Vihara Ksitigarbha Bodhisattva, Wisata di Tanjungpinang Rasa Negeri Tiongkok

01 April 2019, at 04:00
0
0
Vihara Ksitigarbha Bodhisattva, Wisata di Tanjungpinang Rasa Negeri Tiongkok

Pernah dengar soal Patung Terakota? Yap! Komplek makam kaisar tersebut ada di Reppublik Rakyat Tiongkok atau China. Banyak orang yang rela datang ke sana. Mungkin warga negara Indonesia juga begitu.

Tapi sekarang nggak perlu jauh-jauh ke Tiongkok karena di Indonesia ada destinasi mirip Patung Terakota. Letaknya di Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Vihara Ksitigarbha Bodhisattva namanya.

Baca juga: Wisata di Indonesia dan Tempat Lain di Luar Negeri Ini Mirip Banget!

Mau tahu seperti apa pesona Vihara Ksitigarbha Bodhisattva yang sesungguhnya? Yuk mari cek fakta-fakta di bawah ini!

1. Ikon Baru di Kota Tanjungpinang

wisata religi vihara ksitigarbha bodhisattva
instagram.com/pesonaid_travel

Bukan cuma Pulau Penyengat atau Gedung Gonggong, sekarang ada ikon baru di Kota Tanjungpinang. Vihara Ksitigarbha Bodhisattva namanya.

Destinasi Tanjungpinang yang telah diresmikan pada 10 Februari 2017 lalu ini juga dikenal dengan julukan vihara seribu wajah atau seribu patung, lho. Kenapa ya?

2. Patung Seribu Wajah di Vihara

wisata vihara ksitigarbha bodhisattva tanjungpinang
instagram.com/apri.ep

Alasan destinasi mirip luar negeri yang dibangun selama 14 tahun ini dijuluki sebagai vihara seribu wajah adalah karena ada 500 patung Lohan dengan beragam rupa.

Ada pula 40 lebih patung dewa-dewa dalam kepercayaan Buddha. Meski jumlahnya nggak tepat seribu, tetap saja 500 itu adalah angka yang cukup banyak.

3. Patung dengan Ekspresi Berbeda

vihara ksitigarbha bodhisattva
instagram.com/rickywijaya17_

Menariknya lagi, patung di vihara ini juga punya ekspresi berbeda satu sama lain. Semuanya seakan sedang mengajakmu berkomunikasi.

4. Destinasi Religi di Riau

wisata religi vihara ksitigarbha bodhisattva riau
instagram.com/lisagermaneau

Vihara Ksitigarbha Bodhisattva sebenarnya merupakan tempat ibadah umat Buddha. Tapi sekarang juga jadi destinasi wisata religi di Kota Tanjungpinang maupun Provinsi Kepulauan Riau.

Baca juga: Wisata Religi di Indonesia Ini Cantik dan Mewah!

5. Arsitektur Bak Negeri Tiongkok

vihara ksitigarbha bodhisattva tanjungpinang
instagram.com/yandraism

Nggak perlu jauh-jauh ke Negeri Tiongkok karena saat memasuki komplek vihara ini, kamu seakan terbawa sampai ke negara di Asia Timur tersebut.

Tepat di pntu masuk, kamu akan melewati gedung bak gerbang kota kuno. Batu-batu tersusun rapi membentuk bangunan besar. Tepat di atasnya ada bangunan dengan atap bertingkat khas Negeri Tiongkok. Ada pula patung naga yang menambah keeksotisan tempat ini.

6. Salah Satu Vihara Terbesar di Asia Tenggara

wisata vihara ksitigarbha bodhisattva
instagram.com/tegulamanis

Dilansir dari batamnews.co.id, Vihara Ksitigarbha Bodhisattva termasuk salah satu vihara terbesar se-Asia Tenggara setelah Tiongkok atau China, lho. Hmm, jadi ikut bangga ya?

7. Patung Didatangkan Langsung dari Tiongkok

vihara ksitigarbha bodhisattva kepulauan riau
instagram.com/hennysusanty

Kabarnya, patung di vihara ini juga didatangkan langsung dari Negeri Tiongkok. Sang pengelola, Bobby Jayanto pun menginformasikan bahwa harga satu patung bisa mencapai Rp25 juta. Wow!

8. Rute ke Vihara Ksitigarbha Bodhisattva

wisata vihara tanjungpinang
instagram.com/yurikesafa

Lokasi Vihara Ksitigarbha Bodhisattva ada di sebelah Barat Kota Tanjungpinang. Jaraknya kurang lebih 10 kilometer dari pusat kota dengan waktu tempuh sekira 20 menit berkendara.

Untuk bisa sampai di wisata religi Tanjungpinang ini, kamu bisa melewatu Jalan Nusantara yang mengarah ke barat menuju perbatasan kota.

Sekitar 1 kilometer sebelum masuk perbatasan Kabupaten Bintan, ada jalan masuk ke kanan. Jalan Asia Afrika (KM 14). Tepat di ujung jalan tersebut, kamu bisa jalan kaki menanjak untuk masuk komplek vihara.

Baca juga: Surga Tersembunyi di Pulau Bintan, Bikin Mata Nggak Berkedip Saking Cantiknya!

So, kapan nih mampir ke Vihara Ksitigarbha Bodhisattva? Nggak perlu jauh-jauh ke Negeri China. Toh Indonesia juga punya patung seribu wajah seperti Negeri Tiongkok. Hitung-hitung hemat budget juga, kan?

0 Comment