Waduh, Ternyata 7 Kesalahan Ini yang Bikin Skincare Mahalmu Nggak Bekerja Secara Efektif

11 April 2019, at 13:00
0
0
Waduh, Ternyata 7 Kesalahan Ini yang Bikin Skincare Mahalmu Nggak Bekerja Secara Efektif

Pernah merasa sudah membeli skincare yang banyak mendapat ulasan positif atau produk perawatan dengan harga mahal tapi tetap nggak bekerja secara efektif di wajahmu?

Kalau pernah, sebaiknya ingat-ingat dulu 'dosa' yang mungkin pernah kamu lakukan sebelum ganti produk perawatan. Karena bisa saja, penyebab skincare itu nggak bekerja maksimal bukan berada di kandungannya atau ulasan orang-orang, tapi kesalahanmu sendiri.

Untuk itu, yuk kenali dulu 7 kesalahan yang jadi penyebab produk skincare nggak bekerja secara efektif di wajahmu berikut ini!

1. Memakai produk dengan takaran yang salah

teknik 13 dots agar skincare lebih merata
instagram.com/drsambunting

Terlalu sedikit mengoleskan skincare sudah pasti hasilnya nggak akan signifikan dan sulit terlihat nyata. Tapi bila berlebihan, wajah juga bisa rentan iritasi, menimbulkan kemerahan, bahkan kulit jadi kering.

Nah, biar nggak salah lagi, coba deh 13 dots technique. Caranya, oleskan tiga titik di dahi, lalu tiga titik lagi di kedua sisi pipi, dua di area dagu, dan dua titik lagi di bagian hidung.

Baca juga: Kenalan Yuk Sama Teknik 13 Dots, Biar Aplikasi Skincare Lebih Merata dan Wajah Jadi Glowing

Nah, setelah itu barulah titik-titik yang terbentuk bisa diratakan ke seluruh area wajah. Trik ini bisa membantumu mendapat takaran yang pas dan skincare yang kamu pakai lebih efektif.

2. Memakai skincare di wajah yang kering

memakai skincare di wajah yang kering
instagram.com/sensatiabotanicals

Membersihkan wajah sebelum memakai skincare memang penting. Tapi jangan lupa juga, kalau kulit yang lembab bisa menyerap kandungan produk perawatan dengan lebih maksimal.

Untuk itu, jangan pernah mengaplikasikan skincare di kulit yang kering. Sebagai tips, kamu bisa semprotkan face mist supaya wajahmu lembab. Baru setelah itu ikuti dengan penggunaan produk perawatan lainnya.

3. Jarang eksfoliasi wajah

eksfoliasi wajah
stylecraze.com

Malas mengeksfoliasi wajah juga bisa jadi penyebab skincare yang kamu pakai nggak efektif. Karena pada dasarnya kandungan di dalamnya akan masuk lewat pori-pori.

Nah, kalau sel-sel kulit mati yang menutupi pori nggak kamu bersihkan secara rutin, tentu kandungan di dalam skincare bakalan terhalang dan nggak bisa menutrisi kulit secara optimal.

4. Urutan penggunaan skincare yang salah

urutan penggunaan skincare
instagram.com/innisfreeofficial

Produk perawatan wajah ada banyak sekali jenisnya. Nah, kalau urutan pemakaiannya salah, tentu hasilnya nggak akan maksimal.

Urutan penggunaan skincare yang benar bisa dimulai dari cleanser, kemudian toner, serum, pelembab, lalu sunscreen. Selain itu, jangan pernah mengoleskan produk berbahan dasar minyak sebelum skincare dengan bahan dasar air.

Karena kesalahan ini juga kerap jadi penyebab skincare mahal yang kamu beli nggak bekerja dengan optimal.

Baca juga: Jangan Diabaikan, ini Urutan Memakai Produk Perawatan Wajah yang Benar Agar Hasilnya Maksimal

5. Terlalu cepat move on ke skincare lain

sering gonta-ganti skincare
instagram.com/innisfreeofficial

Banyak wanita yang nggak sabaran dan ingin skincare yang dipakai bisa menunjukkan hasil nyata dalam waktu singkat. Padahal, rata-rata sebuah produk perawatan butuh waktu 1-3 bulan supaya formulanya benar-benar bekerja.

Jadi, baiknya jangan buru-buru ganti skincare kalau kamu baru memakainya selama seminggu atau sebulan dan belum ada perubahan yang signifikan.

6. Perubahan kondisi kulit wajah

perubahan kondisi kulit wajah
instagram.com/mineralbotanica

Sering gonta-ganti skincare memang nggak baik. Tapi kamu juga harus tahu kapan waktunya untuk mulai mencoba produk baru demi terus menjaga kesehatan wajahmu.

Sebab, kondisi kulit wajah akan terus berubah. Hal ini bisa dipengaruhi oleh cuaca, tempat tinggal, gaya hidup, ataupun faktor hormonal.

7. Kurang konsisten

kurang konsisten dalam memakai skincare
instagram.com/innisfreeofficial

Kesalahan dalam memakai skincare yang satu ini juga masih sering dilakukan. Yaitu kurang konsisten untuk mengaplikasikan produk perawatan wajah.

Semahal atau sebagus apapun produk yang kamu punya, tapi kalau nggak diaplikasikan sesuai dengan aturan pakai, hasilnya juga bakalan sulit dilihat.

Nah, itulah beberapa kesalahan yang membuat skincare nggak bekerja secara efektif di kulit. Kalau mau wajah lebih glowing, pastikan untuk menghindarinya ya!

0 Comment