Uniknya Peken Godong Kediri, Bayar Makanan Buka Puasa Cuma Pakai Daun Lho!

14 May 2019, at 12:00
1
0
Uniknya Peken Godong Kediri, Bayar Makanan Buka Puasa Cuma Pakai Daun Lho!

Di zaman sekarang ini, banyak masyarakat di pedesaan yang berlomba-lomba untuk berinovasi memajukan daerah tempat tinggalnya.

Mulai dari memperindah desa dengan bangunan rumah yang dicat warna warni hingga mendirikan sebuah wisata untuk menarik minat para wisatawan luar daerah.

Baca juga : Nikmatnya Buka Puasa di Soto Kauman Express, Bayarnya Cuma Pakai Doa Lho!

Nah, nggak ketinggalan juga masyarakat desa yang ada di Desa Kawedusan, Plosoklaten, Kediri. Di sana, warga sekitar memiliki inisiatif untuk menjadikan desanya menjadi tempat wisata.

Dengan mendirikan Peken Godong inilah masyarakat sekitar berharap semakin banyak lagi wisatawan lokal yang bertandang menuju ke sana.

peken godong kediri
instagram.com/nji.panji

Diambil dalam bahasa jawa, Peken Godong berarti pasar daun. Selintas, namanya terdengar seperti sebuah tempat transaksi jual beli sejenis pasar yang menjual tanaman atau buah-buahan ya.

Eits tapi bukan itu lho, Peken Godong ini adalah pasar yang menggunakan daun sebagai alat transaksinya. Seru dan menarik bukan?

peken godong kediri
Antara/Prasetia Fauzani

Mungkin sebagian pengunjung yang datang merasa kebingungan dengan sistem tersebut. Seperti yang dilansir oleh thejavatoday.com, Agus Danang Provinta selaku pendiri Peken Godong menjelaskan satu daun yang sudah diberi cap bisa ditukarkan dengan uang Rp2.500,00 saja.

bayar pakai daun
instagram.com/nji.panji

Nantinya saat bertransaksi antara penjual dan pembeli, pembeli tidak akan menyebutkan rupiah. Tapi menyebutkan berapa daun yang harus diberikan. Kamu bisa menukar daun dengan beberapa menu seperti:

  • Soto                     : 2 godong (daun)
  • Lontong sayur     : 2 godong
  • Roti bakar           : 1 godong
  • Sego jagung        : 2 godong

Nggak cuma itu, masih banyak banyak lagi menu buka puasa lainnya yang bisa dicicipi.

Beberapa penjual juga menawarkan menu khas Jawa, nasi ampok atau nasi jagung dan cenil. Ohya, semua sayur-sayuran yang menjadi bahan masakan merupakan hasil pertanian warga sekitar lho.

Baca juga : 5 Tempat Makan di Surabaya yang Menyajikan Menu Gudeg Manis Legendaris

Gimana tertarik untuk mengunjunginya nggak nih, sobat Qupas? Sementara itu, untuk saat ini masih ada 7 kedai makanan yang ada di sana. Namun seiring berjalannya waktu akan ada penambahan kedai makanan yang dijajakan.

Langsung deh cus ngabuburit di Peken Gondong Kediri!

0 Comment