Untuk Mencegah Sakit Kepala, Benarkah Harus Keramas Setelah Kehujanan?

23 November 2019, at 10:00
0
0
Untuk Mencegah Sakit Kepala, Benarkah Harus Keramas Setelah Kehujanan?

Memasuki musim hujan, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk mencegah masalah kesehatan.

Pola hidup sehat, olahraga teratur, dan lain sebagainya merupakan salah satu upaya untuk menguatkan daya tahan tubuh sehingga nggak mudah terserang penyakit.

Akan tetapi daya tahan tubuh saja nggak cukup. Beberapa kali mungkin kamu lupa untuk membawa payung atau jas hujan sehingga harus melakukan perjalanan dengan kehujanan.

kehujanan
wallpaperflare.com

Terkait dengan kondisi tersebut, kamu pasti pernah mendengar himbauan dari orang tua untuk keramas setelah kehujanan agar nggak pusing kemudian. Lantas, benarkah hal tersebut?

Pada dasarnya, air hujan memang memiliki kandungan polusi, zat asam, hingga kotoran di dalamnya. Namun, benarkah zat-zat tersebut dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti sakit kepala?

Baca Juga: Waspadai 5 Penyakit yang Siap Menyerangmu di Musim Hujan

Dilansir dari laman doktersehat.com, seorang pakar kesehatan dr. Adnan Yusuf mengatakan bahwa sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan adanya korelasi antara sakit kepala dengan kehujanan.

keramas setelah kehujanan
snapdeal.com

Akan tetapi, beberapa pakar kesehatan menyetujui bahwa ada dugaan terkait dinginnya air hujan atau perubahan suhu mendadak yang mengenai area kepala dapat membuat tubuh mengeluarkan energi yang sangat besar.

Energi tersebut terkuras karena harus menyeimbangkan suhu di area kepala tersebut. Hal tersebut lah yang diklaim dapat memicu sakit kepala hingga flu.

Kondisi ini secara nggak langsung membuktikan bahwa himbauan orang tua untuk mencuci rambut alias keramas setelah kehujanan merupakan hal yang tepat.

pusing
medicalnewstoday.com

Selain itu, zat-zat yang terdapat dalam air hujan juga dapat membuatmu mengalami kerusakan rambut sehingga keramas adalah salah satu cara untuk mencegahnya.

Nah, jadi itu dia Sobat Qupas penjelasan tentang mengapa kamu harus keramas setelah kehujanan. Sudah paham kan sekarang?

0 Comment