Untuk Menjaga Cita Rasa, 6 Bahan Makanan Ini Nggak Perlu Dibekukan

22 May 2019, at 05:00
0
0
Untuk Menjaga Cita Rasa, 6 Bahan Makanan Ini Nggak Perlu Dibekukan

Pernah nggak sih, kamu membeli bahan makanan dalam jumlah yang banyak? Nah, pasti kamu akan langsung menyimpannya di lemari pendingin agar makanan nggak cepat basi.

Tapi tahukah kamu, banyak bahan makanan lebih baik diolah nggak dalam keadaan beku? Terutama untuk menjaga cita rasanya supaya tetap lezat. Seperti enam bahan makanan berikut ini.

1. Daging

daging beku
grassfedmeatsontario.com

Biasanya, ibu-ibu sering kali menyimpan daging ke dalam freezer supaya bisa bertahan lama. Padahal, membekukan daging bisa merusak tekstur yang membuat bahan tersebut nggak selezat saat masih fresh.

Sebelum dimasak, sebaiknya daging dicairkan terlebih dahulu dengan air dingin agar cepat lunak. Barulah dimasak dengan berbagai bumbu dapur sebagai penambah rasa.

2. Sayuran Hijau

sayuran hijau
tommyssuperfoods.com

Banyak supermarket di Indonesia yang menjual sayuran hijau dalam kemasan yang sudah dibekukan. Bahan makanan seperti ini bisa membuat rasanya berkurang saat dimasak.

Apalagi saat diolah, tekstur pada sayuran akan terasa lembek dan melempem. Bikin nggak serenyah dan seenak kalau beli fresh di pasar deh.

3. Keju Beku

keju beku
thespruceeats.com

Keju juga ada yang beku lho, biasanya ini karena disimpan dalam lemari pendingin dalam waktu yang cukup lama. Terlebih karena keju memang sangat mudah dibekukan.

Saat keju membeku, maka teksurnya akan mengeras. Kalau sudah seperti itu butuh waktu yang cukup lama untuk membuat keju menjadi lembek dan mudah diiris.

Baca juga : Biar Hemat, 8 Bahan Makanan Ini Harus Kamu Beli dalam Jumlah Banyak

4. Kentang

kentang beku
eefoodphotos.com

Ngaku deh, pasti diantara sobat Qupas pernah membeli kentang beku dalam kemasan kan?

Nah, seharusnya hal tersebut bisa dihindari. Mengingat kentang yang sudah membeku akan berlendir dan lembek saat diolah. Iyuwh...nggak mau kan?

5. Makanan Kaleng

makanan kaleng
warstek.com

Kesalahan menyimpan makanan kaleng di pendingin kulkas hingga membeku. Tentu itu akan membuat kaleng menjadi rusak seperti bocor.

Dan isinya pun akan terkontaminasi oleh bakteri. Duh, duh hindari deh menyimpan makanan kaleng dalam keadaan beku.

6. Madu

madu beku
cookinglight.timeinc.net

Madu bisa awet dan tahan lama kalau nggak disimpan dalam pendingin lho. Untuk menghindari madu yang beku dan mengakibatkan kandungan madu akan mengkristal.

Selain itu, teksturnya pun akan mengeras dan susah dikeluarkan dari botol.

Itu lah enam bahan masakan yang baiknya nggak disimpan dalam keadaan beku. Tujuannya supaya cita rasa enak dan khasnya nggak hilang begitu saja.

0 Comment