Viral Video Perempuan Makan Sabun, Ternyata Ia Mengidap Sindrom Ini!

14 February 2019, pada 09:00
0
0
Viral Video Perempuan Makan Sabun, Ternyata Ia Mengidap Sindrom Ini!

Dunia maya sedang dihebohkan dengan beredarnya video viral makan sabun. Video tersebut menampakkan seorang wanita yang menikmati sabun tanpa ada rasa jijik dan terlihat sangat menyukainya.

Seolah-olah sabun mandi tersebut adalah es krim yang sangat enak. Tidak hanya sekali, perempuan yang bernama Khosik Assyfa ini mengunggah beberapa video serupa melalui akun Instagram pribadinya @khosikmubarokkk.

video viral makan sabun
instagram.com/khosikmubarokkk

Meskipun jenisnya tetap sama yaitu sabun batangan, namun Assyfa mencoba beberapa merek yang berbeda. Jadi, sebenarnya apa yang terjadi pada Assyfa? Lalu bagaimana dampaknya bagi kesehatan?

Berikut ini merupakan beberapa hal tentang gangguan makan yang dialami perempuan makan sabun tersebut beserta ilustrasinya.

1. Sindrom PICA

makan sabun demi konten sindrom pica
designideas.pics

Warganet pun menanggapi hal ini dengan berbagai macam komentar. Sebagian mengasihaninya karena dianggap memiliki kelainan. Namun ada banyak juga yang mencibirnya karena dianggap makan sabun demi konten dan ketenaran.

Terlepas dari apakah dia hanya ingin menjadi viral dan lain sebagainya, dalam ilmu kedokteran perilaku tersebut disebut sebagai PICA (Problem Identification Corrective Action).

Sindrom ini merupakan salah satu gangguan kejiwaan yang mendorong seseorang untuk mengonsumsi sesuatu yang bukan makanan.

Sebelumnya juga sudah banyak kasus tentang orang-orang yang gemar memakan kapur, tanah, koran, dan lain sebagainya.

2. Penyebab

penyebab suka makan sabun mandi
4men1lady.com

Penderita PICA biasanya tidak memiliki abnormalitas secara biologis. Kekurangan vitamin dan mineral zinc lah yang biasanya dianggap sebagai penyebab perilaku atau keinginan makan yang aneh tersebut.

Seseorang dikatakan telah mengalami PICA apabila kebiasaan makan yang tidak biasa tersebut sudah berlangsung selama lebih dari satu bulan.

Pada anak-anak, masalah ini bisa saja terjadi karena kurangnya perhatian dan keluarga yang tidak harmonis.

Baca Juga: Ini Tanda Mentalmu Tidak Sehat, Segeralah Pergi Berobat!

3. Bahan Kimia dalam Sabun Batangan

bahan kimia dalam sabun batangan
farmhousefreshgoods.com

Ada beberapa orang yang juga gemar mengonsumsi sabun seperi Assyfa. Padahal, di dalam benda tersebut terdapat banyak bahan kimia yang tidak baik untuk tubuh.

Sabun terbuat dari senyawa alkali (natrium hidroksida atau kalium hidroksida) yang dicampur dengan lemak nabati atau hewani sebagai pewangi.

Komposisi tersebut digunakan untuk menghilangkan minyak dan kotoran pada permukaan tubuh yang bersifat asam. Oleh sebab itu, beberapa masalah kesehatan berikut ini bisa kamu rasakan jika sering mengonsumsi sabun.

4. Infeksi Saluran Pencernaan

bahaya makan sabun video viral makan sabun
1health.id

Salah satu bahaya makan sabun adalah terjadinya infeksi pada saluran pencernaan. Kondisi tersebut merupakan reaksi normal dari sel-sel usus karena adanya benda asing yang masuk ke tubuh.

Zat-zat kimia pada sabun yang bersifat iritan dan beracun akan membuat perut menjadi mulas. Hal ini karena usus merangsang agar zat berbahaya tersebut segera dikeluarkan melalui reaksi buang air besar.

5. Malnutrisi

perempuan makan sabun bisa mengalami kekurangan gizi
sahabatkecc.com

Bahaya lain dari sindrom PICA adalah kekurangan gizi atau nutrisi. Penderita masalah kesehatan ini cenderung mengonsumsi benda-benda yang tidak lazim dan bukan makanan.

Masalahnya, yang dikonsumsi biasanya tidak mengandung gizi dan tidak baik untuk tubuh. Inilah yang dapat menyebabkan malnutrisi bagi siapapun yang melakukannya.

6. Merusak Metabolisme Tubuh

riauone.com

Dokter Barton Bliner, seorang ahli PICA mengatakan bahwa gangguan makan tersebut dapat merusak metabolisme tubuh.

Apabila penderita masalah kesehatan tersebut tidak menghentikannya melalui terapi dan lain sebagainya, maka tubuh lah yang menjadi korban.

Kandungan kimia di dalam sabun lama kelamaan dapat menyebabkan hal-hal yang tidak diingainkan pada tubuh, meskipun efeknya tidak langsung terasa.

Baca Juga: Hati-Hati, Kandungan Kimia pada Plastik Bisa Meracunimu

7. Kerusakan Organ

wanita makan sabun demi konten bisa terkena kerusakan organ
hellosehat.com

Selain merusak metabolisme, perilaku PICA juga bisa menyebabkan kerusakan organ. Dalam hal ini yang dikonsumsi adalah sabun.

Organ dalam seperti empedu bisa saja mengalami kelainan fungsi dan menjadi rusak akibat zat iritan dan beracun yang ada di dalamnya.

8. Gangguan Saraf

bahaya makan sabun gangguan saraf
hellosehat.com

Tidak hanya itu, mengalami gangguan saraf juga termasuk dalam bahaya makan sabun. Semuanya disebabkan oleh kandungan sabun yang sebenarnya tidak dirancang untuk dimakan.

Melainkan, untuk membersihkan minyak alami tubuh beserta kotoran yang menempel. Selain itu meskipun terbuat dari protein hewani atau nabati, hal tersebut tidak menjamin bahwa pewangi dalam sabun aman bagi tubuh.

Sindrom PICA harus ditangani secara tepat dengan berkonsultasi kepada psikolog. Apabila dibiarkan dalam jangka waktu yang lama maka akan terjadi gangguan kesehatan pada tubuh orang yang mengalaminya.

0 Komentar