Uniknya Candi Sambisari, Objek Wisata Bersejarah yang Seolah Muncul dari Dalam Tanah

16 October 2019, at 15:00
0
0
Uniknya Candi Sambisari, Objek Wisata Bersejarah yang Seolah Muncul dari Dalam Tanah

Berkunjung ke Jogja memang nggak pernah membosankan. Ada banyak objek wisata menarik yang siap membuatmu terpukau, mulai dari pantai, gunung, bahkan destinasi bersejarah seperti candi.

Kebanyakan orang mungkin akan langsung berpikir tentang Candi Prambanan atau Borobudur saat berbicara tentang Jogja, padahal ada juga Candi Sambisari yang nggak kalah cantik untuk kamu kunjungi, lho!

1. Seolah Muncul dari Dalam Tanah

objek wisata di jogja
instagram.com/dianjuarsa

Salah satu daya tarik Candi Sambisari adalah letaknya yang seolah muncul dari dalam tanah. Objek wisata ini memang lebih rendah sedalam 6,5 meter dibandingkan dengan permukaan disekitarnya.

Akan tetapi hal tersebut sama sekali nggak menutupi keindahan dan kemegahan objek wisata bersejarah yang satu ini.

2. Butuh 24 Tahun untuk Pemugaran

wisata candi jogja
instagram.com/sa.putridian

Candi dengan tinggi 7,5 meter tersebut konon katanya ditemukan secara nggak sengaja oleh petani bernama Kayowinangun saat mencangkul sawah pada tahun 1966 silam. Balai Arkeologi Yogyakarta kemudian melakukan ekskavasi lanjutan dan penelitian.

Hasilnya, ditemukan bahwa objek wisata bersejarah tersebut telah dibangun pada abad ke-9 yang merupakan masa pemerintahan Raja Rakai Garung. Letusan Merapi pada tahun 1906 silam membuat bangunan kuno tersebut terpendam material vulkanik selama berabad-abad dan butuh sekitar 24 tahun untuk pemugarannya.

3. Menjadi Saksi Bisu Kejayaan Mataram

wisata candi sambisari
instagram.com/kikikw_14

Candi Sambisari disebut-sebut merupakan sisa peradaban Mataram Kuno. Hal tersebut dapat dilihat dari struktur bangunannya yang masih satu periode dengan Candi Prambanan yaitu sekitar tahun 812 hingga 823 Masehi.

Mengunjungi objek wisata ini, kamu akan merasakan corak Hindu Siwa yang kental. Selain itu, wisatawan juga bisa menemukan patung Dewo Durga dan Dewa Ganesha yang merupakan istri dan anak Dewa Siwa.

Baca Juga: Menyaksikan Estetika Candi Ratu Boko, Wisata Jogja yang Punya Nilai Sejarah

4. Wisata Bersejarah yang Instagenik

candi sambisari
instagram.com/rizmazara

Selain penuh dengan sejarah, Candi Sambisari juga sangat cantik dan instagenik. Berbagai spot di objek wisata Jogja ini bisa kamu jadikan latar belakang foto untuk membuat unggahan instagrammu semakin menarik.

Nuansa kuno yang dihadirkan dari arsitektur yang khas membuat Candi Sambisari menjadi semakin mencolok meskipun letaknya seolah berada di bawah tanah.

5. Cara ke Candi Sambisari

lokasi candi sambisari
instagram.com/mayyaprdptk

Lokasi Candi Sambisari terletak di Jl. Candi Sambisari, Desa Purwaonartani, Kecamatan Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Dari pusat kota, objek wisata ini berjarak sekitar 15 kilometer.

Meskipun nggak terlalu jauh, namun akses kendaraan umum menuju ke destinasi ini cukup sulit sehingga lebih baik kamu menggunakan kendaraan pribadi. Sedangkan untuk tiket masuknya, kamu hanya perlu menyediakan Rp5 ribu saja.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal tentang Candi Sambisari. Kalau sedang ke Jogja, jangan lupa mampir ke sini ya supaya nggak cuma tahu Candi Borobudur dan Prambanan saja!

0 Comment