Qupas Family

Untung dan Rugi Menggunakan Baby Bouncer yang Harus Bunda Ketahui

24 October 2019, at 10:00
Untung dan Rugi Menggunakan Baby Bouncer yang Harus Bunda Ketahui

Baby bouncer merupakan salah satu perlengkapan bayi berbentuk tempat tidur kecil yang dapat diayunkan atau berayun dengan sendirinya mengikuti gerakan buah hati.

Beberapa orang mengklaim bahwa baby bouncer sangat bermanfaat karena dapat membantu mempermudah proses pengasuhan bayi, sedangkan sebagian lainnya mengatakan bahwa alat tersebut berbahaya bagi si kecil.

bouncer
noskinoski.pl

Pro dan kontra tentang baby bouncer ini tentu saja membuat kamu sebagai orang tua baru menjadi pusing dan bingung harus mempercayai yang mana.

Oleh sebab itu, sebelum memutuskan untuk membeli baby bouncer, berikut ini manfaat dan bahayanya berdasarkan penelitian yang bisa kamu gunakan sebagai bahan pertimbangan.

Apa Manfaat Baby Bouncer?

manfaat baby bouncer
babygearspecialist.com

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa baby bouncer sangat berguna bagi bayi, terutama untuk membuat si kecil menjadi lebih tenang dan merasa nyaman.

Kondisi tersebut dapat terjadi karena bouncer membuat bayi merasa seolah sedang berada di rahim ibu. Saat si kecil belum di lahirkan, janin merasa diayun-ayunkan selama 24 jam dengan air ketuban yang membuatnya nyaman dan hangat.

hamil
fool.com

Berada di baby bouncer juga akan membuat buah hati merasa diayun-ayun karena alat tersebut akan bergerak mengikuti gerakan bayi.

Selain itu, perlengkapan bayi yang satu ini dapat membantu meringankan tugas orang tua saat harus mengawasi atau menjadi si kecil sambil mengerjakan tugas lain.

Baca Juga: Nggak Disarankan Oleh Dokter, Begini Bahaya Baby Walker yang Harus Kamu Ketahui

Benarkah Baby Bouncer Berbahaya?

bahaya baby bouncer
verywellfamily.com

Sebaliknya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal of Pediatrics justru menyebutkan bahwa penggunaan baby bouncer dapat berakibat fatal pada buah hati.

Membiarkan bayi tertidur di baby bouncer berisiko membuatnya tercekik oleh sabuk pengaman atau mengalami sesak napas.

Maka dari itu, ada baiknya jika kamu tetap mengawasi bayi dan nggak meletakkannya lebih dari 30 menit di baby bouncer untuk mencegah hal-hal yang nggak diinginkan.

Tips Memilih Baby Bouncer yang Tepat

tips memilih baby bouncer
momitall.net

Setelah mengetahui pro dan kontra tentang baby bouncer dan merasa bahwa risikonya dapat dihindari dengan berbagai cara, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini saat ingin membeli alat tersebut.

  • Pilih baby bouncer yang memiliki rangka atau penyangga yang kuat
  • Dua jenis baby bouncer yang bisa kamu pilih yaitu bouncer eletrik yang praktis namun lebih mahal dan bouncer manual yang lebih murah
  • Pilih bouncer yang memiliki tempat duduk empuk

bayi
walmart.com
  • Pastikan sabuk pengamannya kuat
  • Pilih yang tempat duduknya bisa diatur hingga datar untuk rebahan bayi
  • Pilih baby bouncer yang memiliki fitur tambahan seperti boneka gantung atau musik

Setelah mengetahui beberapa hal di atas, semoga Sobat Qupas lebih bijak dan mudah untuk memilih dan menggunakan baby bouncer untuk si kecil ya!