Uniknya Serayu Pot and Terracota, Toko Suvenir yang Sajikan Spot Instagenik di Bali

02 May 2019, at 18:00
1
0
Uniknya Serayu Pot and Terracota, Toko Suvenir yang Sajikan Spot Instagenik di Bali

Bukan cuma wisata alam, Ubud juga punya sederet tempat untuk melihat karya seni seperti lukisan, tas rotan, perabotan rumah, maupun pernak-pernik yang menggemaskan.

Salah satunya adalah Serayu Pot and Terracotta yang ada di Jalan Gunung Sari. Di tempat ini kamu nggak cuma bisa melihat karya seni yang berupa pot maupun kerajinan dari gerabah lainnya. Bahkan banyak keistimewaan yang akan kamu peroleh.

Apa saja itu? Biar nggak penasaran, yuk langsung simak ulasan tempat yang bisa dibilang sebagai wisata unik di Bali ini!

Baca juga: Ubud Punya Ayunan di Atas Hutan Belantara, Yuk Mampir!

1. Tempat yang Punya Filosofi

serayu pot and terracotta
instagram.com/mmoskalyova

Serayu Pot and Terracotta sudah didirikan sejak tahun 2008 silam oleh seorang seniman Ubud bernama Pak Wayan Cameng. Tempat ini bukan cuma menyediakan karya seni berupa pot biasa.

Warna-warni indah di setiap pot serta cara penataannya yang ditumpuk ataupun digantung menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan tempat ini pantas kalau disebut sabagai salah satu spot instagramable di Bali.

Menurut seorang blogger bernama Laksmi Mutiara Prameswari, kata "Serayu" yang diambil dari nama sungai di India sebagai nama toko suvenir tersebut punya filosofi sendiri, yaitu "Hiduplah seperti sungai yang mengalir karena hidup harus dijalani sebagaimana melakoninya".

warung serayu
instagram.com/_ikayd

Destinasi di Bali ini juga dikenal dengan nama Warung Serayu. Karena semakin populer, akhirnya anak dari sang pemilik toko membuat akun Instagram dengan nama @serayupotandterracotta.

Diketahui, ternyata kata "pot" dan "terracotta" pada nama akun tersebut mencerminkan karya seni yang diciptakan Pak Wayan, yaitu pot dan terracotta. Terracotta sendiri adalah tembikar yang nggak dilapisi glasir. Bahan pembuatannya dari tanah liat yang dibakar.

2. Setiap Karya yang Punya "Cerita"

warung serayu ubud
instagram.com/iga.dessy

Bukan cuma tempatnya saja yang punya filosofi. Karya seni dari Pak Wayan pun punya "cerita".

Misalnya seperti bunga teratai, yang menurut sang pelukis melambangkan kehidupan seseorang. Kadang di bawah seperti akarnya, di tengah layaknya daun teratai, atau di atas seperti bunganya yang indah. Bahkan bunga cantik ini tetap hidup dan nggak pernah basah atau tenggelam meski ada di area berlumpur serta kotor.

Baca juga: Tempat Bersejarah dan Budaya di Bali, Liburan Penuh Makna Kenapa Nggak?

3. Wisata Edukasi di Ubud

serayu pot and terracotta ubud bali
instagram.com/melyantarii

Serayu Pot and Terracotta juga punya program menarik, lho. Namanya "Serayu Drawing Class" yang diadakan setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Program ini dimulai dari pukul 09.00 WITA.

Tapi setiap sesinya maksimal peserta harus terdiri dari 8 orang. Kamu juga perlu menyediakan dana senilai 13 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp185 ribuan.

warung serayu bali
instagram.com/awiekteta

Tenang, dengan tarif tersebut, kamu sudah bisa mendapatkan beberapa fasilitas seperti:

  • Pot utama berjumlah 1 dengan diameter 25 cm dan 2 pot pilihan
  • Peralatan mewarnai
  • Canape
  • Seorang instruktur

Menariknya lagi, ada diskon khusus sampai 15 persen untuk kamu yang menunjukkan kartu pelajar atau mahasiswa, lho. Eits! Promo ini berlaku sampai 31 Mei 2019 saja.

4. Cara ke Serayu Pot and Terracotta

serayu pot and terracotta bali
instagram.com/laksmidew_02

Lokasi Serayu Pot and Terracotta sendiri ada di Jalan Gunung Sari, Peliatan, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Dari pusat Ubud, jaraknya cukup dekat yaitu sekitar 1,2 kilometer saja dan hanya perlu waktu sekira 4 menit berkendara.

Kamu bisa lewat Jalan Raya Ubud. Karena letaknya ada di tepi jalan, maka kamu nggak akan kesulitan untuk menemukannya.

serayu pot and terracotta ubud
instagram.com/serayupotandterracotta

Berapa tiket masuk ke Serayu Pot and Terracotta? Tenang, kamu nggak perlu bayar kok. Sang pemilik yang ramah akan dengan senang hati mengizinkan para traveler untuk foto asal sudah izin dan tetap hati-hati saat hunting.

Gimana, tertarik untuk mampir ke wisata unik di Bali ini? Selagi ada di wilayah Ubud, nggak ada salahnya untuk menikmati karya seni yang punya banyak makna tersebut.

0 Comment