa gaun bagi perempuan atau kemeja bagi laki-laki untuk mengikuti prosesi wisuda.

Baca Juga: Unik! Cuma di Jepang Kamu Bisa Sewa Payung Pakai Aplikasi

Namun nggak demikian dengan Universitas Seni Kanazawa di Jepang. Kampus ini memperbolehkan mahasiswanya untuk memakai kostum apapun yang mereka inginkan saat wisuda.

wisuda jepang unik
facebook.com/9gag

Alhasil, prosesi yang seharusnya sakral tersebut pun menjadi acara yang sangat berbeda. Peserta wisuda ternyata senang karena dibebaskan berkreatifitas sehingga hal tersebut dimanfaatkan secara maksimal.

Sebenarnya, Universitas Seni Kanazawa sudah bertahun-tahun nggak memiliki busana khusus untuk wisuda. Artinya, sudah bertahun-tahun pula acara penting tersebut berubah menjadi ajang kompetisi cosplay atau costum player bagi para peserta.

Baca Juga: Potret Karyawan Jepang yang Kelelahan Sampai Ketiduran di Jalanan

wisuda universitas seni kanazawa
facebook.com/9gag

Meskipun aneh, hal ini justru terkesan unik, menarik, dan epik secara bersamaan. Selain itu, banyak juga mahasiswa yang menggunakan kesempatan ini sebagai bentuk kritik atas berbagai hal.

Ternyata, nggak cuma Universitas Seni Kanazawa saja yang melakukan hal tersebut. Beberapa kampus lain di Jepang juga nggak mewajibkan mahasiswanya untuk memakai baju tertentu saat wisuda.

Mulai dari karakter kartun-kartun Jepang, hewan-hewan, benda-benda, bahkan yang memakai kostum daging segar yang dijual di Supermarket pun ada!

wisuda unik di jepang
facebook.com/9gag

Menarik sekali bukan? Jepang memang sudah lama terkenal dengan gaya harajukunya yang nyentrik dan orang-orangnya yang unik.

Jika berlibur ke Jepang, kamu akan menemukan beberapa orang yang berdandan nggak umum atau melakukan cosplay di jalanan.

Hmm, kalau sistem wisuda yang seperti ini diterapkan di Indonesia kamu akan senang atau justru merasa kerepotan? 

0 Comment