Sekarang ini, kamu pasti sudah tidak asing dengan istilah vegan maupun vegetarian. Berbagai produk vegan dan vegetarian pun telah banyak dijumpai. Tak hanya itu, restoran khusus vegan dan vegetarian pun mulai bermunculan di kota-kota besar. Beberapa orang yang kamu kenal pun kemungkinan ada yang mengklaim dirinya vegan atau vegetarian. Banyak dari kita mengira vegan dan vegetarian adalah hal yang sama. Memang, baik vegan maupun vegetarian sama-sama tidak memakan daging. Hanya saja, kedua hal tersebut ternyata cukup banyak berbeda. Lantas, apa sih perbedaan keduanya?

 

Walaupun sama-sama tidak memakan daging, ternyata vegan tidak memakan semua produk turunan dari hewan yang berarti mereka tidak memakan madu, telur, susu, dan produk turunan hewan yang lain. Selain tidak mengonsumsi produk turunan daging, vegan juga tidak menggunakan produk-produk yang menggunakan bagian dari hewan seperti kulit, wool, dan sutera dalam kesehariannya. Sementara itu, vegetarian masih mengonsumsi telur dan susu walau tidak memakan ikan dan unggas.

 

pexels.com

Ada beberapa tipe vegetarian, di antaranya lacto-vegetarian, yang mengonsumsi susu dan produk olahannya tapi tidak mengonsumsi telur; lalu ovo-vegetarian, yang mengonsumsi telur dan tidak mengonsumsi susu dan produk olahannya; lacto-ovo-vegetarian, yang mengonsumsi baik telur, susu dan produk olahannya. Sementara itu, ada juga pescetarianism, sebuah diet yang tidak mengonsumsi daging dan unggas, tetapi masih mengonsumsi ikan.

 

Sementara vegetarian merupakan sebuah diet, vegan adalah sebuah gaya hidup. Bagaimana tidak, selain tidak mengonsumsi daging, unggas dan ikan, vegan juga tidak memakai semua produk yang memanfaatkan hewan dalam pembuatannya. Contohnya, vegan tidak menggunakan semua produk fesyen yang terbuat dari kulit dan bulu seperti jaket bulu dan sweater wol, tidak menggunakan kosmetik yang diuji pada hewan, dan juga tidak mengonsumsi obat-obatan yang terbuat dari kapsul gelatin. Tak hanya itu, vegan juga menganggap bahwa hewan tidak seharusnya dieksploitasi dan dikomersialisasi.

 

Lalu, apa yang mereka konsumsi, ya? Nah, baik vegan dan vegetarian menggunakan sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian sebagai bahan baku utama makanan mereka. Banyak latar belakang mengapa orang-orang memilih untuk menjadi vegan atau vegetarian. Biasanya, mereka menjadi vegan atau vegetarian karena alasan kesehatan. Ya, pola makan vegan maupun vegetarian dipercaya dapat menguatkan kesehatan jantung dan bahkan dapat menjauhkan tubuh dari resiko terkena kanker.

Topics:

0 Comment