Viral Mata Balita Asal Bandung yang Berubah Warna, Ternyata Hal-hal Ini Bisa Memengaruhinya

05 September 2019, at 11:00
0
0
Viral Mata Balita Asal Bandung yang Berubah Warna, Ternyata Hal-hal Ini Bisa Memengaruhinya

Beberapa hari ini, anak berusia dua setengah bernama Amelia Anggraeni mencuri perhatian banyak orang. Pasalnya, gadis kecil yang berasal dari Bandung ini memiliki tiga warna mata yang bisa berubah-ubah.

Mata Amelia bisa berwarna hitam, biru, dan abu-abu. Meskipun aneh, akan tetapi dr Dominica Herlijana, Spesialis Mata RS Hasan Sadikin Kota Bandung mengatakan bahwa perubahan tersebut bukanlah tanda penyakit. Hal tersebut juga bisa disebabkan oleh keturunan.

Selain itu, sebuah penelitian menemukan bahwa makanan yang dikonsumsi dan beberapa hal berikut ini juga bisa menjadi penyebab warna mata berubah lho.

1. Makanan Tertentu

madu
123rf.com

Beberapa ahli percaya bahwa warna iris dan kesehatan organ-organ dalam tubuh memiliki hubungan yang sangat kuat. Selain itu, kuadran luar mata diklaim memiliki keterkaitan dengan kesehatan otak, sedangkan lingkaran dalam terhubung dengan sistem pencernaan.

Oleh sebab itu, mengonsumsi makanan tertentu dapat mengubah warna mata. Misalnya, madu organik dapat menambah warna hangat, bayam membuat lebih muda dan cerah, sedangkan makanan laut bisa membantu membuat warna lebih kuat.

minyak zaitun
themarketfact.com

Makanan lainnya dapat memengaruhi warna mata adalah bawang, kacang, dan minyak zaitun. Akan tetapi, perubahan warna nggak akan serta merta terjadi setelah kamu mengonsumsi makanan-makanan tersebut ya.

Dibutuhkan diat mekanan ketat dan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasil tersebut.

2. Suasana Hati

suasana hati
pexels.com/@markarronsmith

Selain makanan yang dikonsumsi, ternyata suasana hati juga bisa memengaruhi warna matamu lho. Saat terlalu senang atau sedih, frekuensi detak jantung akan meningkat dan kamu akan merasa kesulitan untuk bernapas.

Ketika hal tersebut terjadi, sebenarnya warna iris mata juga ikut berubah menjadi lebih gelap atau terang lho. Hanya saja, perubahan tersebut nggak terlalu signifikan sehingga nggak mudah dilihat apabila nggak terlalu diperhatikan.

Baca Juga: Vitamin A Saja Tidak Cukup, Lakukan 8 Kebiasaan Ini untuk Menjaga Kesehatan Mata

3. Melanin dan Usia

mata biru
dstudiosphotography.com

Terkait dengan perubahan warna mata, dr Dominica Herlijana juga mengatakan bahwa hal tersebut tergantung pada kadar melanin dan genetis.

Seorang bayi yang lahir dengan mata biru atau keabu-abuan memiliki kandungan melanin yang rendah dalam iris, sehingga menyebarkan cahaya dan menghasilkan warna yang lebih cerah.

mata coklat
gettyimages.com

Akan tetapi, warna tersebut bisa berubah menjadi lebih gelap jika jumlah melanosit dalam iris bertambah. Bayi yang lahir dengan kondisi mata cerah terkadang masih mengalami perubahan warna sampai usia 12 tahun.

Sedangkan bayi yang lahir dengan mata gelap seperti coklat nggak mengalami perubahan warna selama sisa hidupnya. Hal tersebut karena kandungan melanin yang tinggi sehingga lapisan terluar iris menyerap dan menghasilkan warna tersebut.

4. Sinar Matahari dan Tempat Tinggal

sinar matahari dan tempat tinggal
pexels.com/@josh-willink-11499

Selain hal-hal di atas, ternyata cahaya matahari dan tempat tinggal juga berpengaruh pada warna mata lho. Hal tersebut dibuktikan dengan dominasi warna mata pada di beberapa negara.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Copenhagen menemukan bahwa pada walanya semua orang bermata coklat. Akan tetapi ribuan tahun lalu terjadi mutasi yang menyebabkan menurunnya produksi melanin pada masyarakat di beberapa derah dengan kondisi alam tertentu.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal yang dapat memengaruhi perubahan warna pada mata seperti yang dialami oleh Amelia.

0 Comment