Uniknya Dusun Semilir, Candi Borobudur Versi Mini di Semarang yang Siap Hipnotis Pengunjung

19 June 2019, at 04:00
0
0
Uniknya Dusun Semilir, Candi Borobudur Versi Mini di Semarang yang Siap Hipnotis Pengunjung

Belakangan ini, Semarang sedang menjadi perbincangan khususnya Dusun Semilir. Bagaimana tidak, ada satu wisatanya yang menarik perhatian. Di Dusun Semilir Semarang terdapat wisata baru yang cukup unik.

Apa yang membuat unik? Bangunan dari salah satu eco park di Semarang ini yang menjadi daya tarik. Untuk itu Qupas akan mengupas tuntas mengenai wisata di Dusun Semilir ini. Mulai dari asal usul, keindahan, dan letak tempat wisata ini.

Baca juga: Mini Mania, Wisata Semarang yang Bikin Kamu Serasa Keliling Dunia

Jadi nggak usah basa-basi lagi, langsung simak informasinya berikut ini Sobat.

1. Belum dilakukan grand opening

dusun semilir eco park
instagram.com/octadill_

Destinasi di Semarang ini memang sudah sangat ramai dikunjungi wisatawan. Padahal baru saja dilakukan trial opening pada 28 Mei 2019 lalu.

Sementara untuk grand opening-nya sendiri rencananya bakal dilakukan pada Desember 2019 mendatang.

2. Terinspirasi dari Candi Borobudur

dusun semilir eco park semarang
instagram.com/dusunsemilir

Banyak yang mengira kalau bangunan di wisata Bawen Semarang ini bentuknya menyerupai bawang dan botol. Padahal sebenarnya arsitektur tempat ini terinspirasi dari stupa Candi Borobudur. Total ada tujuh stupa di sini.

Interior Dusun Semilir juga nggak kalah menarik buat dijadikan latar belakang foto. Di tempat wisata Semarang ini ada pohon pule yang tumbuh menjulang tinggi sampai ke atas bangunan. Saking kerennya, banyak pengunjung berpose dengan latar pohon tersebut.

3. Pembangunan wisata masih tahap awal

dusun semilir bawen
instagram.com/redd.rey

Dusun Semilir Semarang memang sudah dikunjungi banyak wisatawan. Meski begitu, sebenarnya objek wisata di Jawa Tengah ini masih dalam tahap pembangunan. Bagian depan, jembatan senggol dari kayu, Resto Sepoi-sepoi, spot foto free, sampai tempat belanja oleh-oleh sudah selesai dibangun.

Nantinya pembangunan Dusun Semilir Eco Park akan terus dilanjutkan dengan menambah beragam fasilitas, seperti wisata oleh-oleh, spot foto, permainan, sungai buatan, miniatur kampung eropa, mini zoo, danau buatan, glamping, resort, sampai outbound.

Baca juga: Uji Adrenalin di Jembatan Ondo Langit, Wisata Semarang Kekinian ala Generasi Milenial

4. Fasilitas di Dusun Semilir Bawen

dusun semilir
instagram.com/aloysius_adhitya

Layaknya tempat wisata pada umumnya, Dusun Semilir juga punya fasilitas seperti tempat parkir kendaraan yang tarifnya beragam. Untuk parkir motor senilai Rp2.000,00, Rp5.000,00 untuk mobil, sedangkan Rp20.000,00 untuk bus.

Tiket masuk ke wisata di Jawa Tengah ini cuma Rp5.000,00 per orang. Sementara untuk menikmati spot-spot fotonya, pengunjung nggak perlu lagi bayar.

dusun semilir semarang
instagram.com/ayuyulianaliana

Dilansir dari Kompas, buat yang pengen bersantap di Jembatan Senggol dan resto Sepoi-sepoi harus pakai transaksi cashless, lho. Maksudnya, pembayaran cuma bisa dilakukan pakai kartu khusus yang di top up.

Harga per kartu adalah Rp50.000,00, dimana Rp10.000,00 untuk deposit, sedangkan saldo yang bisa digunakan untuk belanja adalah Rp 40.000,00.

5. Cara ke Dusun Semilir

dusun semilir eco park bawen
instagram.com/ulfaafida53

Lokasi Dusun Semilir ada di Ngempe, Kecamatan Bawen, Semarang. Letaknya strategis dan dekat dari gerbang tol Bawen. Posisinya pun ada di pinggir jalan utama Solo-Semarang.

Jam buka di hari biasa dari pukul 10.00 sampai 21.00 WIB. Khusus akhir pekan dan liburan, jam operasional wisata ini sampai jam 22.00 WIB.

Gimana, Dusun Semilir sudah cukup menarik perhatianmu? Bukan cuma desain eksteriornya saja yang cukup unik. Interior dan fasilitasnya memang bikin terpesona. Jadi, kapan nih kamu mampir ke sana?

0 Comment