Qupas Family

Usia Berapa Bayi Boleh Dibawa Keluar? Ini Lho Jawabannya

23 December 2019, at 10:00
Usia Berapa Bayi Boleh Dibawa Keluar? Ini Lho Jawabannya

Memiliki buah hati merupakan keinginan hampir semua pasangan yang sudah menikah. Kehadiran anak biasanya dinilai sebagai pelengkap kebahagiaan dalam keluarga.

Maka dari itu, lahirnya seorang bayi biasanya akan disambut dengan gembira oleh siapa saja. Meskipun demikian, menjadi orang tua baru memang bukanlah tugas yang mudah. Ada banyak hal yang masih perlu dipelajari dan membuat khawatir.

Sebagai orang tua baru, sebagian orang mungkin ingin segera memperkenalkan keindahan dunia kepada buah hatinya. Akan tetapi, bolehkah bayi baru lahir dibawa ke luar rumah?

bayi baru lahir
allthepost.com

Dilansir dari laman parents.com, sebelum mengajak bayi ke luar rumah ada beberapa hal yang perlu dipastikan. Pertama, keadaan si kecil yang memang memungkinkan untuk melakukan hal tersebut dan kedua, udara dan lingkungan sekitar yang aman untuk tumbuh kembang buah hati.

Baca Juga: Bayi Suka Main Ludah? Ternyata Ada Manfaatnya Lho!

Terlalu buru-buru membawa bayi ke luar rumah justru bisa menyebabkan masalah kesehatan dan juga mempengaruhi perkembangannya.

bayi dan orang tua
lisbonlx.com

Lantas, usia berapa sih bayi boleh dibawa keluar rumah? Meskipun terkesan sepele, namun kegiatan yang satu ini memang butuh banyak pertimbangan. Pasalnya, berada di luar rumah akan membuat buah hati terpapar oleh banyak hal yang mungkin berbahaya.

Menurut para ahli, bayi belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang sempurna. Maka, ia sangat rentan terhadap bakteri dan virus.

Oleh sebab itu, sebaiknya orang tua mulai mengenalkan bayi ke dunia luar setelah sistem kekebalan tubuhnya sudah cukup kuat yaitu saat usianya mencapai 2 sampai 3 bulan.

bayi dibawa ke luar
diphealth.com

Walau begitu, ada juga beberapa orang yang memilih untuk membawa si kecil ke luar rumah sejak sedini mungkin untuk menjemurnya di bawah sinar matahari.

Aktivitas ini boleh saja dilakukan asal membawa bayi ke luar nggak kurang dari jam 6 dan nggak melebihi jam 9 pagi. Atau saat udara masih bersih dan nggak terlalu panas.

Nah, itu dia Sobat Qupas usia yang tepat untuk membawa bayi ke luar rumah. Orang tua baru wajib tahu nih. Ternyata nggak boleh asal ya!