Viral Seorang Ibu Basmi Kutu Rambut Pakai Obat Nyamuk Semprot pada Anaknya

28 August 2019, at 12:00
0
0
Viral Seorang Ibu Basmi Kutu Rambut Pakai Obat Nyamuk Semprot pada Anaknya

Sebuah video yang diunggah oleh akun Instagram @makassar_iinfo telah menjadi perbincangan banyak warganet. Pasalnya dari unggahan tersebut terlihat seorang ibu dengan obat nyamuk semprot di tangan.

Kemudian, obat nyamuk semprot itu digunakan untuk menghilangkan kutu yang tumbuh di rambut sang anak.

Dari raut sang wajah sang ibu, nggak terlihat khawatir perihal efek buruk dari penggunaan obat nyamuk untuk membasmi kutu.

instagram.com/makassar_iinfo

Sementara itu, sang anak hanya menutupi mukanya dengan kain agar asap anti nyamuk nggak terhirup olehnya. Saat video berlangsung, terdengar juga suara dari seorang perekam yang mengatakan

“ini mematikan telur-telur kutu. Cara mematikan telur kutu yang paling sederhana dan bermanfaat. Yang di rumah bisa meniru.”

Baca juga: Demi Bisa Sekolah, 4 Kisah Perjuangan Anak Indonesia Ini Bikin Hati Terenyuh

instagram.com/makassar_iinfo

Lantas video berdurasi 30 detik itu langsung mengundang banyak komentar pro dan kontra. Seperti yang disampaikan oleh akun Instagram @murtikss yang menuliskan,

“cara lain yang lebih mudah: ketika keramas, sementara berbusa disisir pakai sisir kutu, tapi tiap sekali sisir langsung dicuci sisirnya supaya tidak kembali kerambut dan diulang berkali-kali”.

Walau begitu, namun cara tersebut salah untuk dilakukan lho. Diambil dari berbagai sumber, obat nyamuk semprot memiliki bahan kandungan aktif seperti DEET.

instagram.com/makassar_iinfo

Kandungan tersebut gunanya untuk mengusir dan mencegah penyakit oleh nyamuk. Selain itu, ada kandungan lainnya seperti piretin yang dibuat dari bunga krisan.

Bunga krisan memiliki kandungan berbahaya. Jika dihirup oleh manusia secara terus menerus dalam jangka waktu yang cukup lama, bisa menyebabkan kematian.

Baca juga: Mengenal Audrey Yu dan 3 Anak Jenius Asal Indonesia Lainnya yang Memukau Dunia

Dari penjelasan singkat tersebut, maka penggunaan obat nyamuk semprot untuk membasmi kutu di kepala bukan lah yang nggak tepat.

Cara lain membasmi kutu di setiap helai rambut dengan cara yang nggak tepat lainnya adalah dengan menggunakan kapir barus dan minyak. Mungkin sebagian orang pernah melakukan hal ini agar rasa gatal akibat kutu bisa berkurang.

kapur barus
gettyimages.com

Namun dilansir dari alodokter.com, mencampurkan kapur barus dengan minyak belum terbukti secara medis untuk menghilangkan kutu rambut lho.

Bahkan bahan kimia yang terkandung dalam kapur barus bisa mengakibatkan iritasi pada kulit kepala. Agar lebih amannya, sobat Qupas mungkin bisa menggunakan sisir kutu sehari tiga kali.

Jadi, jangan sekali-kali mencoba hal yang mungkin bisa memberikan efek buruk pada tubuh seusai menggunakannya secara berjangka.

0 Comment