Vitamin A Saja Tidak Cukup, Lakukan 8 Kebiasaan Ini untuk Menjaga Kesehatan Mata

01 March 2019, at 00:00
0
0
Vitamin A Saja Tidak Cukup, Lakukan 8 Kebiasaan Ini untuk Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan salah satu indra penting yang harus dijaga. Kebanyakan orang menganggap bahwa asupan vitamin A saja sudah cukup untuk membuat indera penglihatan tersebut tetap sehat.

Padahal, ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab penyakit atau gangguan pada mata. Sehingga, ada banyak hal pula yang harus dilakukan untuk mencegahnya.

Selain mencukupi asupan vitamin A, berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan mata.

Baca Juga: Tanpa Lasik, 5 Hal Ini Akan Kurangi Minusmu

1. Jarak Lihat yang Tepat

pexels.com/@rawpixel

Aktivitas sehari-hari seperti membaca buku, menonton tv, bermain game, bermain handphone, dan lain sebagainya merupakan kegiatan yang bisa merusak mata apabila dilakukan dengan cara yang tidak tepat.

Jarak mata dengan objek penglihatan harus dijaga agar tidak terlalu dekat untuk mengurangi risiko kerusakan. Menonton Tv misalnya, usahakan untuk memberikan jarak sekiatr 2 meter. Semakin besar layar semakin jauh jaraknya.

Apabila kamu terlalu lama menatap objek dengan jarak yang terlalu dekat, maka otot mata akan menjadi tegang dan mudah lelah.

2. Mengonsumsi Makanan yang Bergizi

pexels.com/@oleg-magni

Selain menjaga jarak pandang, kamu juga harus mengonsumsi makanan yang bergizi untuk menjaga kesehatan mata.

Makanan yang mengandung omega-3, zink, vitamin E, dan lutein sangat penting agar mata terhindar dari berbagai masalah pada retina.

3. Hindari Sinar Matahari Berlebih

pexels.com/@olly

Ternyata, sinar matahari juga bisa menjadi salah satu penyebab kerusakan mata, lho. Sehingga kamu perlu menggunakan kacamata hitam apabila sering beraktivitas di luar ruangan. Hal ini dilakukan untuk menghindari sinar ultraviolet.

Mata yang sering terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang lama memiliki risiko tinggi terkena katarak.

4. Jangan Menggosok Mata

familyeyeco.com

Menggosok atau mengucek mata merupakan salah satu kegiatan yang pasti pernah dilakukan oleh semua orang. Tidak jarang, kamu melakukannya tanpa sadar karena merasa gatal atau terkena sesuatu dari luar.

Kondisi ini ternyata juga bisa menjadi penyebab kerusakan. Salah satu cara menjaga kesehatan mata adalah dengan menghindari menggosok mata dengan kencang atau terlalu lama.

Hal tersebut bisa menyebabkan mata merah, iritasi, bahkan peradangan.

Baca Juga: Mata Merah Tetapi Tidak Sakit? Ini Penyebabnya

5. Berolahraga

pexels.com/@mentatdgt-330508

Apapun masalah kesehatannya, olahraga merupakan solusi wajib yang selalu disarankan. Begitu dengan menjaga kesehatan mata, kamu harus melakukannya dengan rutin agar tidak terkena penyakit.

Tenang saja, ada banyak sekali alternatif untuk olahraga di rumah yang bisa kamu lakukan.

6. Jangan Merokok

pexels.com/@oleg-magni

Sejak awal, merokok memang merupakan kegiatan yang tidak disarankan dan merusak kesehatan. Bukan hanya paru-paru, mata pun bisa terganggu apabila kamu melakukan kegiatan tersebut terus-menerus setiap hari.

Maka dari itu, hindari atau kurangi merokok sebagai salah satu cara menjaga kesehatan mata. Lakukan hal tersebut agar kamu terhindar dari risiko katarak, kerusakan saraf, hingga degenerasi makular.

7. Hindari Menatap Layar atau Lainnya dalam Keadaan Gelap

pexels.com/@nappy

Jika kamu hobi membaca, pastikan kamu melakukan hal tersebut dengan cahaya yang cukup terang dan tidak membuat sakit mata.

Membaca atau menatap layar, baik handphone maupun laptop dan lain sebagainya, dengan keadaan gelap akan membuat mata bekerja lebih keras.

8. Periksa Mata Secara Rutin

pexels.com/@rawpixel

Cara menjaga kesehatan mata yang terakhir adalah dengan memeriksakannya ke dokter setiap 6 bulan sekali. Hal ini akan membantumu mengetahui gejala-gejala awal apabila terjadi penyakit.

Terlebih lagi, ada beberapa penyakit mata yang tidak memiliki gejala seperti glukoma. Memeriksakan diri secara rutin akan membuat mata menjadi lebih sehat.

Baca Juga: Cepat Periksa ke Dokter Apabila Merasa Sakit Mata, Jangan Sampai Seperti Pria Ini

Selain asupan vitamin A yang cukup, beberapa hal di atas merupakan cara menjaga kesehatan mata yang harus dilakukan.

Mata adalah jendela dunia, maka harus dijaga kesehatannya. Tanpa adanya fungsi yang baik dari organ tersebut, kamu tidak akan bisa melihat banyak hal indah disekitarmu.

0 Comment