Uniknya Curug Nangga, Wisata di Banyumas yang Sajikan Air Terjun Bertingkat Tujuh

23 May 2019, at 10:00
0
0
Uniknya Curug Nangga, Wisata di Banyumas yang Sajikan Air Terjun Bertingkat Tujuh

Curug Nangga adalah salah satu bukti nyata keindahan alam di Banyumas. Wisata air terjun di Jawa Tengah ini bahkan beda dari yang lain.

Kalau air terjun lain cuma punya satu tingkatan, Curug Nangga justru punya tujuh aliran sekaligus. Kebayang gimana kerennya, kan? Nah, biar nggak makin penasaran, yuk simak ulasan Qupas berikut ini!

Baca juga: Air Terjun di Banyumas Ini Romantis Abis, Ada Spot "Cinta" Juga!

1. Misteri di balik nama Curug Nangga

air terjun nangga banyumas
instagram.com/jhe_ridzwan17

Sekilas saat melihatnya saja, kamu pasti menilai kalau air terjun di Banyumas ini unik. Soalnya alirannya terdiri dari tujuh tingkat.

Dari bentuknya ini pula pemberian nama Curug Nangga berasal. Kata "Nangga" diambil dari "tangga" yang menggambarkan penampakan air terjun yang tampak seperti tangga, apalagi dilihat dari kejauhan.

Warga pun menyebut wisata di Jawa Tengah ini dengan sebutan "Nangga" dengan alasan kemudahan dalam penyebutan namanya.

2. Baru populer sekitar tahun 2015

curug nangga banyumas
instagram.com/tiyut_kuncret

Sebenarnya destinasi di Banyumas ini sudah populer sejak tahun 2015 lalu. Dan media sosial lah yang berperan membuat curug ini terkenal.

Awalnya sejumlah pecinta alam datang berkunjung ke wisata air terjun ini. Mereka memotret keindahan alam sekitarnya. Dari sinilah banyak traveler ikut berkunjung ke lokasi.

Tahu potensi besar yang dimiliki Curug Nangga, warga yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata bersama dengan Pemerintah Desa Petahunan pun bergerak cepat untuk membangun akses menuju ke lokasi air terjunsehingga memudahkan para traveler.

Baca juga: Banyumas Punya Spot Foto yang Instagenik di Wisata-wisata Ini, Lho!

3. Wisata Banyumas yang tersembunyi

curug nangga
instagram.com/donny_rahadian

Curug Nangga terletak di ketinggian sekitar 1.200 mdpl. Air terjun ini ada di kawasan perbukitan dengan latar hutan serta hamparan sawah.

Untuk mencapai air terjun, kondisi fisikmu perlu tetap terjaga. Soalnya ada jalan setapak dengan kondisi naik turun akan kamu lewati. Meski begitu, kondisi jalan menuju wisata di Banyumas ini sudah cukup baik kok.

4. Lokasi dan Harga Tiket Curug Nangga

curug nangga jawa tengah
instagram.com/aam_riyanto

Lokasi Curug Nangga sendiri ada di Petahunan, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Untuk menuju ke air terjun, kamu perlu ke Ajibarang, lalu ke utara menuju arah Bumiayu.

Sampai di sini, arahkan kendaraanmu ke Semedho. Buat kamu yang bawa motor maupun mobil, siap-siap untuk melewati jalan yang menanjak. Masuk desa Semedho, terus jalan ke barat dan ikuti petunjuk arah ke Curug Nangga.

air terjun nangga jawa tengah
instagram.com/inggunprensidana

Soal harga tiket, kamu perlu menyediakan budget sekitar Rp10.000,00 saja per orangnya kok. Sementara untuk parkir mobil kurang lebih senilai Rp5.000,00 dan motor Rp2.000,00. Murah kan?

Well, itulah pesona Curug Nangga yang mungkin bisa kamu jadikan tempat liburan saat mudik ke Banyumas nanti. Dengan harga tiket murah meriah, kamu sudah bisa menikmati panorama air terjun bertingkat tujuh. Seru, kan?

0 Comment