Waduh! Sering Dipakai Artis Terkenal, Ternyata Lipstik ini Bisa Menyebabkan Kanker

24 November 2018, at 02:00
1
0
Waduh! Sering Dipakai Artis Terkenal, Ternyata Lipstik ini Bisa Menyebabkan Kanker

Lagi, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan enam kosmetik lokal yang terbukti berbahaya. Dari seluruh produk tersebut, empat diantaranya adalah lipstik dari QL Cosmetics, sedangkan dua lainnya adalah eyeshadow dari Marie Anne Beauty.

Padahal, QL Cosmetics diketahui menggaet aktris Kimberly Rider sebagai bintang iklannya. Selain itu, brand ini bahkan sering meng-endorse artis terkenal seperti Gracia Indri, Marion Jola, dan Fanny Ghassani.

fanny dan gracia indri memakai lipstik ql cosmetics
instagram.com/qlcosmetic

Empat varian lipstik matte dari QL Cosmetics yang ditarik peredarannya oleh BPOM adalah Sunset Orange (07), Flaming Red (08), Pretty Peach (09), dan Lady Red (10).

Lipstik matte yang sering dipakai selebriti ini saat dilakukan uji laboratorium terbukti mengandung bahan berbahaya, merah K3. Ini adalah bahan pewarna yang seharusnya untuk tekstil.

Bila digunakan pada manusia, merah K3 bisa bersifat karsinogenik (menyebabkan kanker), teratogenik (memicu kelainan pada janin), dan menimbulkan iritasi kulit.

ql matte lipstick
blogspot.com

Padahal dalam situsnya, QL Cosmetic menuliskan bahwa semua produknya telah mendapatkan izin edar dan lulus sertifikasi BPOM. Hal ini pun tak dibantah oleh pihak BPOM.

Namun Maya Agustina selaku Deputi Bidang Pegawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik BPOM, menambahkan, banyak juga brand kosmetik yang akhirnya tersandung kasus karena melanggar komitmen.

Baca juga: 57 Kosmetik Palsu dan Berbahaya Disita BPOM, Hayo Kamu Punya Nggak?

Brand kosmetik bisa saja mendaftarkan bahan-bahan yang aman untuk diserahkan ke BPOM. Namun saat produksi mereka menambahkan bahan berbahaya. Seperti pada kasus QL Cosmetics ini.

Kalau sudah seperti ini, BPOM berwenang untuk menarik produk dan membatalkan izin edar yang sebelumnya diberikan.

Ternyata, kosmetik yang dibintangi dan terlihat sering dipakai oleh artis terkenal tak selamanya aman dan layak digunakan ya? Menakutkan!

ql lipstik matte
blogspot.com

Selain pewarna merah K3, Rhodamin B dan Jingga K1 disebut sebagai pewarna yang masih sering ditambahkan oleh produsen kosmetik 'nakal'.

Padahal sekecil apapun kadarnya, kedua pewarna ini sama bahayanya dengan merah K3 yang bisa menyebabkan kanker.

Nah, supaya terhindar dari produk make up yang bisa memicu kanker, kita harus lebih waspada sebagai pengguna. Ketahui pula komposisi apa saja yang masuk dalam bahan kosmetik berbahaya.

kosmetik mengandung bahan berbahaya
dreamers.id

Selain itu, BPOM menghimbau masyarakat untuk rajin memantau produk kosmetik yang aman melalui website resmi atau aplikasi BPOM melalui smartphone.

Dalam aplikasi tersebut, bisa diketahui nama produk, produsen, hingga nomor izin edarnya. Bila tak bisa ditemukan dalam daftar tersebut, bisa dipastikan produk tersebut ilegal.

Jadi tetap hati-hati sebelum membeli produk kosmetik apapun ya, Girls!

0 Comment