Qupas Travel

Waduk Saguling, Wisata di Bandung Barat yang Dikenal Mistis

24 April 2020, at 05:32
Waduk Saguling, Wisata di Bandung Barat yang Dikenal Mistis

Waduk Saguling mungkin bukan tempat wisata di Bandung Barat yang paling populer. Tapi destinasi ini juga nggak kalah menarik karena pemandangan indahnya.

Namun, di balik kecantikannya, ternyata waduk di Bandung ini menyimpan cerita misteri yang masih dipercayai oleh sebagian masyarakat. Mau tahu? Scroll down, ya!

1. Primadona di Bandung Barat

Bendungan Saguling (Foto: instagram.com/angie_purple07)
instagram.com/angie_purple07

Bisa dibilang bendungan ini merupakan salah satu primadonanya Bandung Barat. Meski nggak seramai deretan wisata di Lembang, tapi destinasi ini cukup menarik perhatian pengunjung.

Pengunjung bisa menggunakan jasa perahu sederhana untuk mengelilingi area waduk dan melihat pemandangan di sekitarnya. Membeli ikan tawar yang dijual oleh warga setempat juga bisa dilakukan di sini.

2. Cerita mistis di Waduk Saguling

DAM Saguling (Foto: instagram.com/anggiahmadd)
instagram.com/anggiahmadd

Di balik keindahannya, Waduk Saguling ternyata juga menyimpan cerita mistis yang dipercaya oleh sebagian warga sekitar.

Konon, penampakan makhluk halus sering terjadi di wisata Bandung Barat ini. Parahnya lagi, diceritakan pula kalau kasus kesurupan kerap terjadi.

Baca juga: Pesona Sanghyang Heuleut, Wisata Bandung yang Konon Jadi Favorit Para Bidadari

3. Misteri tumbal di Waduk Saguling

Wisata Waduk Saguling (Foto: instagram.com/sonydansetiadi)
instagram.com/sonydansetiadi

Kabarnya dulu sekitar puluhan pekerja yang ikut membangun waduk ini meninggal. Ada cerita yang menyebut bahwa peristiwa tersebut terjadi karena pekerja kelelahan setelah bekerja berhari-hari. Terdapat pula pekerja yang sakit karena bekerja terus sampai akhir meninggal.

Adanya peristiwa tersebut bisa dibilang membuat suasana waduk makin menyeramkan. Terlebih lagi ada isu bahwa arwah para pekerja tersebut masih ada di sekitar tempat wisata Bandung Barat ini.

Ngerinya lagi, kematian pekerja-pekerja tersebut juga disebut-sebut sebagai permintaan tumbal penghuni Waduk Saguling. Hmm, percaya nggak percaya sih ya?

4. Konon jadi tempat Prabu Siliwangi bertapa

Sanghyang Tikoro (Foto: instagram.com/won.choii)
instagram.com/won.choii

Tepatnya di kawasan waduk ini konon terdapat petulasan yang sampai sekarang banyak dikunjungi para pecinta sejarah maupun hal-hal berbau spiritual.

Namanya Sanghyang Tikoro. Menurut kabar, tempat tersebut pernah digunakan untuk bertapa oleh Prabu Siliwangi dari Kerajaan Padjajaran dan Prabu Brawijaya dari Kerajaan Majapahit. Petilasan ini terlihat seperti gua, dimana di bawahnya terdapat aliran sungai.

Waduk Saguling (Foto: instagram.com/tofa_ibrohim76)
instagram.com/tofa_ibrohim76

Untukmu yang bukan pecinta sejarah maupun spiritual, nggak masalah untuk mengunjunginya, karena sekadar berswafoto masih bisa dilakukan di sini asal tetap waspada.

Well, itulah ulasan singkat tentang Waduk Saguling yang bukan hanya indah, ternyata juga dikabarkan menyimpan cerita misteri. Gimana, kamu percaya nggak?