Usia Wanita Lebih Panjang Dari Pria, Apa Alasannya?

11 November 2018, pada 04:30
1
0
Usia Wanita Lebih Panjang Dari Pria, Apa Alasannya?

Pernahkah kamu menyadari jika wanita memiliki peluang hidup lebih lama daripada kaum pria? Bahkan, menurut data statistik menyebutkan jika populasi janda sangat banyak dan jumlahnya terus bertambah. Janda-janda tersebut kebanyakan ditinggal wafat oleh suaminya.

Memang terdengar cukup aneh, sebab pada dasarnya wanita adalah makhluk yang lembut dan kurang kuat fisiknya bila dibandingkan oleh pria. Tapi kenapa peluang hidupnya lebih lama?

Berangkat dari data dan rasa penasaran, akhirnya banyak pakar kesehatan yang mencoba melakukan penelitian mendalam untuk membahas hal ini. Salah satu penelitian yang bisa menjawab rasa penasaran ini adalah peneliti dari Amerika Serikat.

Usia Wanita Lebih Panjang Dari Pria, Apa Alasannya?
videoblocks.com

Dalam Jurnal Prosiding National Academy of Sciences, para peneliti tersebut menganalisis kematian terhadap beberapa orang dari segala usia dan jenis kelamin.

Didapati hasil bahwa perempuan memang lebih memiliki kesempatan hidup yang lebih panjang daripada pria. Hal itu diperkuat lagi dengan data yang menyebutkan bahwa jumlah kematian pria lebih banyak daripada jumlah kematian wanita.

Lebih jelas lagi disebutkan jika wanita lebih kuat menahan tekanan. Kendati fisiknya lemah, tapi wanita diuntungkan dari segi biologisnya. Di mana setiap wanita memiliki beberapa hormon kuat, salah satunya adalah estrogen.

Baca juga: Sulit Hamil? Jangan-Jangan Kamu Menderita Penyakit ini

Usia Wanita Lebih Panjang Dari Pria, Apa Alasannya?
gethealthadvise.com

Hormon ini berfungsi sebagai pertahanan yang tangguh terhadap ancaman berbagai macam penyakit. Oleh karenanya, kebanyakan wanita yang memiliki biologis baik jarang terkena penyakit. Walaupun sakit, pasti akan sembuh dalam waktu cepat.

Bahkan, tidak hanya fisik saja. Dalam penelitian tersebut dijelaskan pula jika hasil analisa data mengatakan bahwa wanita adalah makhluk yang paling kuat dalam menjalani tantangan hidup.

Wanita kuat menahan lapar, bila dibandingkan dengan kaum pria. Kembali lagi ke urusan biologis dan hormonal. Pria cenderung lebih mudah lapar jika dibandingkan dengan wanita.

Usia Wanita Lebih Panjang Dari Pria, Apa Alasannya?
herworld.com

Maka tak heran jika begitu banyak pria yang mengeluh ketika belum makan, tapi berbeda dengan wanita yang terbilang lebih santai dan kuat menahan rasa lapar.

Namun walau unggul dalam urusan biologis, setiap wanita harus tetap menjaga kesehatannya dengan mengonsumsi makanan sehat, perbanyak olahraga, serta meningkatkan kualitas tidur.

Sebab sekuat-kuatnya sistem imun yang dimiliki pasti akan rapuh ketika tidak dijaga dengan baik yang akhirnya menyebabkan terjadinya penyakit yang mengancam nyawa.

0 Komentar