Wajah Baru Bukit Mondoleko, Wisata Banyuwangi yang Jadi Favorit Traveler Milenial

15 November 2019, at 15:00
0
0
Wajah Baru Bukit Mondoleko, Wisata Banyuwangi yang Jadi Favorit Traveler Milenial

Kebanyakan para milenial sekarang ini lebih banyak mengisi liburan dengan acara foto-foto. Jagi bukan hal mengherankan kalau wisata selfie semakin menjamur, termasuk di Kabupaten Banyuwangi.

Tepatnya di Kecamatan Songgon, ada destinasi yang cocok buat pecandu selfie. Bukit Mondoleko namanya.

Sebenarnya Mondoleko sudah ada sejak dulu. Hanya saja, kini wisata Banyuwangi ini terus dibenahi. Seperti apa sih wajah barunya, dan ada apa saja di sana?

1. Tempat menikmati pemandangan 5 gunung

wisata bukit mondoleko
instagram.com/andyonyenk

Selain pantai, Banyuwangi juga dikelilingi pegunungan. Seperti di wisata Bukit Mondoleko yang ada di Songgon.

Berada di wisata Banyuwangi ini, kamu bakal menyaksikan kegagahan 5 gunung sekaligus, yaitu:

  • Gunung Raung
  • Gunung Suket
  • Gunung Kentil
  • Gunung Meranti
  • Gunung Merapi

2. Berbagai wahana di Bukit Mondoleko

bunga matahari bukit mondoleko
instagram.com/acshelainsngra

Seperti wisata kekinian lainnya, Bukit Mondoleko juga menyediakan dermaga pandang yang memungkinkanmu menikmati pemandangan sekitar.

Selain itu, beragam wahana seperti shelter, hammock, kebun bunga matahari, track sepeda, taman kitiran, dan beberapa ayunan yang dihiasi kain warna-warni bisa kamu temukan di sini. Seru, kan?

3. Ada saksi bisu sejarah Indonesia di Mondoleko

wisata bukit mondoleko banyuwangi
instagram.com/retnoswulandari_ep

Bukit Mondoleko ternyata juga bukan sekadar wisata selfie. Di tempat wisata Banyuwangi ini ada gua yang konon dulu digunakan sebagai tempat persembunyian para pejuang saat mereka melawan penjajah Jepang dan Belanda.

Tapi sayang, pengunjung dilarang masuk ke dalam gua tersebut karena dikhawatirkan terjadi hal yang nggak diinginkan. Pengelola juga memberi pagar, sehingga siapapun nggak bisa memasukinya.

Katanya sih, gua yang berada tepat di bawah puncak Mondoleko ini berbentuk ruangan besar. Di dalamnya terdapat lorong-lorong kecil yang dipercaya bisa tembus ke Pantai Grajagan.

Baca juga: Bukan Cuma Pantai, Wisata di Banyuwangi Ini Juga Instagenik Banget!

4. Cocok buat petualang

bukit mondoleko
instagram.com/aloha_dewi

Jangankan untuk para pecinta fotografi dan penikmat kisah sejarah Indonesia. Bisa dibilang, tempat wisata yang nggak kalah kece dari pantai Banyuwangi ini juga cocok buat para petualang.

Hal tersebut karena untuk memasuki lokasi wisata Mondoleko, kamu masih harus jalan kaki selama kurang lebih 10 menir dari area parkir. Jalur yang bakal kamu lewati meliputi area sawah milik warga, sungai yang harus kamu seberangi, hingga hutan pinus.

5. Fasilitas Bukit Mondoleko Sragi

bukit mondoleko banyuwangi
instagram.com/susanand7922

Berbagai fasilitas yang bisa kamu nikmati di tempat wisata Banyuwangi ini. Selain tempat parkir, warung makanan, kamar mandi, tempat ibada, gazebo, hingga camping ground.

Nah, semua pemandangan alam, wahana, hingga fasilitas, bisa dinikmati setelah kamu membayar tiket masuk sekitar Rp2.500. Murah kan?

6. Cara ke Wisata Bukit Mondoleko

cara ke bukit mondoleko
instagram.com/ranirain14

Tertarik berkunjung ke Bukit Mondoleko? Langsung saja arahkan kendaraanmu menuju Sragi, Kecamatan Songgon. Karena satu arah dengan Hutan Pinus Songgon, Air Terjun Temcor, dan Telunjuk Raung, pasti kamu nggak bakal nyasar.

Dari pusat Kota Banyuwangi, ambil arah ke Rogojampi. Sampai di perempatan Kantor Pos, ambil arah ke Songgon. Ikuti jalan sampai ke pertigaan Sragi dan beloklah ke kiri. Dari sini, lokasi wisata sudah dekat.

Nah, itu dia ulasan singkat tentang wisata Bukit Mondoleko di Sragi. Gimana, kapan nih kamu mampir ke wisata Banyuwangi ini?

0 Comment