Usia Ternyata Pengaruhi Naik dan Turunnya Berat Badan Lho, Begini Penjelasannya

03 September 2019, at 10:00
0
0
Usia Ternyata Pengaruhi Naik dan Turunnya Berat Badan Lho, Begini Penjelasannya

Pernahkan kamu merasa semakin kesulitan untuk menurunkan atau menaikkan berat badan? Hal tersebut ternyata bisa dipengaruhi oleh usia lho.

Mungkin banyak yang belum tahu, akan tetapi nyatanya usiamu dapat berpengaruh pada diet yang sedang kamu lakukan.

Berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebab sulitnya mendapatkan berat badan ideal seiring dengan bertambahnya usia.

1. Massa Otot Berkurang Seiring dengan Bertambahnya Usia

massa otot
doktersehat.com

Seiring dengan bertambahnya usia, tubuh akan mengalami penyusutan massa otot. Hal tersebut terjadi karena adanya perubahan hormon yang membuat tubuh nggak mampu memperbaiki sel-sel otot yang rusak.

Dibandingkan dengan memperbaiki, sel otot lebih banyak dihancurkan dan hal tersebut secara nggak langsung membuat kalori yang masuk dalam tubuh nggak bisa terbakar dengan normal.

kehilangan massa otot
cyberbuff.ru

Apabila massa otot berkurang, maka tubuh juga mengurangi kebutuhan kalorinya. Akan tetapi kebanyakan orang nggak menyadari hal ini sehingga mengonsumsi lebih banyak dari yang dibutuhkan.

Kondisi tersebut menaikkan risiko terjadinya obesitas pada seseorang seiring dengan bertambahnya usia.

2. Terjadinya Perubahan Hormon

perubahan hormon
vargasfaceandskin.com

Dilansir dari CDC, perubahan hormon selalu merupakan hal yang pasti terjadi dalam proses penuaan terutama saat menginjak usia paruh baya.

Pada perempuan, biasanya hal tersebut akan terjadi saat memasuki periode menopause yang menyebabkan produksi estrogen menurun drastis. Kondisi tersebut biasanya berpengaruh pada melambatnya proses pembakaran lemak di perut.

Sedangkan pada pria, seiring dengan bertambahnya usia maka akan terjadi perubahan pada hormon testosteron yang sekaligus mengubah sirkulasi lemak dan massa otot.

Baca Juga: 8 Gejala Menopause yang Harus Perempuan Ketahui Sejak Dini

3. Proses Metabolisme yang Semakin Lambat

proses metabolisme lambat
hellosehat.com

Salah satu penyebab mengapa seseorang yang sudah berumur kesulitan mendapatkan berat badan yang ideal adalah melambatnya proses metabolisme.

Meskipun demikian, usia bukan satu-satunya hal yang dapat menyebabkan proses metabolisme melambat dan memengaruhi berat badan. Beberapa faktor lain seperti bentuk badan, jenis kelamin, serta adanya penyakit tertentu juga dapat menyebabkan hal tersebut.

4. Mencegah Sejak Muda

olahraga
empowerme.health

Mumpung masih muda dan belum mengalami, sebaiknya kamu melakukan berbagai pencegahan agar nanti saat sudah berumur tetap bisa mendapatkan berat badan ideal sehingga nggak berpotensi terserang berbagai masalah kesehatan seperti obesitas dan diabetes.

Mulailah dengan hal-hal sederhana seperti mengonsumsi makanan sehat, mengatur porsi makan, banyak minum air putih, dan rutin berolahraga.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal yang perlu kamu ketahui terkait hubungan antara berat badan dan bertambahnya usia.

0 Comment